Agama  

3 Doa Berbuka Puasa yang Sahih, Singkat dan Mudah Dihafalkan

Niat Sholat Taubat

Bagi Anda yang beragama muslim, doa berbuka puasa adalah salah satu bacaan wajib untuk dihafalkan. Pasalnya, doa tersebut akan Anda gunakan ketika sedang menjalankan ibadah puasa baik di bulan Ramadan ataupun di waktu lainnya. Oleh karena itu, topik bahasan kali ini tentang doa buka puasa.

Jika Anda mengamalkan doa ini, maka artinya ibadah puasa yang dijalankan makin terasa sempurna. Terutama ketika bulan Ramadan, karena sebagaimana yang Anda ketahui bahwa puasa di bulan suci tersebut merupakan hal wajib bagi umat muslim. Hal ini telah diterangkan di dalam Al-Qur’an dalam surat Al-Baqarah ayat 183 berikut ini:

 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Yā ayyuhal-lażīna āmanū kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alal-lażīna min qablikum la‘allakum tattaqūn(a).

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Tiga Doa Berbuka Puasa

Berdasarkan ayat di atas makin ditekankan bagi Anda puasa Ramadan adalah ibadah yang wajib dijalankan dengan baik dan benar. Misalnya saja, mengamalkan doa-doa mulai dari niat puasa hingga doa berbuka. Khusus berbuka puasa sendiri terdapat tiga doa yang dapat Anda amalkan. Pilih salah satu doa yang mudah untuk Anda hafalkan.

1. Doa Pertama untuk Berbuka Puasa

Doa pertama adalah amalan yang diriwayatkan dalam hadits oleh Mu’adz bin Zuhrah dan Abu Daud. Diketahui bahwa umat muslim lebih sering menggunakan bacaan doa yang pertama ini. Tidak menutup kemungkinan Anda juga merupakan salah seorang muslim yang telah mengamalkan doa ini:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Singkawang Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

2. Doa Kedua untuk Berbuka Puasa

Memiliki kedudukan yang sama dengan doa pertama, bacaan berikutnya ini juga sahih untuk digunakan ketika Anda berbuka puasa. Doa ini juga sudah dikenal secara luas oleh sebagian besar umat muslim. Abdullah bin Umar telah menerangkan bahwa doa ini makin disempurnakan karena ditambahkan kalimat di dalamnya.

Berikut ini doa kedua untuk berbuka puasa yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى 

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ.

Artinya: Ya Allah, untuk-MU aku berpuasa, atas rezeki-MU aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.

3. Doa Ketiga untuk Berbuka Puasa

Dari hadits riwayat Abu Daud, Abdullah bin Umar menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam pernah menggunakan doa berikut ini ketika berbuka puasa:

ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّه 

Dzahabadh dhamâ’u wabtalatl-‘urûqu wa tsabata-l-ajru insyâ-allâh.

Artinya: Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah.

Meneladani Rasulullah ketika Berbuka Puasa

Diketahui bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam ketika berbuka puasa mengonsumsi kurma matang ataupun basah. Hal ini sebagaimana telah diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud dalam sebuah hadits, yaitu:

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam berbuka puasa dengan beberapa kurma matang dan basah sebelum melangsungkan shalat.”

Baca Juga:  Doa Bercermin: Adab Bercermin Anjuran Rasulullah SAW

Untuk itu, Anda dapat meneladani Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam dalam hal pemilihan makanan ketika berbuka puasa. Serta memberikan batasan terhadap makanan yang akan dikonsumsi ketika berbuka. Hal ini bertujuan untuk melancarkan ibadah yang akan dilakukan setelah berbuka puasa.

Kesimpulan

Doa berbuka puasa adalah amalan yang akan menyempurnakan ibadah shaum itu sendiri. Ketiga doa buka puasa yang telah dijelaskan di atas merupakan bacaan sahih sehingga Anda dapat menggunakan salah satunya. Dengan demikian ibadah puasa yang sedang Anda jalankan makin lengkap.

 

 

Referensi:

  • https://www.merdeka.com/trending/3-bacaan-doa-berbuka-puasa-ramadan-yang-mudah-dihafal-ketahui-pula-dalil-amp-artinya-kln.html
  • https://jatim.liputan6.com/read/4929426/membaca-doa-buka-puasa-setelah-berbuka-begini-dalilnya
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/doa-buka-puasa-dan-adab-yang-dianjurkan-saat-berbuka-1vb0YNbmWdv/1
  • https://kabar24.bisnis.com/read/20220811/79/1565565/doa-berbuka-puasa-lengkap-yang-bisa-kamu-amalkan
  • https://www.travelumrohhaji.co.id/2021/02/doa-berbuka-puasa.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *