Agama, Doa  

Lafal Doa Qunut Lengkap dengan Tulisan Latin dan Artinya

Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Doa qunut adalah salah satu amalan yang disunnahkan untuk dibaca dalam salat subuh. Biasanya qunut dibaca sewaktu rakaat kedua setelah selesai membaca tahmid pada I’tidal (berdiri tegak seperti posisi semula setelah ruku’).

Membaca doa qunut dianjurkan oleh Imam Syafi’i dalam salat Subuh, dan pendapat beliau ini diikuti oleh mayoritas ulama ahli hadits. Nah, bagi yang belum tahu bacaan Qunut, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Bacaan Doa Qunut

Terdapat dua versi qunut yang bisa Anda hafalkan, yaitu versi pendek dan versi panjang. Berikut ini bacaan doa qunut beserta bacaan latin dan artinya.

1. Versi Pendek

Jika Anda ingin membaca bacaan Qunut yang pendek, berikut ini lafadz beserta latin dan artinya:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Bacaan latin: “Allhummahdini fii man hadait, wa’aafini fii man ‘afait, wa tawallani fii man tawallait, wa baarikli fii maa a’thaits, wa qini syarra maa qadait, fainnaka taqdhi wa laa yuqha ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalait, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait.

Artinya: “Ya Allah, berilah pada diriku petunjuk sebagaimana mereka yang Engkau berikan petunjuk. Berikanlah kesejahteraan kepadaku di antara mereka yang Engkau beri kesejahteraan. Tolonglah aku di antara mereka yang Engkau beri pertolongan. Berilah kepadaku keberkahan atas apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu. Dan tidak ada kehinaan atas orang yang telah Engkau tolong. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami, dan lagi Maha Tinggi.”

Baca Juga: 5 Daftar Aplikasi Tuntunan Sholat, Panduan Belajar Jadi Lebih Khusuk

2. Versi Panjang

Untuk yang ingin menghafal Qunut versi panjang, berikut lafadz beserta latin dan artinya:

Baca Juga:  Niat Puasa Arafah, Tata Cara dan 5 Keistimewaannya

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin: Allhummah dini fii man hadaits, wa ‘aa fini fii man ‘afaits, wa tawallani fii man tawallaits, wa baarikli fii maa a’thaits, wa qini syarra maa qadaits, fa innaka taqdhi wa laa yuqha ‘alaik, wa innahu laa ya zillumau wa laits, wa laa ya’izzuman ‘adaits, tabarakta rabbana wa ta’alaits, falakal hamdu ‘alaa maa qadhaits, wa astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallahu ‘alaa sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’ala ‘alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, berilah pada diriku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berikanlah kepadaku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau beri kesehatan. Pelihara aku sebagaimana mereka yang telah Engkau lindungi. Berikanlah kepadaku keberkahan atas apa yang telah Engkau berikan. Lindungilah aku dari segala bahaya kejahatan yang telah engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum, tidaklah hina orang yang Engkau jadikan pemimpin, tidak pula mulia orang yang Engkau musuhi. Maha suci Engkau wahai Tuhan kami dan lagi Maha Tinggi. Bagi-Mu segala pujian di atas segala yang telah Engkau tentukan. Aku mohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah memberikan rahmat dan karunia kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.”

Baca Juga: 5 Aplikasi Adzan Pengingat Sholat Terbaik 2022

Akhir Kata

Doa Qunut adalah doa atau bacaan yang sangat baik untuk Anda lafalkan setiap melaksanakan ibadah salat subuh. Selamat menghafal bacaan Qunut untuk sebagai penyempurna ibadah salat Anda.

Baca Juga:  Kumpulan Doa Setelah Sholat Dan Zikir yang Baik Diamalkan

 

 

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/detikpedia/d-6255380/doa-qunut-subuh-lengkap-dan-artinya-kapan-dibacanya/amp

https://jabar.nu.or.id/doa/doa-qunut-salat-subuh-lengkap-dengan-artinya-DFO46

https://www.solopos.com/doa-qunut-latin-dan-artinya-yang-bisa-dihafal-dengan-mudah-1478284/amp

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221123170328-569-877740/bacaan-doa-qunut-subuh-dan-artinya-dilengkapi-latin/amp

https://www.suara.com/news/2022/09/29/142700/bacaan-doa-qunut-subuh-lengkap-untuk-sendiri-dan-berjamaah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *