Agama, Doa  

Doa Penutup Majelis dengan Segudang Keutamaan yang Diperoleh

Doa Duduk di Antara Dua Sujud

Doa Penutup Majelis adalah sunah, dapat didasarkan pada sabda Nabi SAW dan ayat-ayat Al-Qur’an. Doa dibaca dengan harapan bahwa dosa dapat dihilangkan dalam proses memperoleh pengetahuan.

Majelis merupakan tempat untuk mencari informasi, perencanaan acara keagamaan maupun acara formal dan informal. Doa di akhir majelis penting dan perlu dibaca karena tidak dapat dimungkiri, manusia tidak selalu lepas dari kesalahan.

Doa di akhir pertemuan juga berarti bahwa kita penuh dengan berkah dan sukacita dari Allah SWT. Ditambahkan untuk meminta maaf atas kesalahan di dalam majelis yang mungkin terjadi.

Selengkapnya untuk Doa Penutup Majelis 

Dalam setiap majelis atau pertemuan, kita disuruh memulai dengan doa. Itu juga harus diakhiri dengan doa di akhir acara. Doa-doa yang sering dibacakan pada pembukaan dan penutupan acara atau majelis disebut dengan kafaratul majelis.

Doa Penutup Majelis

Berdoa saat penutupan majelis juga dapat memenuhi ruang lingkup amal bagi umat Islam yang menghadirinya. Kumpulan doa penutup majelis menurut sunah seperti berikut.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik’.

Artinya: Kemuliaan bagi-Mu, Tuhan, aku memuliakan-Mu. Saya mengaku bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, saya minta maaf dan bertaubat kepada-Mu.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺭْحَمْنَا ﺑِﺎْﻟﻘُﺮْﺁﻥْ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﺇِِﻣَﺎﻣًﺎ ﻭَﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻫُﺪًﺍ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔْ، ﺃَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺫَﻛِّﺮْﻧَﺎ ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎ ﻧَﺴِﻴْﻨﺎ وَعَلِّمْنَا ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎ ﺟَﻬِﻠْﻨَﺎ ﻭَﺍﺭْﺯُقْنَا ﺗِﻼَﻭَﺗَﻪُ ﺁﻧَﺎﺀَ ﺍﻟْﻠَﻴْﻞِ ﻭَﺃَﻃْﺮَﺍﻑَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭْ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﺣُﺠَّﺔً ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍْﻟﻌَﺎﻟَﻤْﻴِﻦ

‘Allohummarham na bil qur’an. Waj’al hu lanaa imaama, wa nuuro, wa hudaa, wa rohmah. Allohumma dakkir na minhu ma nasiina, wa ‘allimna minhu ma jahilna warjuqna tilaawatahu. Aana-al laili wa atroofan nahaar. Waj’alhu lana hujjatan, yaa Robbal ‘alamiin’.

Baca Juga:  3 Doa Selamat di Dunia dan Akhirat

Artinya: Semoga Allah merahmati kita dengan Al-Qur’an. Jadikanlah ia petunjuk, cahaya, hidayah dan rahmat. Tuhan, ingatkan kami tentang apa yang telah kami lupakan tentang dia dan ajari kami apa yang tidak kami ketahui tentang dia. Dan beri kami kegembiraan untuk membacanya  siang dan malam. Dan menjadikannya asisten kami. Tuhan, Penguasa Alam Semesta.

Keutamaan Doa Penutup Majelis

Doa di akhir majelis merupakan salah satu karunia untuk menghapus kesalahan dan dosa kecil yang dilakukan dalam majelis. Jadi, jangan anggap remeh doa penutup majelis ini. Keutamaan doa penutup adalah sebagai berikut: 

  • Penghapus Dosa

Ketika Nabi SAW bangun dan meninggalkan pertemuan, dia berdoa kafaratul untuk jamaah. Dan ketika ada yang bertanya, Nabi SAW menjawab, yang artinya sebagai penghapus dosa atau pendamaian yang terjadi di jamaah

Makna dari kesalahan lisan ini adalah adanya kata-kata yang diucapkan secara tidak perlu saat ada acara atau pertemuan. Oleh karena itu, diharapkan dengan membaca doa kafaratul berjamaah, kata-kata yang tidak perlu yang muncul saat kejadian dapat dimaafkan.

  • Informasi yang diperoleh bermanfaat

Doa berjamaah Kafaratul dibacakan pada saat acara atau pertemuan berakhir. Secara khusus, kumpulan informasi atau pertemuan yang memberikan informasi yang baik dan bermanfaat. 

Oleh karena itu, agar pertemuan yang baik ini dapat menjadi ridha Allah SWT dan agar ilmu yang diperoleh selama pertemuan itu bermanfaat. Dianjurkan untuk membaca doa bersama kafaratul setelah acara atau pertemuan.

  • Memudahkan Jalan Menuju Surga

Doa kumpulan Kafaratul juga dapat memudahkan jalan menuju surga Allah. Allah SWT menyukai perkumpulan atau perkumpulan yang tujuannya untuk menuntut ilmu akan lebih memudahkan untuk meraih surga.

  • Meredakan Murka Allah SWT
Baca Juga:  Doa Sholat Dhuha: Tata Cara Dan Waktu Sholat Dhuha

Doa-doa yang dibacakan di majelis berisi pengakuan atas semua kelemahan, zalim, kebodohan dan kelupaan kita. Selain itu, terdapat Tahmid yang tujuannya adalah untuk memuliakan Allah dan istighfar untuk memohon agar terhindar dari dosa masa lalu.

  • Sunah Rasul

Rasulullah SAW selalu berdoa kepada Allah SWT dalam melakukan segala sesuatu, termasuk meninggalkan  majelis, sehingga sunah Nabi harus diikuti.

  • Memperkuat Iman

Doa penutup majelis juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan karena dengan berdoa dan selalu mengingat Allah SWT maka keimanan tetap terjaga.

  • Dapat Menenangkan Jiwa

Dengan berdoa pada waktu yang sama, Anda dapat menenangkan jiwa. Doa penutup majelis memiliki keutamaan yang luar biasa. Siapa saja yang membacakan doa penutup majelis sebelum bangkit dari tempat duduknya akan diampuni kesalahan yang dilakukan secara berjamaah.

Akhir Kata

Doa penutup majelis adalah suatu amalan sunah anjuran Rasulullah SAW apabila hendak beranjak bangkit dari majelis atau pengajian. Tidak hanya sekedar doa yang dilafalkan, melainkan segudang keutamaan mampu Anda raih.

 

 

Sumber Referensi:

https://alamisharia.co.id/blogs/doa-kafaratul-majelis/

https://www.merdeka.com/trending/doa-akhir-majelis-dan-artinya-lengkap-dengan-arab-latin-yang-mudah-dihafalkan.html

https://www.orami.co.id/magazine/doa-penutup-majelis

https://peoplenesia.com/keutamaan-membaca-doa-kafaratul-majelis/

https://pecihitam.org/13-keutamaan-doa-kafaratul-majelis-yang-patut-diketahui/

https://www.bola.com/ragam/read/5089680/doa-pembuka-dan-penutup-majelis-lengkap-beserta-artinya

https://www.liputan6.com/islami/read/5115637/bacaan-doa-kafaratul-majelis-lengkap-dengan-penjelasan-dan-keutamaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *