Berita  

DKC CBP-KPP Kota Yogyakarta dan Kulonprogo Bersinergi Menangkal Radikalisme

TOKOHWANITA.COM – Dewan Koordinasi Cabang Corp Brigade Pembangunan-Korp Pelajar Putri (DKC CBP-KPP) Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (PC IPNU IPPNU) Kota Yogyakarta Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Pertama (DIKLATAMA) dengan tema “Sinergi Langkah Bersama Menumbuhkan Kader yang Berjiwa Tangguh.” Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni Jumat-Ahad tanggal 18 – 20 Februari 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Sentolo, Kulon Progo.

CBP-KPP merupakan lembaga semi otonom IPNU-IPPNU sebagai wadah pemberdayaan kader-kader yang potensial di bidang sosial dan lingkungan hidup, dimana memiliki orientasi untuk ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara penuh sesuai bidang dan ruang gerak yang dimilikinya yakni Pelajar, Santri, berusia 15 sampai dengan 23 tahun.

Kalimat “NKRI HARGA MATI” tak hanya sebagai ungkapan yang menghiasi buku sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia akan tetapi, apabila ditafsirkan lebih panjang kalimat ini adalah sebuah motivasi untuk ikut serta menjaga keberadaan Negara Indonesia untuk menjadi Negara yang kuat. Kuat tak hanya secara lahiriyah namun juga kuat secara mental, budi pekerti, serta memiliki kader yang siap untuk bertarung secara penuh dalam usaha membangun bangsa. Untuk itu perlu diadakan proses pengkaderan CBP-KPP yang disebut dengan DIKLATAMA. Selain sebagai pengkaderan pertama, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kader yang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan di masyarakat, memantapkan motivasi dan mengembangkan kreatifitas serta profesionalisme kader dalam berkhidmat serta menumbuhkan rasa loyalitas terhadap anggota lainnya.

Saat pembukaan DIKLATAMA, nampak tokoh-tokoh penting dari unsur Nahdlatul Ulama  mengisi kursi paling depan. (18/2/2022). Kehadiran beliau bertujuan sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap panitia penyelenggara kegiatan DIKLATAMA, serta memberi dorongan semangat kepada para peserta DIKLATAMA.

Baca Juga:  Macam-Macam Zakat dan 8 Golongan yang Berhak Menerimanya

Pembukaan makin semarak dengan adanya pembacaan ‘Deklarasi Pelajar” yang dipimpin oleh Rekan Muhammad Fairaz selaku Ketua PC IPNU Kota Yogyakarta. Deklarasi ini berisi tentang, bagaimana Pelajar Nahdlatul Ulama menyatakan akan tetap setia pada Pancasila dan UUD 1945, akan selalu membentengi diri dari faham-faham Radikalisme, serta akan menyebarkan budaya toleransi dan demokrasi. Deklarasi ini diucapkan sesuai dengan tujuan didirikannya Lembaga CBP dan KPP.

Rekan Muhammad Fairaz Rhananda juga menegaskan bahwasanya, “ Seluruh kader-kader CBP-KPP setelah selesai mengikuti DIKLATAMA, diharapkan bisa mengejawantahkan apa yang kalian dapatkan dalam kegiatan ini di wilayah masing-masing.”

Kegiatan DIKLATAMA ini sangat spesial karena dilaksanakan dengan kolaborasi antara dua DKC yang juga merupakan salah satu program kerja kepengurusan PC IPNU-IPPNU Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo masa hidmat 2020-2022. Kegiatan ini diikuti oleh delegasi dari masing-masing Kemantren/Kapanewon Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU se-Kota Yogyakarta dan se-Kabupaten Kulon Progo. Sebanyak 43 peserta yang mengikuti kegiatan ini, bahkan ada juga peserta dari PC IPNU IPPNU Gunung Kidul.

Reporter: Jaatsiyah AKA Windarso

IPPNU


Kunjungi indigomouse.net


 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.