Cara Daftar Website di Google Search

google console

Cara Daftar Website di Google Search – Sebagai pemilik blog, rasanya akan rugi jika tidak memanfaatkan fitur Google Search Console atau yang sering disingkat GSC. Google Search Console sangat membantu dan memudahkan para blogger untuk menganalisa kinerja blognya. Kini saatnya kita bekerja keras dengan lawan duetnya, Google Search Console.

Mirip dengan Google Analytics, GSC juga merupakan alat yang disediakan secara gratis oleh Google. Sebelumnya, Google Search Console bernama Google Webmaster Tools, yang memudahkan pemilik situs web untuk memantau kinerja situs web mereka di ranah organik Google.

Fungsi Google Search Console

Cara Daftar Website di Google Search – Berbeda dengan Google Analytics memberikan informasi tentang traffic blog dari berbagai channel seperti halaman pencarian Google, link, media sosial dan referral. Di Google Search Console sebenarnya memberikan informasi tentang kualitas blog di mata Google.

Di Google Search Console kita bisa melihat halaman atau artikel mana saja di blog kita yang berada di halaman pertama Google. Selain itu, GSC juga menampilkan jumlah klik pembaca dari artikel yang muncul. Selain fungsi tersebut, Google Search Console juga memiliki beberapa manfaat dan fungsi bagi pemilik website khususnya blogger.

  1. Mengetahui kinerja website (blog) dalam hal SEO dan cara meningkatkannya
  2. Mempercepat halaman web (blog) terindeks dengan cepat
  3. Pastikan Google dapat menemukan dan merayapi blog
  4. Menambahkan peta situs/peta situs
  5. Mengoptimalkan kata kunci yang paling sering muncul di halaman pencarian Google sehingga membantu kami merancang artikel mendatang berdasarkan kueri/kata kunci terkait

Fungsi atau  manfaat Google Search Console di atas hanya secara garis besar. Agar lebih jelas dan paham saat menggunakan Google Search Console, mari simak sampai habis untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan oleh Google Search Console.

Baca Juga:  Informasi Lowongan Kerja Online atau Offline di Daerah Bontang Terbaru

Cara Menggunakan Google Search Console

Untuk dapat menikmati fitur-fitur Google Search Console, tentunya kita harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Console. Nah, bagaimana caranya agar tidak salah. Langsung saja kita jalankan cara di bawah ini.

Cara Daftar Google Search Console

  1. Buka halaman search.google.com/search-console/about
google concole
Gmbar Dashboard Google Search Console

Bisa juga melalui dashboard blogspot. Caranya pilih menu “Settings” di bagian “Crawler and Indexing”, lalu klik “Google Search Console”.

  1. Klik “Mulai sekarang”
  2. Masukkan alamat gmail yang digunakan
  3. Pilih yang ada di sebelah kanan “awalan URL”

Cara Daftar Website di Google Search Console Terbaru – Nah, di bagian ini, kebanyakan dari mereka salah memilih tanpa memahami maksudnya. Sisi kiri menu “Domain” biasanya digunakan untuk pengguna wordpress. Bahkan blogspot sebenarnya bisa menggunakannya, namun anda harus melakukan setting DNS Manager di dashboard service provider saat kita memasang Top Level Domain yang kita gunakan.

Agar manfaat dari fitur Google Search Console ini bisa lebih maksimal, mari pastikan terlebih dahulu website atau blog kita terdaftar di Google Search Console dengan pengaturan yang benar. Karena untuk mendaftar atau menginstall Google Search Console tidak bisa begitu saja menginstalnya. Beberapa pengaturan perlu dilakukan agar fungsi Google Search Console bisa lebih optimal. Seperti yang baru saja saya alami, ternyata settingan dalam memasang Google Search Console masih salah .

Wajar saja, hasil instalasi ditentukan tanpa mengetahui fitur dan kegunaannya terlebih dahulu. Tapi 3 bulan lalu Coach Marita bertanding dengan Coach Marita di Coaching Class Blogspedia. Jadi anda bisa mengetahui lebih jelas karena anda mendapatkan materi Google Search Console ini sebagai materi pamungkas di kelas tersebut.

Agar ilmu yang didapat tidak mudah menguap, maka setelah semua amalan akan saya bagikan disini. Cara setting Google Search Console untuk blogspot. Semoga semakin banyak yang merasakan manfaatnya.

Baca Juga:  Informasi Lowongan Kerja Online atau Offline di Daerah Katingan Terbaru

Nah, untuk mempermudah dalam artikel ini, kami menggunakan metode “URL prefix” di sebelah kanan.

  1. Isikan alamat blog atau url pada kolom lalu klik “Continue/next”
  2. Klik “Open Properties” maka tampilan akan terlihat kosong karena baru saja dibuat
  3. Klik menu “Pengaturan” di kiri bawah,
  4. Verifikasi kepemilikan dengan mengatur tag html dan GA

Verifikasi TAG HTML Untuk Google Console

  • Klik dan salin kode yang muncul
  • Masuk ke menu theme/template di dashboard blogspot, hal ini juga berlaku untuk blog dengan 3rd party free template
  • Klik segitiga terbalik, pilih edit html
  • Copy kode dibawah tulisan “<head>”
  • Menyimpan
  • Kembali ke Google Search Console, klik verifikasi dan SELESAI

Verifikasi Google Analytics Untuk Google Console

  • Hubungkan GA dan GSC
  • Klik Asosiasi
  • Pilih properti UA yang akan ditautkan
  • Klik “lanjutkan”
  • Klik “tautan”
  • Selesai, GA dan GSC sekarang terhubung
  • Masuk ke GA, lalu masuk menu admin, setting property, Search Console, klik Search Console
  • Setting Sitemap
  • Masuk ke bagian “Sitemap/sitemap”, nantinya akan tampil gambar
  • Isi atau ketik sitemap.xml pada kolom setelah alamat atau url blog kita yang muncul.
  • Klik “kirim”
  • Selesai

Untuk tutorial video tutorial pendaftaran google search console untuk website silahkan klik di sini.

Demikianlah artikel tentang  Cara Daftar Website di Google Search Console Terbaru – Google Webmaster Tools, semoga bermanfaat. Jika anda suka dengan konten ini silahkan bagikan artikel yang ada pada situs ini ke media anda seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, telegram, Tiktok, Kaskus dan lain-lain. Terimakasih.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.