Agama, Doa  

Adab dan Lafaz Doa Keluar Rumah, Muslim Wajib Ingat

Niat Mandi Idul Fitri

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga adab dan melekatkan doa dalam setiap aktivitas. Doa keluar rumah adalah doa yang dipanjatkan saat seorang muslim hendak keluar rumah.

Selama Anda menjaga adab, Allah akan memberikan keberkahan dalam sebuah aktivitas yang diawali dengan doa. Artikel ini merangkum ulasannya berdasarkan beberapa sumber. 

Adab dan Doa Keluar Rumah yang Wajib Diingat

Menjaga adab dan mengawali setiap aktivitas dengan berdoa adalah cara untuk mendapatkan perlindungan dan keberkahan dari Allah. Anda bisa menyimak ulasannya dalam pembahasan berikut ini.

  • Memastikan Rumah dalam Keadaan Aman

Rumah adalah tempat berlindung keluarga dari berbagai ancaman. Karenanya, kondisi rumah Anda harus benar-benar aman saat ditinggalkan. Apalagi, jika keluarga yang menjadi tanggung jawab Anda tidak ikut serta.

Rumah hendaknya tidak hanya memberikan rasa aman secara fisik, tetapi juga psikis. Jika keduanya terpenuhi, Anda bisa beraktivitas di luar rumah dengan tenang.

  • Tidak Berpakaian secara Berlebihan 

Mengenakan pakaian secara berlebihan adalah perilaku yang dilarang Islam. Hal tersebut bisa mengundang kejahatan dan rasa iri pada orang yang melihatnya. Jadi, kenakan pakaian sesuai kebutuhan aktivitas saja.

Pakailah busana yang sopan agar Anda tidak dicemooh karena melanggar batas kewajaran. Hargai diri sendiri sendiri dengan berpakaian yang sesuai aturan Islam, ya.

  • Pergi dengan Niat Baik 

Keberkahan akan menyertai orang-orang yang beraktivitas karena Allah. Pergi ke luar rumah untuk mencari ilmu, bekerja, atau bersilaturahmi adalah hal yang disukai Allah. 

Niatkan setiap aktivitas tersebut sebagai bentuk ibadah, kebajikan, dan zikrullah. Karenanya, jaga niat baik dari kesombongan, pamer, dan riya agar aktivitas Anda berbuah keberkahan.

  • Menghindarkan Diri dari Hal-Hal yang Dimurkai Allah

Menghindarkan diri dari hal-hal yang dimurkai Allah adalah hal yang berat dilakukan. Dunia di luar rumah kadang-kadang terlihat lebih indah dan menggoda. Padahal, keindahan itu belum tentu baik bagi Anda.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Muara Enim Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Karena godaan tersebut, niat baik yang dilekatkan ketika hendak keluar rumah bisa saja berubah menjadi niat jahat. Untuk itu, perkuat iman dan bacalah doa keluar rumah sebelum beraktivitas di luar rumah.

  • Mengucap Salam

Pada hakikatnya, salam adalah doa untuk memohon keselamatan, rahmat, dan keberkahan. Ketika mengucap salam kepada keluarganya berarti dia telah menyerahkan perlindungan keluarganya hanya kepada Allah.

Anda bisa mengucapkannya secara singkat dengan ucapan “assalaamu’alaikum”, tetapi lebih baik melengkapinya dengan ucapan, “Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu”.

  • Mengucap Doa Keluar Rumah

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud, at-Tirmidzi, Nasa’i dan lainnya, Rasulullah saw. telah menyebutkan sebuah doa. Dengan membacanya, seseorang akan dicukupkan, dikuatkan, diberi petunjuk, dijauhkan dari setan.

Doa tersebut adalah 

بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahi  

Artinya, “Dengan menyebut nama Alllah, aku bertawakkal kepada-Nya, dan tidak daya dan kekuatan kecuali atas izin Allah.” 

  • Berdoa Saat Naik Kendaraan

Selain doa di atas, jika Anda bepergian dengan kendaraan, jangan lupa untuk membaca doa di bawah ini.

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanal ladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun.

Artinya, “Mahasuci Dia yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Akhir Kata

Menjaga adab dan membaca doa keluar rumah adalah hal yang harus diingat saat hendak beraktivitas di luar rumah. Dengan mempraktikkannya, Anda akan mendapat perlindungan dan keberkahan dari Allah. 

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Toli-Toli Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

 

 

 

Referensi:

  • https://www.dream.co.id/stories/doa-keluar-rumah-arab-dan-artinya-beserta-adab-yang-harus-diperhatikan-saat-keluar-rumah-220412e.html
  • https://iqra.republika.co.id/berita/rlbwxn320/doa-keluar-rumah-bacaan-dan-khasiatnya-yang-bisa-jauhkan-dari-setan
  • https://jabar.nu.or.id/doa/doa-masuk-dan-keluar-rumah-lengkap-dengan-keutamaannya-Vh9HY
  • https://www.gramedia.com/best-seller/doa-keluar-rumah/#Definisi_Bepergian_Menurut_Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *