Agama, Doa  

Doa Pagi Hari agar Rezeki Berkah dan Dilindungi Allah

Susunan Bacaan Tahlil dan Doa Tahlil Beserta Artinya

Doa pagi hari adalah salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah. Membiasakan diri untuk membaca doa ini menjadi salah satu nutrisi bagi jiwa agar bisa lebih semangat lagi menyambut hari.

Berdoa menjadi senjata yang ampuh bagi umat Islam termasuk setiap kali hendak melakukan kegiatan. Pagi hari adalah waktu yang istimewa untuk memulai hari, makanya dianjurkan untuk membaca doa pagi agar senantiasa diberi keselamatan dan perlindungan oleh Allah SWT.

Bacaan Doa Pagi Hari dan Keutamaannyaย 

Membaca doa pagi sudah menjadi salah satu amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Ada banyak sekali keutamaan yang didapatkan dengan membaca doa pagi untuk memulai hari. Berikut bacaan doa pagi dan keutamaannya.

Doa Pada Pagi Hari dan Artinya

Doa menjadi awal yang baik untuk memulai hari di waktu pagi. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ada sejumlah doa pagi yang diajarkan Rasulullah SAW untuk dibaca pada pagi hari seperti yang dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar (Damaskus: Darul Mallah 1972 M/ 1391 H), di halaman 63.

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุจููƒูŽ ุฃูŽุตู’ุจูŽุญู’ู†ูŽุง ูˆูŽุจููƒูŽ ุฃูŽู…ู’ุณูŽูŠู’ู†ูŽุงุŒ ูˆูŽุจููƒูŽ ู†ูŽุญู’ูŠูŽุงุŒ ูˆูŽุจููƒูŽ ู†ูŽู…ููˆู’ุชูุŒ ูˆูŽุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ู†ู‘ูุดููˆู’ุฑูย 

Allฤhumma bika ashbahnฤ, wa bika amsainฤ, wa bika nahyฤ, wa bika namลซtu, wa ilaikan nusyลซru.

Artinya, โ€œYa Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu, kami memasuki waktu pagi,ย  berpagi hari, denganMu aku bersore hari, dengan rahmat dan pertolonganMu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Dan hanya kepada-Mu (kami) kembali,โ€ (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Ada juga doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Masโ€™ud di dalam hadits Shahih Muslim. Berikut doanya:

Baca Juga:  Bacaan Sujud Tilawah, Niat, dan Tata Cara Pelaksanaannya

ุฃูŽุตู’ุจูŽุญู’ู†ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุตู’ุจูŽุญูŽ ุงู„ู…ู„ู’ูƒู ู„ู„ู‡ูุŒ ูˆูŽุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ู„ู‡ูุŒ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ู…ู„ู’ูƒู ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑูŒุŒ ุฑูŽุจู‘ู ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูŽุง ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ูˆูŽุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุงุŒ ุฑูŽุจู‘ู ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ูƒูŽุณู’ู„ู ูˆูŽุณููˆู’ุกู ุงู„ูƒูุจูŽุฑูุŒ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽุนูŽุฐูŽุงุจู ูููŠ ุงู„ู‚ูŽุจู’ุฑูย 

Ashbahnฤ wa ashbahal mulku lillฤhi wal hamdu lillฤhi, lฤ ilฤha illallฤhu wahdahลซ lฤ syarฤซka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa โ€˜alฤ kulli syaiโ€˜in qadฤซr. Rabbi, asโ€™aluka khaira mฤ fฤซ hฤdzihil lailata wa khaira mฤ baโ€˜dahฤ, wa aโ€˜ลซdzu bika min syarri mฤ fฤซ hฤdzihil lailata wa khaira mฤ baโ€˜dahฤ. Rabbi, aโ€˜ลซdzu bika minal kasli wa sลซโ€™il kibari. Aโ€˜ลซdzu bika min โ€˜adzฤbin fin nฤri wa โ€˜adzฤbin dil qabri.ย 

Artinya, โ€œKami telah memasuki waktu pagi dan kuasa hanya miliki Allah, segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kuasa dan bagi-Nya pujian. Dia lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Rabbku, aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini dan malam sesudahnya.ย 

Aku berlindung kepada-MU dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Ya Rabbku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kejelekan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksaan neraka dan siksaan kubur.โ€ (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).ย 

Keutamaan Doa di Pagi Hari

Membaca doa di pagi hari memiliki banyak keutamaan dengan diberikan kemudahan untuk menjalankan hari dan sebagai bentuk taat kepada Allah. Berikut beberapa keutamaan doa pagi sebelum beraktivitas:

  1. Mendapatkan ampunan Allah SWT.
  2. Mendapatkan kasih sayang Allah SWT.
  3. Mendapatkan anugerah dari Allah SWT.
  4. Sunnah Rasul.
  5. Mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.
  6. Dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT.
  7. Terlindung dari berbagai jenis bahaya.
  8. Dijauhi dari dosa.
  9. Jika meninggal akan masuk surga.
  10. Mendapatkan pahala yang terbaik di hadapan Allah SWT.
  11. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  12. Dicukupi kebutuhannya.
  13. Dijanjikan surga.
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Solok Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Akhir Kata

Doa pagi hari adalah doa yang dibacakan pada pagi harus agar mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Dengan membaca doa ini membuat lebih siap untuk menyambut pagi yang istimewa dan menjalankan berbagai aktivitas termasuk mencari rezeki yang berkah. Jangan lupa berdoa.

 

 

Sumber Referensi:

https://islam.nu.or.id/doa/doa-pagi-hari-rasulullah-saw-Lyn8c

https://www.bola.com/ragam/read/5082551/bacaan-doa-pagi-hari-sebelum-beraktivitas-lengkap-beserta-artinya

https://hijab.id/blog/ini-dia-keutamaan-doa-pagi-hari-sebelum-beraktifitas-yang-perlu-anda-tahu-199ad9c113.php

https://www.merdeka.com/jabar/doa-pagi-hari-sesuai-sunnah-rasulullah-berikut-manfaatnya-kln.html

https://news.detik.com/berita/d-5604880/doa-pagi-hari-agar-berkah-rezekinya-dan-dilindungi-allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *