Doa Tidur Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Artinya

Bacaan Sujud Sahwi

Doa tidur adalah amalan yang biasanya sudah diajarkan kepada seorang muslim sejak ia kecil. Baik doa sebelum ataupun sesudah tidur, setiap orang yang memeluk agama Islam pastinya sudah sangat mengetahuinya. Doa ini adalah salah satu amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam.

Tidur itu sendiri adalah sebuah karunia dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala bagi setiap manusia. Sebagaimana telah diterangkan di dalam Al-Qur’an yaitu surat Al-Qashas ayat 73 berikut ini:

وَمِن رَّحْمَتِهِۦ جَعَلَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا۟ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِهِۦ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Wa mirrohmatihi ja’ala lakumul Layla wa annahaaro linnaskunuw fiyyhi wa tabbtaghuu min fadhlihi wa la’allakum tasykuruuwn

Artinya: “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam dan supaya kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.”

Selain ayat tersebut di atas, penjelasan tentang tidur juga terdapat pada surat An-Naba ayat 9, yaitu:

وَّجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًاۙ

Wa ja‘alnā naumakum subātā(n).

Artinya: Kami menjadikan tidurmu untuk beristirahat.

Mengetahui Doa Tidur dan Cara Mengamalkan

Dua amalan yang sebaiknya Anda lakukan secara rutin adalah berdoa sebelum dan sesudah tidur. Adapun cara mengamalkan doa ini cukup mudah. Anda bisa mendapatkan penjelasan secara mendetail pada ulasan di bawah ini. Simaklah dengan baik agar Anda dapat melaksanakannya setiap hari.

Doa Sebelum Tidur

Pertama adalah doa sebelum tidur yang akan dibaca sesaat sebelum Anda masuk ke alam mimpi. Namun, sebelum membaca doa sebelum tidur tersebut, ada beberapa ritual lainnya yang sebaiknya Anda lakukan juga. Seperti menyiapkan diri, berwudhu, merapikan dan membersihkan tempat tidur, serta memadamkan lampu kamar.

Baca Juga:  Bacaan Doa Setelah Adzan Serta Keutamaannya

Setelah melakukan beberapa hal tersebut, Anda dapat melanjutkan dengan berdoa sebelum tidur seperti di bawah ini.

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Bismika Allahumma ahya wa bismika amut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

Setelah membaca doa sebelum tidur, Anda sebaiknya melanjutkan dengan bacaan-bacaan lainnya. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Yaitu membaca Ayat Kursi serta surat-surat pendek lainnya.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menyatakan, bahwa Aisyah Radhiallahu anha berkata:

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Artinya:
“Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya.

Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali.”

Doa Bangun Tidur

Setelah Anda bangun dari tidur, lakukanlah satu ritual yang telah dicontohkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Yaitu mengusap wajah dengan tangan agar kantuk segera menghilang. Setelah itu, ambil posisi duduk pada tepi tempat tidur dan lanjutkan dengan membaca doa bangun tidur seperti berikut ini:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Al-hamdu lillahi allaji ahyana ba’da ma amatana wa ilaihinnushur

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya-lah kami kembali.”

Baca Juga:  Sikap Berusaha, Ikhtiar dan Bentuk yang Perlu Diterapkan

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang doa sebelum dan sesudah tidur yang dapat Anda amalkan setiap hari. Doa tidur adalah amalan yang baik untuk Anda lakukan secara rutin agar mendapatkan kebaikan dari salah satu aktivitas hidup tersebut. Bahkan hal ini dapat Anda ajarkan kepada anak-anak agar kelak mereka terbiasa melakukannya.

 

Referensi:

  • https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-6302516/doa-sebelum-tidur-dan-sesudah-bangun-tidur-sesuai-sunnah-rasul
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220620114231-289-811071/doa-sebelum-tidur-dan-sesudah-bangun-sesuai-sunah
  • https://www.ayovaksindinkeskdi.id/doa-tidur/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *