Agama, Doa  

Doa Sakit Gigi, Amalkan ke Bagian Nyeri Agar Lekas Sembuh

Semua jenis penyakit yang menimpa manusia pastinya datang atas izin Allah, baik sakit berat maupun yang tidak parah. Misalnya sakit gigi, salah satu sakit yang amat menyiksa. Kita sering kali mengeluh jika sedang sakit gigi. Tahukah Anda bagaimana doa sakit gigi yang ampuh?ย 

Setiap sakit yang diberikan kepada manusia tentu memiliki pelipurnya. Doa menjadi upaya manusia untuk memohon kesembuhan bagi penyakit yang diderita. Bagi yang belum mengetahui doa sakit gigi, silahkan menyimak artikel ini sampai selesai.

Beberapa Doa Sakit Gigi Beserta Artinya

Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang cukup menyiksa. Segala kegiatan sehari-hari jadi terganggu, bahkan selera makan bisa hilang. Umat islam dianjurkan untuk berdoa agar hati lega dan lapang menerima takdir sakit.

Doa Sakit Gigi Riwayat Muslim

Di bawah ini terdapat doa untuk menyembuhkan sakit gigi yang dilengkapi latin dan artinya. ย Doa sakit gigi ini dilafalkan dalam bahasa Arab lengkap dengan terjemahannya:

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุนููˆุฐู ุจูุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูุฏู’ุฑูŽุชูู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ุฃูŽุฌูุฏู ูˆูŽุฃูุญูŽุงุฐูุฑู

(Bismillฤh. Aโ€˜ลซdzu billฤhi wa qudratihฤซ min syarri mฤ ajidu wa uhฤdziru)

Artinya: โ€œDengan nama Allah. Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.โ€

Imam An-Nawawi mengutip secara lengkap hadis riwayat Imam Muslim sebagai berikut:

ูˆุฑูˆูŠู†ุง ููŠ ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุนู† ุนุซู…ุงู† ุจู† ุฃุจูŠ ุงู„ุนุงุต ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุŒ ุฃู†ู‡ ุดูƒุง ุฅู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุฌุนุง ูŠุฌุฏู‡ ููŠ ุฌุณุฏู‡ุŒ ูู‚ุงู„ ู„ู‡ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุถูŽุนู’ ูŠูŽุฏูŽูƒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุชูŽุฃู’ู„ูŽู…ู ู…ูู†ู’ ุฌูŽุณูŽุฏููƒุŒ ูˆูŽู‚ูู„ู’ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุซูŽู„ูŽุงุซู‹ุงุŒ ูˆูŽู‚ูู„ู’ ุณูŽุจู’ุนูŽ ู…ูŽุฑู‘ูŽุงุชู ุฃูŽุนููˆุฐู ุจูุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูุฏู’ุฑูŽุชูู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ุฃูŽุฌูุฏู ูˆูŽุฃูุญูŽุงุฐูุฑู

Baca Juga:  Sikap Berusaha, Ikhtiar dan Bentuk yang Perlu Diterapkan

Artinya: โ€œDiriwayatkan kepada kami dalam shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil โ€˜Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya.

Adapun penyebab munculnya hadis ini adalah karena adanyaย sahabat Rasulullahย yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Dialah Utsman bin Al Ash yang merasakan sakit sejak masuk Islam.

Berdasarkan hadis di atas, tata cara mengamalkan doa sakit gigi antara lain:

  • Menempelkan tangan di bagian gigi yang sakit.ย 
  • Membaca Basmalah tiga kali.ย 
  • Membaca doa sakit gigi tersebut.ย 

Doa Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengatasi sakit gigi, bisa minum obat pereda nyeri. Selain itu juga bisa membaca doa sakit gigi di bawah ini. Doa untuk menyembuhkan sakit gigi dapat dibaca sebanyak tujuh kali. Berikut ini bunyinya.

Allohumma azhib โ€˜anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi daโ€™wati nabiyyikal mubarokil makini โ€˜indaka.

Artinya: Ya Allah lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.

Doa Sakit Gigi Riwayat Humaidi

Rasulullah SAW mengajarkan berbagai macam doa yang bisa diamalkan oleh umat Muslim. Berikut bacaan doa sakit gigi dalam riwayat Humaidi:

(Bismillaahi wabillaahi as-aluka biโ€™izzatika wajaalika waquadratika aโ€™laa kulli syai-in wainna maryama lam talid ghaira iisaa min ruuuhika wakalimatika an taksyifa maa talqaa faitima binta khadiijahta minadhdhurri kullihi)

Artinya: โ€œDengan nama Allah, demi Allah memohon dengan kemuliaan-Mu dan kebesaranMu serta kekuasaanMu atas segala sesuatu. Sesungguhnya Maryam tidak melahirkan selain Isa yang berasal dari ruh-Mu dan kalimat-Mu (firman-Mu) aku memohon agar Engkau melenyapkan rasa sakit yang dirasa oleh Fatimah binti Khadijah semuanya).โ€ (HR Humaidi)ย 

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Gorontalo Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Akhir Kata

Doa sakit gigi adalah doa atau bacaan yang sangat baik untuk dilafalkan jika sedang menderita sakit gigi. Hal ini sangat dianjurkan untuk diamalkan ketika sakit gigi agar dihadirkan kesembuhan dan senantiasa dimudahkan.ย 

 

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/www.solopos.com/doa-sakit-gigi-biar-cepat-sembuh-dilengkapi-latin-dan-artinya-1127442/amp

https://www.google.com/amp/s/www.sonora.id/amp/423589379/bacaan-doa-ini-sebanyak-3-7-kali-insyaallah-sakit-gigi-sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *