Badriyah Fayumi Profil Singkat

#Biografi, #silsilah, #Pendidikan, #Karir

Dra. Hj. Badriyah Fayumi, Lc., M.A.,

Dra. Hj. Badriyah Fayumi, Lc., M.A., adalah seorang Azhariyyin yang lahir di Pati, 5 Agustus 1971. Beliau juga memimpin Kongres Ulama Wanita Indonesia (KUPI), sebuah perkumpulan akademisi dan aktivis perempuan. Sebagai politisi, ia menggemakan perjuangan menyuarakan gagasan kesetaraan gender melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebagai pengasuh Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadith, Dra. Hj. Badriyah Fayumi, Lc., M.A., menerjemahkan feminisme Barat ke dalam konteks yang sesuai dengan komunitas dan tradisi Muslim Indonesia. Beliau mengatakan, kiai perempuan memiliki peran yang sama dengan kiai laki-laki dalam memperkuat Islam washathiyah (moderat) di nusantara ini.

Melalui bukunya “Halaqah Islam: Mempelajari Perempuan, Hak Asasi Manusia, dan Demokrasi (2004),” Badriyah Fayumi tampaknya mencari panggung bagi perempuan Indonesia untuk berpartisipasi bersama laki-laki dalam memperjuangkan Hak Asasi Manusia dan Demokrasi. Perempuan harus segera naik ke panggung publik dengan membawa ide-ide orisinalnya. Di mata publik, ia tampak kesulitan mencari panggung untuk suara perempuan.

Dra. Hj. Badriyah Fayumi, Lc., M.A.,

Facebook Comments Box
Baca Juga:  Biografi Ning Sheila Hasina Lirboyo; Kelahiran, Pendidikan dan Karir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.