Agama, Doa  

Doa selesai Sholat, Apakah Rasulullah Melakukannya?

Doa Mandi Haid, Hadits, dan Cara Melakukannya

Membiasakan diri doa selesai sholat adalah amalan sunah yang dianjurkan bagi setiap muslim. Berdoa merupakan bentuk penghambaan dan refleksi kebutuhan kita akan pertolongan Allah. Namun, apakah Rasulullah melakukannya?

Ulasan singkat dan beberapa hadis mengenai kebiasaan Rasulullah berdoa dan contoh doa setelah sholat berikut ini dirangkum dari beberapa sumber.

Kebiasaan Rasulullah Berdoa selesai Sholat 

Dzikir adalah segala amalan untuk mengingatkan seorang muslim kepada Allah, sedangkan doa adalah memohon kebaikan kepada Allah. Sebagian orang berpendapat, tidak ada doa setelah sholat, yang ada hanya dzikir. Anda bisa menyimak ulasan singkatnya dalam artikel ini.

1. Kebiasaan Rasulullah Berdoa setelah Sholat

Selain berdzikir, Rasulullah juga doa selesai sholat. Dalam hadis Riwayat Abu Daud, disebutkan bahwa Rasulullah saw. menarik tangan Mu’adz bin Jabbal ra seraya mengatakan bahwa beliau sangat menyayangi Mu’adz. 

Kemudian beliau berpesan kepada Mu’adz agar setelah sholat mengucapkan, ‘’Ya Allah, tolonglah aku agar mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah dengan ibadah yang baik kepada-Mu.’’ 

Hadis yang menyebutkan kebiasaan Rasulullah berdoa setelah sholat, antara lain:

  • Dari al-Bara’ ra, dia berkata, “Jika kami shalat di belakang Rasulullah saw., kami senang berada di sebelah kanan beliau. Beliau akan menghadapkan wajahnya kepada kami. Aku pernah mendengar beliau berdoa, ‘Wahai Rabbku, jagalah aku dari siksa-Mu pada hari (kiamat) yang Engkau akan membangkitkan atau mengumpulkan hamba-hambaMu.’” [HR.Muslim, no. 709]
  • Dari Ali bin Abi Thalib ra, dia berkata, “Kebiasaan Nabi saw., jika telah mengucapkan salam (selesai) shalat, beliau berdoa, ‘Wahai Allâh Azza wa Jalla ampunilah dosaku yang telah aku lakukan dan (dosa akibat dari kewajiban) yang telah aku tinggalkan, (dosa) yang aku rahasiakan dan yang aku lakukan dengan terang-terangan, yang aku telah melakukan dengan berlebihan dan segala dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripadaku. Engkau adalah Muqaddim (Dzat Yang memajukan orang yang Engkau kehendaki dengan sebab mentaatiMu atau sebab lainnya) dan Muakh-khir (Yang memundurkan orang yang Engkau kehendaki). Tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Engkau.’” [HR. Abu Dâwud, no. 1509; dishahihkan syaikh Al-Albâni rahimahullah].
Baca Juga:  Doa Tidur Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Artinya

Setelah mengetahui bahwa Rasulullah juga membaca doa setelah sholat, berikut ini beberapa doa yang bisa Anda baca setelah berdzikir. 

2. Bacaan Doa selesai Sholat

Bacaan doa berikut ini hanyalah beberapa doa singkat yang biasa dibaca setelah berdzikir usai sholat. Anda bisa melengkapinya sesuai kebutuhan. 

  • Doa untuk Kebaikan Orang Tua

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa (Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil.”

  • Doa untuk Keteguhan Iman

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh qulụubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lanaa min ladunka raḥmah, innaka antal-wahhaab

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.” 

  • Doa untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar. (Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka)

Akhir Kata

Membaca doa selesai sholat adalah amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah. Bacaan doa dalam artikel ini sekadar contoh doa harian yang biasa dibaca setelah sholat. Anda bisa melengkapinya dengan doa-doa lain.

 

Referensi

https://iqra.republika.co.id/berita/qbp85z366/uas-jelaskan-dalil-keutamaan-berdoa-setelah-sholat

https://rumaysho.com/1044-mengupas-hukum-berdoa-sesudah-shalat.html

https://almanhaj.or.id/2526-adakah-doa-setelah-shalat.html

https://www.bershalawat.com/doa/pr-2965071375/urutan-doa-setelah-sholat-fardhu-sesuai-sunnah-rasulullah-saw-dituntun-ustadz-adi-hidayat?page=2

https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6343534/doa-untuk-kedua-orang-tua-arab-latin-dan-artinya

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/doa-selamat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *