Agama, Doa  

Keberkahan Doa untuk Kedua Orang Tua dan Lafaznya

Niat Puasa Nisfu Syaban

Dalam Q.S. Al-Isra’ ayat 23, Allah Swt. memerintahkan hamba-Nya untuk menyembah hanya kepada-Nya dan berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Memanjatkan doa untuk kedua orang tua adalah salah satu cara berbuat baik kepada orang tua.

Ulasan singkat tentang keutamaan berdoa untuk orang tua serta beberapa lafaznya di dalam Al-Qur’an dirangkum dari beberapa sumber. 

Keberkahan Doa untuk Kedua Orang Tua dan Contoh Lafaznya

Selalu ada hikmah di balik sebuah perintah untuk berbuat kebaikan. Dalam ulasan di bawah ini, Anda bisa menyimak beberapa keutamaan mendoakan orang tua dan lafaznya. 

Keberkahan Mendoakan Orang Tua

Mendoakan orang tua adalah memohon sesuatu kepada Allah untuk kebaikan mereka. Berikut ini beberapa keberkahan doa untuk orang tua.

  1. Dicintai oleh Allah

Rasulullah saw. menyebutkan tiga amalan yang paling dicintai Allah Swt., yaitu shalat tepat waktu, birrul walidain (berbakti kepada orang tua), dan jihad di jalan Allah.

Jadi, berbakti kepada orang tua, termasuk mendoakan mereka, adalah perilaku terpuji yang sangat disukai Allah. Seseorang yang melakukannya secara tulus akan mendapatkan cinta dan kasih sayang dari-Nya.

  1. Dipanjangkan Umur dan Rezekinya

Allah akan memanjangkan umur dan rezeki orang yang an mendoakan kedua orang tuanya. Hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Siapa yang suka untuk dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan jalinlah hubungan dengan kerabatnya (silaturahim).” (H.R. Ahmad No. 229).

  1. Mendapatkan Rida dan Doa dari Orang Tua

Setiap orang tua pasti bahagia dan rida menyaksikan anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang salih. Mereka akan selalu berdoa untuk kebaikan anak-anaknya. Padahal, doa orang tua termasuk salah satu yang diijabah oleh Allah. Masyaallah!

Baca Juga:  Bacaan Sholat 5 Waktu, Lengkap Mulai Dari Niat Sampai Salam

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Artinya, “Tiga doa yang mustajab dan tidak diragukan lagi adalah doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar), dan doa baik orang tua kepada anaknya.” (HR. Ibnu Majah, No. 3862)

Contoh Lafaz Doa untuk Kedua Orang Tua

Al-Qur’an adalah panduan utama bagi umat Islam dalam beribadah dan beramal salih. Di dalamnya juga terdapat contoh doa-doa untuk orang tua yang bisa dihafal dan diucapkan setiap saat.

  1. Doa dalam Q.S. An-Naml:19

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ 

Rabbi awzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘ala waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilnai birahmatika fii ‘ibaadikasshaalihian.

Artinya, “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang salih”.

  1. Doa dalam Q.S. Ibrahim: 41

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ ࣖ 

Rabbanaghfirlii wa li waalidayya wa lil mu’miniina yauma yaqumul hisaabu.

Artinya, “Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

  1. Doa dalam Q.S. Al-Isra’: 24

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Rabbirhamhuma kama rabbayani shaghira

Artinya, “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Akhir Kata

Doa untuk kedua orang tua akan membawa banyak keberkahan. Anda bisa berdoa dengan bacaan doa seperti yang diajarkan dalam Al-Qur’an.

Baca Juga:  Doa Mandi Haid, Hadits, dan Cara Melakukannya

 

Referensi:

  • https://www.ihram.co.id/berita/rejxtm313/keistimewaan-doa-orang-tua
  • https://www.gramedia.com/literasi/doa-kedua-orang-tua/#3_Doa_untuk_Kedua_Orang_Tua_yang_Sedang_Sakit
  • https://www.gramedia.com/literasi/doa-untuk-kedua-orang-tua/#Dalil_Doa_untuk_Kedua_Orang_Tua
  • https://www.dream.co.id/stories/manfaat-istimewa-berbakti-pada-orang-tua-dan-doa-untuk-orang-tua-yang-harus-selalu-dibaca-2112174.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *