Agama, Doa  

Niat Sholat Subuh Lengkap dengan Doa Qunut

Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Sholat subuh adalah ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim setiap hari saat matahari mulai terbit. Sholat yang dapat Anda lakukan secara berjamaah ataupun sendiri ini terdiri dari dua rakaat. Sebagai syarat sah dalam beribadah, niat sholat subuh adalah doa yang wajib Anda amalkan terlebih dahulu.

Seruan untuk Melaksanakan Sholat Subuh

Melaksanakan sholat subuh adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dan telah diterangkan di dalam Al-Qur’an yaitu surat Al Isra’ ayat 78 berikut ini:


اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Aqimis sholata lidullaukis syamsi ilaa gosaqillaili wa qur’aanalfajri. Inna qur’aanalfajri kaana masyhuudan

Artinya: “Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) subuh. Sungguh, sholat subuh itu disaksikan (malaikat).

Niat Sholat Subuh

Berikut ini adalah niat dari sholat subuh yang wajib Anda lafazkan sebelum melaksanakan ibadah tersebut:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Usholli fardhon shubhi roka’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat melaksanakan sholat fardu subuh 2 rakaat, menghadap kiblat saat ini, karena Allah ta’aala.”

Niat di atas dapat digunakan apabila Anda mengerjakan sholat subuh sendiri. Namun, ketika Anda menjadi imam maka kata “Adaa’an” wajib diganti menjadi “Imaaman”. Sedangkan jika Anda sholat subuh secara berjamaah dan menjadi makmum, maka gantilah kata “Adaa’an” menjadi “Makmuuman”.

Cara Melaksanakan Sholat Subuh

Sebagaimana ibadah wajib lainnya, tata cara sholat subuh adalah gerakan yang sama. Salah satu hal yang membedakan kelima sholat tersebut adalah jumlah rakaatnya. Selain itu, waktu pelaksanaan sholat itu sendiri. Pada sholat apapun, Anda wajib memulainya dengan bacaan niat di dalam hati, kemudian lanjutkan sesuai urutan gerakan yang benar.

Baca Juga:  Niat Sholat Maghrib, Perintah, Waktu, dan Muslim Wajib Tahu!

Doa Qunut

Hal lainnya yang membedakan sholat subuh dengan ibadah lainnya adalah terdapat bacaan doa qunut. Doa tersebut pada umumnya dibaca dengan suara keras oleh imam sholat. Setelah imam selesai membaca doa qunut, makmum akan mengaminkan. Adapun lafaz doa qunut adalah sebagai berikut:


للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ
مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa’a finii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.

Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa’atuubu ilaik, Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:

“Ya Allah, tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka Engkau beri petunjuk, berilah padaku pengampunan sebagaimana mereka Engkau beri ampunan, peliharalah aku sebagaimana mereka Engkau pelihara, berilah padaku keberkahan sebagaimana Engkau karuniakan pada mereka, selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum, sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan bertaubat kepada Engkau, semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Manggarai Timur Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Akhir Kata

Sholat subuh adalah ibadah yang sebaiknya dilakukan tepat waktu. Hal ini dikarenakan pada waktu subuh tersebut mengandung banyak keberkahan. Sedangkan niat sholat subuh adalah doa yang wajib dilafazkan sebelum Anda memulai ibadah ini. Untuk itu, Anda perlu mengetahui doa tersebut serta menghafalnya.

 

 

Referensi:

  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6267762/bacaan-niat-sholat-subuh-lengkap-dengan-tata-caranya
  • https://www.dream.co.id/stories/doa-niat-sholat-subuh-yang-dilengkapi-dengan-tata-cara-dan-bacaan-doa-qunut-220211c.html
  • https://www.merdeka.com/jateng/doa-sholat-subuh-sendiri-lengkap-dengan-niat-dan-tata-caranya-perlu-diketahui-kln.html
  • https://makassar.tribunnews.com/2022/07/04/bacaan-niat-sholat-subuh-lengkap-dengan-tata-cara-sholat-serta-doa-qunut-subuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *