Agama, Doa  

Cara Tayamum Beserta Niatnya Menurut Ajaran Islam

Susunan Bacaan Tahlil dan Doa Tahlil Beserta Artinya

Cara tayamum adalah cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dengan menggunakan debu atau tanah sebagai pengganti air. Tayamum dilakukan sebab kondisi tertentu yang tidak memungkinkan seseorang dalam menggunakan air.

Tayamum sendiri artinya yaitu mengusap wajah dan kedua tangan menggunakan tanah atau debu bersih sebagai pengganti wudhu dengan tata cara tertentu. Nah, untuk mengetahui cara tayamum, silahkan simak penjelasannya sampai selesai.

Cara Tayamum Beserta Niatnya

Untuk dapat melaksanakan ibadah, seperti sholat seorang muslim harus bersuci dari hadas dan najis. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang mengalami kesulitan air atau sedang tidak dapat terkena air, misalnya sakit.ย 

Tayamum merupakan cara bersuci yang bisa Anda lakukan saat mengalami kondisi tersebut.

1. Niat Tayamum

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ุชู‘ูŽูŠูŽู…ู‘ูู…ูŽ ู„ูุงุณู’ุชูุจูŽุงุญูŽุฉู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Nawaitu tayammuma li istibahati sholati lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat melakukan tayamum agar diperbolehkan melaksanakan sholat karena Allah ta’ala.”

2. Tata Cara Tayamum

Setelah mengetahui niat tayamum, sekarang ketahui pula bagaimana tata cara pelaksanaanya yang benar berdasarkan ajaran Islam. Berikut ini tata cara pelaksanaan tayamum:

  • Pertama-tama, siapkan tanah atau debu yang masih dalam bersih. Anda bisa menggunakan debu yang ada di tembok, kaca atau tempat yang dirasa bersih dan diperbolehkan oleh para ulama.
  • Setelah itu, letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari kedua telapak tangan dirapatkan.
  • Saat melakukan tayamum, disunnahkan menghadap kiblat.
  • Saat telapak tangan masih berada pada tembok atau pasir, ucapkanlah bismillah.
  • Usapkan kedua telapak tangan ke bagian wajah secara keseluruhan.
  • Letakkan kembali telapak tangan pada debu dan jari tangan direnggangkan, kemudian usap ke bagian tangan. Pastikan sebelumnya semua perhiasan yang ada di tangan dilepaskan.
  • Selanjutnya, tengadahkan kedua telapak tangan dengan posisi telapak tangan kanan berada diatas tangan kiri, lalu rapatkan jari-jari tangan. Usahakan ujung jari tangan kanan tidak keluar dari telunjuk kiri atau telunjuk kanan bertemu dengan telunjuk kiri.
  • Usapkan telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan hingga ke bagian siku, kemudian balikkan telapak tangan kiri ke lengan kanan dan ratakan sampai ke bagian pergelangan.
  • Usap pada bagian jempol kiri ke jempol kanan, dan lakukan hal serupa pada bagian kiri. Pertemukan kedua telapak tangan, lalu usap di antara jari-jari.
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Rote Ndao Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

3. Doa Setelah Tayamum

Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu. Allahummaj’alni minat tawwabiina, waj’alni minal mutathahhirina, waj’alni min ‘ibaadikas shalihiin. Subhaanaka Allahumma wa bihamdik, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain hanya Allah, yang tidak ada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah SWT. Ya Allah, jadikanlah diriku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku sebagai orang-orang yang saleh. Maha suci Engkau ya Allah. Dengan kebaikan-Mu aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, dan dengan dengan kebaikan-Ku aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu.

4. Syarat Tayamum

Untuk melakukan tayamum, ada beberapa syarat yang harus dilakukan, diantaranya yaitu:

  • Sudah masuk waktu sholat, namun tidak ada air yang cukup atau jumlah air sedikit dan lebih diperlukan untuk menyambung hidup (minum).
  • Sedang dalam kondisi sakit atau apabila terkena air bisa memperlambat penyembuhan.
  • Kondisi yang sangat dingin (dengan persyaratan tertentu).

Akhir Kata

Cara tayamum adalah langkah-langkah bersuci menggunakan debu atau tanah yang bersih. Cara bersuci ini bisa diterapkan oleh setiap orang muslim saat akan melaksanakan sholat, namun sedang dalam keadaan tidak ada air atau dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk terkena air.

 

 

 

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/tata-cara-tayamum/amp/

https://www.insertlive.com/lifestyle/20221107183746-210-295111/tata-cara-tayamum-yang-benar-dalam-ajaran-islam

https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20211021/15/1456477/tata-cara-tayamum-lengkap-dengan-syarat-dan-bacaan-niatnya

https://www.bola.com/ragam/read/4945537/bacaan-niat-tayamum-beserta-cara-dan-syarat-melaksanakannya

https://itstime.id/lengkap-tata-cara-tayamum-doa-indonesia-arab-dan-artinya/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *