Agama, Doa  

Bacaan Doa Setelah Adzan Serta Keutamaannya

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Niat Sholat Fardhu Lengkap

Doa setelah adzan adalah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa hadits. Adzan adalah pengumuman bahwa waktu sholat telah tiba.

Hal ini dikarenakan adzan terdengar setiap kali masuk sholat fardhu. Demikian pula ketika umat Islam menanggapi panggilan seseorang, umat Islam juga diperintahkan untuk menanggapi panggilan shalat.

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Adab Saat Adzan Berkumandang

Setiap kalimat, seperti gema adzan, memiliki jawaban yang berbeda. Umat โ€‹โ€‹Islam harus menghentikan aktivitasnya setelah mendengar adzan.ย 

Doโ€™a Setelah Adzan

Selain mengikuti lafaz adzan yang muadzin kumandangkan, disunahkan untuk membaca doa setelah adzan. Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah seharusnya mengikuti sunnahnya.

Adapun doa setelah adzan dan artinya adalah sebagai berikut:

ู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽ ู‡ุฐูู‡ู ุงู„ุฏู‘ูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ุชู‘ูŽุขู…ู‘ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุขุฆูู…ูŽุฉูุŒ ุขุชู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูŽุงู†ู ุงู„ู’ูˆูŽุณููŠู’ู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููŽุถููŠู’ู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฑูŽููŽ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ููŠูŽุฉูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽูููŠู’ุนูŽุฉูŽ ูˆูŽุงุจู’ุนูŽุซู’ู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงู…ู‹ุงู…ูŽุญู’ู…ููˆู’ุฏูŽุงู†ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ูˆูŽุนูŽุฏู’ุชูŽู‡ู ุงูู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ุงูŽุชูุฎู’ู„ููู ุงู„ู’ู…ููŠู’ุนูŽุงุฏูŽ โ€˜Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadzโ€™.

Artinya: Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan sholat yang ditegakkan ini, anugerahkan dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan paling tinggi dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.

Adab Saat Adzan Berkumandang

Ada pula perilaku yang dianjurkan bagi seorang muslim ketika azan dimulai. Adab ketika mendengar adzan, penting untuk memperhatikan dan mengamalkannya.ย 

Selain membaca doaย setelah adzan, berikut beberapa adab yang harus Anda ketahui;

  • Tidak Berbicaraย 

Adab, ketika kita mendengar adzan, jangan berbicara. Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk diam atau tidak berbicara ketika mendengar adzan. Hal ini dilakukan untuk menghormati adzan, yaitu seruan atau ajakan dari Allah SWT.

  • Menghentikan aktivitas
Baca Juga:  Doa Sholat Fardhu dan Zikir, Lengkap

Ketika adzan terdengar, hendaknya menghentikan apa yang dilakukan. Sebagaimana sabda Nabi kepada Malik Ibnu Huwairits dan para sahabatnya: Bila tiba waktu shalat, hendaklah salah satu dari kalian memanggil untuk mendoakan kalian (HR Muslim).

  • Menjawab Adzan

Saat kita mendengar adzan harus di jawab. Cara menjawabnya adalah dengan mengikuti setiap kalimat yang diberikan oleh muadzin atau adzan.

  • Selesai adzan disunahkan bershalawat kepada Rasulullah SAW

Ketika adzan selesai, muadzin dan orang yang mendengar adzan disunahkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebuah hadits dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah mengatakan: Ketika Anda mendengar adzan, jawablah, lalu doakan saya (H.R. Muslim dan Abu Dawud).

  • Membaca doa setelah adzan

Selain bersholawat kepada Rasulullah, dianjurkan untuk membaca doa dan artinya setelah adzan.ย 

  • Berdoa sesuai hajat

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW berikut ini, berdoa antara Adzan dan Iqamah tidak tertolak (SDM. Abu Dawud).

  • Menyegerakan untuk sholat

Adab yang paling utama ketika mendengar adzan adalah mempercepat shalat bagi kaum muslimin. Karena adzan adalah panggilan, maka sepantasnya segerakan sholat setelah selesai.ย 

Baca Juga: Doa Wudhu dan Setelah Wudhu

Keutamaan Doa Setelah Adzan

  • Mendapatkan Kebaikan. Muslim yang berdoa setelah adzan menerima saksi kebaikan.
  • Diijabah Doa. Setelah membaca doa setelah adzan, sangat dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan keinginan. Karena doa antara adzan dan iqamah adalah doa yang tidak ditolak atau diterima secara mutlak oleh Allah SWT.
  • Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat. Barang siapa yang membaca doa setelah adzan maka dia akan menjadi syafaat di hari kiamat. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah. โ€˜Barang siapa yang membacakan doa setelah mendengar adzan muadzin, dia pasti mendapat syafaat pada hari kiamatโ€™.
  • Surga bagi yang berdoa. Umat โ€‹โ€‹Islam yang berdoa setelah adzan dengan penuh keyakinan diistimewakan masuk surga. Ada banyak cara untuk masuk surga, salah satunya adalah doa.
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Wakatobi Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Baca Juga: Tata Cara Wudhu, Doโ€™a Wudhu dan Urutannya

Akhir Kata

Doa setelah adzan adalah satu amalan yang dianjurkan bagi umat muslim. Selain itu, apabila adzan dikumandangkan, disunnahkan juga agar umat Muslim berdoa.ย 

 

 

Sumber referensi:

https://kabar24.bisnis.com/read/20220801/79/1561642/doa-setelah-adzan-lengkap-beserta-keutamaan-dan-artinya

https://www.dream.co.id/stories/doa-setelah-adzan-dan-artinya-ketahui-adab-serta-keutamaan-membacanya-2204073.html

https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/keistimewaan-membaca-doa-setelah-mendengar-adzan

https://www.hallo.id/serambi-islam/pr-281289329/10-adab-orang-muslim-ketika-adzan-sedang-berkumandang-salah-satunya-menghentikan-aktifitas?page=3

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6292080/bacaan-doa-setelah-adzan-lengkap-dengan-artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *