Agama, Doa  

3 Doa Selamat di Dunia dan Akhirat

Niat Puasa Nisfu Syaban

Doa selamat adalah hal penting yang harus diketahui setiap umat muslim. Memohon perlindungan kepada Allah sangat penting dan wajib dilakukan sebagai ikhtiar memohon keselamatan di dunia dan akhirat 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan perlindungan dari Allah, bisa membaca beberapa doa selamat di dalam artikel ini. Untuk itu, silahkan simak beberapa doanya sampai selesai.

Doa Selamat

Setiap orang pasti menginginkan keselamatan dalam hidup, baik di dunia maupun akhirat. Berikut ini beberapa doa keselamatan yang bisa Anda baca setiap hari agar senantiasa di dalam perlindungan Allah SWT.

1. Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Bukan hanya keselamatan di dunia, sebagai umat muslim mengharapkan kebaikan di akhirat juga sangat penting. Anda dapat memohon dengan tulus kepada Allah untuk dilimpahkan kebaikan di dunia dan dilindungi dari siksa api neraka.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatina fiddunya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqina’azabannar.

Artinya: “Ya, Tuhan kami, berikanlah atas kami kebaikan di dunia dan juga kebaikandiakhirat. Dan, anugerahilah kepada kami perlindungan dari azab (siksa) api neraka.”

2. Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Doa keselamatan dunia akhirat mengandung permohonan kepada Allah untuk memberikan keselamatan dan kesejahteraan di dalam hidup. Doa ini dapat Anda bacakan setelah selesai sholat agar diberikan keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma inna nas aluka salaamatan fid diini, wa’afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firbrizki, wa taubatan qablal mauti, wa rahmatan ‘indal mauti maghfirotan ba’dal mauti. Allahumma hawwin ‘alainaa fil sakaraatil  mauti, wannajaata minan naari, wal ‘afwa ‘indal hisaabi.

Baca Juga:  Doa Masuk Masjid Bisa Mendapatkan Berkah Berlimpah

Artinya: “Ya Allah,kami mohon kepada Engkau atas keselamatan di dalam beragama, kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu. Dan berkahilah rezeki serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan juga keampunan sesudah mati.”

3. Doa Memohon Keselamatan Dari Azab Api Neraka

Setiap umat muslim pasti menginginkan keselamatan di dunia maupun di akhirat, termasuk selamat dari azab api neraka. Berdoalah selalu kepada Allah, memohon perlindungan dari-Nya dengan membaca doa berikut ini:

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

Rabbanasrif ‘anna ‘azaaba jahannama inna ‘azaabahaa kaana gharaamaa innahaas ‘at mustaqarrau wa muqaamaa.

Artinya: “Ya Tuhan kami,hindarkanlah dari kami azab (siksa) neraka jahanam. Sesungguhnya azabnya (jahanam) itu adalah kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruk tempat dan tempat kediaman.”

Itulah tiga doa mohon keselamatan untuk hidup di dunia dan akhirat. Doa adalah salah satu cara umat muslim untuk mendapatkan anugerah serta perlindungan dari Allah SWT, Tuhan yang maha pengasih dan penyayang.

Sebelum memulai berdoa, ketahuilah beberapa waktu yang mustajab untuk melakukan doa. Berikut ini beberapa waktu terbaik untuk berdoa memohon keselamatan. 

  • Saat wukuf hari di Arafah
  • Saat malam lailatul qadar di Bulan Ramadhan
  • Saat Memulai dan sesudah sholat
  • Saat turun hujan
  • Saat menghadapi musuh ketika berperang
  • Berdoa di sepertiga malam
  • Antara waktu azan dan iqamah
  • Saat sujud dalam sholat
  • Saat i’itidal terakhir dalam sholat
  • Saat khatam al-Quran
  • Saat meminum air zam-zam
  • Saat mengikuti pengajian di dalam majlis

Akhir Kata

Doa selamat adalah bacaan yang wajib dibaca oleh setiap muslim agar mendapatkan keselamatan dari Allah SWT, baik di dunia maupun akhirat. Sebaiknya, doa senantiasa dibaca di waktu-waktu terbaik agar doa dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga:  Mengetahui Niat Puasa Ramadhan dan Keistimewaannya

 

Referensi:

  • https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-terkini/bacaan-doa-selamat-lengkap-dunia-dan-akhirat-1umFl3Hpo1e
  • https://www.ayovaksindinkeskdi.id/doa-selamat/
  • https://www.idntimes.com/life/inspiration/amp/dina-fadillah-salma-1/doa-selamat-dunia-akhirat?page=all#page-2
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6178503/12-waktu-mustajab-untuk-berdoa-bagi-umat-muslim-catat-ya/amp
  • https://m.liputan6.com/citizen6/read/4933503/9-waktu-mustajab-untuk-berdoa-niscaya-dikabulkan-segala-harapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *