Agama, Doa  

Dzikir Petang Sesuai Sunah Serta Keutamaan yang Mengamalkan

Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Ada banyak cara yang berbeda untuk mengingat Allah SWT. Dzikir petang adalah salah satu hal termudah yang bisa kita lakukan kapan saja, di mana saja. Dzikir dilakukan dengan membaca puji-pujian kepada Allah SWT.

Dzikir juga dapat menyehatkan jiwa seseorang yang tertimpa musibah. Ketenangan seseorang memengaruhi kelancaran aktivitas sehari-harinya karena Allah SWT memfasilitasinya.

Dengan bantuan Dzikir, hati seorang muslim bisa menjadi lebih tenang dan damai. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca dzikir sore sesuai sunah. 

Baca Juga: Doa Iftitah: Doa Iftit Arab, Latin, Arti, dan Haditsnya

Bacaan Dzikir Petang Memiliki Keutamaan 

Dzikir petang dibaca sesuai dengan sunnah agar kita selalu mengingat Allah SWT dalam segala situasi. Berikut ini adalah anjuran membaca dzikir petang sesuai sunnah yang dapat anda amalkan setiap hari.

Bacaan Dzikir Petang Sesuai Sunah

Amalan dzikir petang dapat dilakukan pada saat sholat Ashar sampai matahari terbenam atau sebelum sholat Magrib. Berikut doa dzikir petang dan artinya.

  • Membaca Ta’awudz

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ‘A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim’

Artinya: Saya mencari perlindungan ilahi dari iblis terkutuk.

  • Membaca Ayat Kursi

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

‘Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim’.

Baca Juga:  Doa Belajar dalam Bahasa Arab dan Latin, serta Arti

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup yang terus-menerus merawat (makhluknya) tidak mengantuk atau tertidur. Kepunyaan-Nya segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi.. Tidak ada yang bisa berdoa bersama-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di depan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka hanya mengetahui pengetahuannya tentang apa yang dia inginkan. Tempat duduknya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasakan beban untuk menopang mereka berdua, dan Dia Maha Tinggi, Agung.

  • Dzikir Agar Dijauhkan dari Gangguan Setan 

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ 

‘Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir’.

Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah saja, Dia tidak memiliki pasangan. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

  • Dzikir Memohon Kebaikan pada Malam Hari 

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

‘Amsaina wa amsal mulku lillahi wal hamdu lillah laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’inq qadir, Rabbi as’aluka khaira maa fi hazihil lailah wakhaira maa ba’daha wa a’udzubika min syarri maa fii hazihil lailah wa syarri ba’daha. Rabbi a’udzubika minal kasali wasuu’ ul kibari, Rabbi a’dzubika min ‘azabi fin naari wa ‘azabi fil qabri’.

Baca Juga:  Tahiyat Awal: Doa, Posisi Tanga Dan Kaki Ketika Duduk

Artinya Kita memasuki malam hari dan kerajaan hanya milik Allah. Semoga segala puji bagi Allah. Tuhan (yang berhak disembah) tidak ada, hanya Allah yang tidak memiliki pasangan. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Tuhan, aku meminta kebaikanmu malam ini dan kebaikanmu sesudahnya. Saya meminta perlindungan-Mu dari kejahatan malam ini dan kejahatan yang akan mengikuti. Saya meminta, Tuhanku, untuk melindungi saya dari kemalasan dan keburukan usia tua. Dari siksaan neraka dan siksaan kubur, aku mohon perlindunganmu, Tuanku.

  • Dzikir Memohon Perlindungan dan Keselamatan

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

‘Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa‘an yamiinii wa‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ugh-taala min tahtii’.

Artinya: Ya Allah, saya dengan tulus berharap  kebaikan -Mu dan keamanan di kehidupan ini dan di akhirat. Ya Allah sesungguhnya aku mencari kebaikan dan keamanan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, lindungi aku dari wajahku, belakang, kanan, kiri dan atas. Saya berlindung pada kebesaran Anda (biarkan saya tidak jatuh ke ular atau bumi atau apa pun dan terjebak di bawah saya.

Baca Juga: Doa Wudhu Lengkap Dengan Gambar 

Keutamaan Bagi Yang Mengamalkan Dzikir Petang

Anda juga harus mengetahui manfaat dari mengamalkan dzikir petang. Mengetahui akan memberi Anda lebih banyak motivasi untuk terus melakukannya. Berikut beberapa manfaat dzikie petang harian:

  • Lebih dekat dengan Allah SWT
  • Memperoleh perlindungan Allah SWT
  • Kebutuhan terpenuhi
  • Salah satu amalan yang disukai Nabi Muhammad saw
  • Mendatangkan ketenangan
Baca Juga:  Bacaan Sholawat dan 10 Keutamaannya

Akhir Kata

Dzikir petang adalah salah satu sunah yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membacanya semoga menjadi satu ikhtiar agar selalu dilindungi oleh Allah SWT.

 

 

Sumber Referensi:

  • https://www.dream.co.id/stories/doa-dzikir-petang-sesuai-sunnah-lengkap-arab-latin-dan-artinya-sebagai-amalan-sehari-hari-2206060.html
  • https://www.idntimes.com/life/inspiration/seo-intern/doa-dzikir-petang?page=all
  • https://muslim.or.id/79891-dzikir-petang.html
  • https://www.merdeka.com/sumut/bacaan-dzikir-petang-sesuai-sunnah-lengkap-dengan-artinya-kln.html
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5578901/bacaan-dzikir-petang-amalan-harian-yang-banyak-keutamaan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *