Gambar Tarian Baksa Kembang Dari Kalimantan Selatan dan Propertinya

#Tarian #Tari Tradisional, #Tari Daerah, #Tari Provinsi

gambar tarian daerah
Gambar Tari Baksa Kembang : katadata.co.id
Gambar Tari Baksa Kembang : katadata.co.id

Baksa Kembang datang dari Kalimantan Selatan

Tari Baksa Kembang datang dari Kalimantan Selatan sebagai tari untuk menyongsong tamu yang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Nama kembang, pada tari Baksa Kembang, bukan tanpa argumen, tetapi property tari Baksa Kembang.

Sebelumnya, tari Baksa Kembang cuman diperlihatkan di lingkungan kerajaan saja, dan untuk menyongsong tamu kehormatan atau famili kerajaan saja. Tetapi, bersamaan perubahan jaman, tari Baksa Kembang mulai diperlihatkan di depan warga dan jadi tarian rakyat. Sekarang, tari Baksa Kembang seringkali dipakai dalam acara pernikahan.

Tari Baksa Kembang sebagai tipe tarian klasik, yang ditampilkan pada pergerakan yang halus dan gemulai. Demikian juga dengan musik pendamping tari Baksa Kembang yang bertempo lamban. Untuk menemani pergerakan halus beberapa penari Baksa Kembang, dipakai alat musik gamelan dengan irama lagu yang baku seperti Ayakan dan Jangklong sampai Kambang Muni.

Sebagai tarian classic dengan pergerakan yang kurang kuat halus dan gemulai, Tari Baksa Kembang pasti mempunyai skema lantai. Skema lantai pada tari Baksa Kembang memvisualisasikan aktivitas remaja putri yang bermain di taman bunga.

Skema lantai tari Baksa Kembang secara umum, memperlihatkan pergerakan menuai bunga, menghirup aroma bunga sampai menyusun bunga, sampai bermain dengan serangkaian bunga itu. Serangkaian bunga yang berbentuk kembang Bogam itu nanti akan dikasih ke tamu, ingat tari Baksa Kembang, awalannya sebagai tarian untuk menyongsong tamu kehormatan atau famili kerajaan Banjar.

Dikisahkan, arti tari Baksa Kembang ini ialah cerita seorang remaja putri yang paling elok, yang bermain dengan cerah dalam suatu taman bunga. Tari Baksa Kembang ditampilkan dengan kurang kuat halus, yang memiliki arti memperlihatkan keramahan sang tuan-rumah dalam menyongsong tamu kehormatan yang bertandang.

Baca Juga:  Informasi Lowongan Kerja Online atau Offline di Daerah Malinau Terbaru

Tari Baksa Kembang yang dari ditampilkan oleh seseorang penari, atau bila dalam barisan karena itu banyaknya harus ganjil. Tari Baksa Kembang datang dari Kalimantan Selatan, dan menjadi salah satunya tarian classic yang mempunyai keunikan yang kuat, baik dari property, skema lantai sampai arti di belakangnya. Kunjungi Jagad Batin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *