Hakikat, Bacaan, dan Manfaat Dzikir setelah Sholat

Niat Sholat Ashar

Dzikir setelah sholat adalah amalan sunah yang hendaknya dikerjakan oleh seorang muslim. Berdzikir akan menenangkan hati dan mendekatkan seorang muslim kepada Allah. Sayangnya, sebagian muslim melakukan ala kadarnya.

Merangkum beberapa sumber, artikel ini menyajikan ulasan singkat seputar hakikat dzikir, ayat-ayat tentang dzikir, bacaan dzikir, dan manfaat dzikir. 

Inilah Pengertian Dzikir dan Bacaannya 

Meskipun berdzikir setelah menyelesaikan sholat adalah sunah, aktivitas ini sangat dianjurkan. Setelah mengetahui hakikat dan bacaan dzikir setelah sholat, Anda akan paham bahwa dzikir bukan sesuatu yang memberatkan. 

Hakikat Dzikir

Dalam kajian yang disiarkan melalui kanal YouTube resminya, Ustaz Adi Hidayat menerangkan pengertian dzikir. Menurutnya, dzikir adalah segala amalan atau aktivitas yang mampu mendekatkan atau mengingatkan seorang muslim kepada Allah.

Dengan melaksanakannya, seorang muslim seharusnya akan semakin dekat dengan Allah. Jika tidak demikian, ada yang perlu dicek dari dzikirnya. Lantas, adakah ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang dzikir?

AyatAyat tentang Dzikir setelah Sholat

Ada banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menyebutkan tentang keutamaan berdzikir. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Al-Qur’an surah Taha ayat 17, yang artinya ”Sesungguhnya Aku adalah Allah, tidak ada tuhan selain Aku. Maka, sembahlah Aku dan tegakkanlah salat untuk mengingat-Ku.”
  2. Al-Qur’an surah Al-Anfal ayat 2, yang artinya “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah mereka yang jika disebut nama Allah gemetar hatinya dan jika dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhannya mereka bertawakal.”
  3. Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 205, yang artinya “Ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut pada waktu pagi dan petang, dengan tidak mengeraskan suara, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.”
Baca Juga:  Sholat Witir dan Doa Witir, Sholat Sunnah Penutup Malam

Sementara itu, terkait dzikir yang dilakukan setelah sholat, Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 103, “Apabila kamu telah menyelesaikan salat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. ….”

Kemudian, dalam surah Al-Jumuah ayat 10, “Jika telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi ini dan carilah karunia Allah serta berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

Bagaimana bacaan berdzikir setelah sholat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW?

Bacaan Dzikir setelah Sholat

Bacaan dzikir tidak sulit dihafalkan, Jika terbiasa membacanya, Anda bisa merasakan ketenangan yang luar biasa. Berikut ini dzikir yang biasa dibaca setelah sholat fardu. 

1. Membaca Istighfar

إِلَيْهِ وَأَتُوْبُ الْقَيُّوْمُ الْحَيُّ هُوَ اِلَّا لَااِلَهَ الَّذِيْ الْعَظِـيْمِ اللهَ أَسْتَغْفِرُ 

(Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih)

2. Dilanjutkan membaca 

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

(Allaahumma antassalaam wa minkassalaam tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam)

3. Dilanjutkan membaca tasbih (اللهِ سُبْحَانَ), hamdalah (اَلْحَمْدُلِلهِ), dan takbir (اَللهُ اَكْبَرْ)  masing-masing sebanyak 33 kali.

4. Dilanjutkan membaca Ayat Kursi (Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 255).

5. Dilanjutkan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.

6. Membaca doa sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Manfaat apa yang bisa dirasakan oleh seorang muslim dengan mempraktikkan dzikir secara benar? 

Manfaat Berdzikir 

Saat mengucap istighfar, seorang muslim menyadari semua dosanya. Dengan mengucap tasbih, takbir, tahlir, dan tahmid, dia menyingkirkan semua hal yang tidak berkaitan dengan keagungan Allah. 

Dia tidak lagi menyekutukan Allah dengan apa pun. Dia merasakan dan mensyukuri manfaat dari semua yang dilakukan dan dimiliki. Allah akan menjaganya dari pengaruh-pengaruh setan sehingga hatinya pun merasa tenang. 

Baca Juga:  Cara Sholat Tahajud Yang Benar Seperti Rasulullah SAW

Penutup

Dzikir setelah sholat adalah amalan sunah yang bisa mendekatkan seorang muslim kepada Allah. Ulasan tentang hakikat dzikir, anjuran, bacaan, dan manfaatnya semoga bisa menambah hasrat Anda untuk mempraktikkannya.

 

 

Referensi:

  • https://www.gramedia.com/literasi/doa-setelah-sholat-fardhu/
  • https://saintif.com/doa-setelah-sholat/
  • https://www.jatimnetwork.com/pendidikan/pr-431723040/ustadz-adi-hidayat-sebutkan-7-urutan-bacaan-dzikir-setelah-sholat-diawali-membaca-istighfar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *