Agama, Doa  

Doa Setelah Sholat Tahajud, Permohonan Cepat Dikabulkan

Niat Puasa Nisfu Syaban

Doa setelah sholat tahajud adalah bacaan yang dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat sunnah tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat yang dilaksanakan di malam hari dan memiliki banyak keutamaan. Makanya lebih baik disertai dengan doa yang dianjurkan.

Bagi Anda yang ingin merutinkan sholat tahajud setiap malam, ada baiknya mengetahui dan hafal doa sesudah sholat tahajud. Nah, untuk mengetahui doa, arti, dan waktu-waktu keutamaan melaksanakannya, simak dalam penjelasan berikut ini.

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Informasi Lainnya

Waktu terbaik melaksanakan sholat tahajud adalah malam hari di waktu sepertiga malam. Setelah sholat tahajud, dianjurkan untuk membaca doa sesudah sholat tahajud dengan tujuan untuk memohon perlindungan, limpahan rezeki, dan dikabulkan doa. Maka dari itu, mari ketahui waktu yang paling utama dan doanya. 

  • Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilaksanakan di malam hari dengan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyak tidak terbatas. Waktu sholatnya dimulai setelah shalat isya hingga terbit fajar, terbagi ke dalam 3 keutamaan, yaitu:

  1. Waktu utama, yaitu melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam pertama, di antara jam 7an malam atau sesudah shalat isya hingga jam 10 malam.
  2. Waktu yang lebih utama, yakni waktu yang bisa melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam kedua, sekitar jam 10an hingga jam 1 dini hari.
  3. Waktu yang paling utama, sholat tahajud di sepertiga malam ketiga, yaitu sekitar jam 1 dini hari hingga masuk waktu sholat subuh.

Doa Sesudah Sholat Tahajud

للهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Baca Juga:  Bacaan Setelah Sholat, Mohon Keberkahan dan Ampunan Allah

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawti wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu antal haq.

Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya: “Ya Allah, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit dan bumi, serta segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi serta segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar.

Perjumpaan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu adalah benar. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Nabi-nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, kepada-Mu aku berserah diri. kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. 

Ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan maupun yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Baca Juga: Doa Iftitah: Doa Iftit Arab, Latin, Arti, dan Haditsnya

Keutamaan Sholat Tahajud

Keistimewaan melaksanakan sholat tahajud akan semakin sempurna bila dilengkapi dengan doa dan dzikir. Berikut beberapa keutamaan melaksanakan sholat tahajud:

  1. Diangkat derajatnya oleh Allah
  2. Mendapatkan kemuliaan dari Allah
  3. Dikabulkan doanya
  4. Dimudahkan masuk surga
  5. Dihapuskan dosanya
  6. Kelak mendapatkan taman surga yang diimpikan
  7. Melahirkan sikap rendah hati
  8. Mencegah untuk berbuat dosa
  9. Menenangkan hati
Baca Juga:  Niat Sholat Taubat dan Tata Cara Pelaksanaannya

Akhir Kata

Doa setelah sholat tahajud adalah permohonan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar doanya dikabulkan. Sholat tahajud menjadi momen yang tepat untuk berdialog dengan Allah, maka memohonlah untuk kebaikan yang bukan untuk dunia saja, tetapi di akhirat juga.

 

Sumber Referensi:

  • https://www.liputan6.com/islami/read/5057380/bacaan-doa-setelah-sholat-tahajud-rasulullah-saw-arab-latin-dan-artinya
  • https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6355243/doa-setelah-sholat-tahajud-agar-cepat-terkabul-dibaca-ya
  • https://www.merdeka.com/trending/doa-selesai-sholat-tahajud-dan-zikir-lengkap-serta-pahami-keutamaannya-kln.html
  • https://www.popbela.com/career/inspiration/angga-prayudhatama/doa-setelah-sholat-tahajud-arab-latin-dan-artinya?page=all
  • https://www.suara.com/news/2022/05/12/004834/bacaan-doa-setelah-sholat-tahajud-dan-artinya-bacalah-di-sepertiga-malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *