Agama, Doa  

Doa Masuk Masjid Bisa Mendapatkan Berkah Berlimpah

Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid adalah amalan bagi umat muslim ketika datang ke rumah ibadah tersebut. Seorang muslim yang melafazkan doa ketika masuk masjid diyakini akan mendapatkan rahmat serta berkah Allah Subhanahu Wa Ta’aala. Masjid sendiri merupakan rumah ibadah yang wajib didatangi oleh muslim untuk mengerjakan sholat.

Anjuran untuk Memakmurkan Masjid

Ibadah lainnya yang dapat dikerjakan di masjid selain sholat adalah mengaji Al-Qur’an, berdzikir, serta mendengarkan tausyiah. Hal ini telah diterangkan pada surat At-Taubah ayat ke-18, sebagai berikut: 

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَٰجِدَ ٱللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا ٱللَّهَ ۖ فَعَسَىٰٓ أُو۟لَٰٓئِكَ أَن يَكُونُوا۟ مِنَ ٱلْمُهْتَدِينَ

Innamā ya’muru masājidallāhi man āamana billāhi wal-yaumil-ākhiri wa aqāmaṣ-ṣalāta wa ātaz-zakāta wa lam yakhsya illallāh, fa ‘asā ulā`ika ay yakụnụ minal-muhtadīn.

Artinya: Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

1. Doa Masuk Masjid dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam

Kebaikan bagi umat muslim yang mengerjakan sholat berjamaah di masjid adalah mendapatkan pahala yang berlimpah serta banyak keutamaan dari amal tersebut. Sementara itu, membaca doa ketika masuk masjid akan menyempurnakan ibadah setiap orang muslim.

Dari sebuah buku Zikir dan Doa Penghuni Surga karya Supriyadi diketahui bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam senantiasa membaca doa ketia hendak memasuki masjid. Dari riwayat Ibn Abbas menyebutkan doa ketika masuk masjid yang dibaca oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam adalah:

اللهم اجعل في قلبي نورا وفي لساني نورا واجعل في سمعي نورا واجعل في بصري نورا واجعل من خلفي نورا ومن أمامي نورا
واجعل من فوقي نورا ومن تحتي نورا ، اللهم أعطني نورا

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Bantul Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Allahummaj’al fii qalbii nuuran wa fii lisaani nuuran waj’al fii sam’ii nuuran waj’al fii bashorii nuuran waj’al min khalfii nuuran wa min amaamii nuuran waj’al min fauqii nuuran, wa min tahtii nuuran, allahumma a’thinii nuuran.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah di dalam hatiku cahaya dan di dalam lisanku cahaya, jadikanlah di dalam pendengaranku cahaya, jadikanlah di dalam penglihatanku cahaya, jadikanlah dari belakangku cahaya dan dari depanku cahaya, dan jadikanlah dari atasku cahaya dan dari bawah ku cahaya. Ya Allah, berilah aku cahaya.

2. Anjuran Bersholawat Kepada Nabi

Doa merupakan hal baik, namun selain itu sholawat kepada nabi adalah amalan yang dianjurkan juga bagi umat muslim itu sendiri. Imam Muslim, Abu Dawud, Nasa’I dan Ibn Majah telah meriwayatkan tentang hal ini. 

Disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

”Jika salah satu di antara kalian itu masuk masjid, salamlah kepada Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam (bershalawat), kemudian berdoalah, Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-MU untukku. Ketika keluar, berdoalah (sebagaimana lafalnya), ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah kepada-MU.”

3. Bacaan Doa Ketika Masuk Masjid

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftha lii abwaaba rahmatik.
Artinya: Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku. (Hadits Riwayat Muslim)

4. Bacaan Doa Keluar Masjid

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allaahumma innii as’aluka min fadhlik.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah kepada-MU. (Hadits Riwayat Muslim)

Akhir Kata

Seorang muslim yang melaksanakan ibadah di masjid akan mendapatkan banyak keutamaan. Untuk itu, tumbuhkanlah rasa ikhlas beribadah dan berniat untuk mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Menyegerakan wudhu dan membaca doa masuk masjid adalah adab yang sebaiknya dijaga oleh umat muslim.

Baca Juga:  Bacaan Sholat Lengkap Beserta Latinnya

 

Referensi:

  • https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6460972/bacaan-doa-masuk-masjid-memohon-dibukakan-pintu-rahmat
  • https://www.orami.co.id/magazine/doa-masuk-masjid
  • https://jabar.tribunnews.com/2019/03/25/doa-masuk-dan-keluar-masjid-lengkap-arab-dan-latin-memohon-dibukakan-pintu-rahmat
  • https://www.bola.com/ragam/read/5092702/bacaan-doa-masuk-dan-keluar-masjid-beserta-adab-yang-perlu-diperhatikan
  • https://www.liputan6.com/islami/read/5122459/bacaan-doa-masuk-dan-keluar-masjid-lengkap-dengan-adab-selama-di-rumah-suci-allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *