Agama, Doa  

Doa Ziarah Kubur: Tata Cara dan Adabnya

Doa Ziarah Kubur

Doa ziarah kubur adalah rangkaian doa yang biasanya dibacakan untuk orang yang sudah tiada. Baik yang sudah meninggal maupun yang baru meninggal, penting dibacakan untuk semua yang meninggal, baik keluarga maupun teman.

Ziarah kubur merupakan salah satu anjuran Islam karena mengingatkan manusia akan kematian. Semoga menjadikan pengingat serta dapat meningkatkan kualitas ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Juga menjadi hal sangat penting untuk berdoa ketika mengunjungi kuburan. Ini karena salah satu tujuan ziarah ke makam yaitu berdoa bagi orang yang telah meninggal dunia. 

Doa Ziarah Kubur Serta Urutannya

Sebelum mengetahui cara membaca doa ziarah kubur, terlebih dahulu harus mengetahui tata cara ziarah kubur.

1. Mengucapkan Salam 

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

‘Assalamu’alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun’.

Artinya: Assalamualaikum, hai tempat tinggal orang-orang beriman. Telah datang kepada kalian Janji Tuhan yang tertunda sampai besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.

2. Membaca Istigfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

‘Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi’.

Artinya: Saya memohon ampunan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri Sendirian, dan saya bertaubat di hadapan-Nya.

3. Membaca Surat Pendek

Saat ziarah, pembacaan doa dilanjutkan dengan pembacaan surat pendek dari Alquran. Adapun seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

Al-Fatihah dikenal sebagai surat terbuka. Jadi bacalah Al-Fatihah terlebih dahulu sebelum membaca doa-doa lainnya. Setelah membaca Al-Fatihah, lanjutkan membaca surat pendek saat ziarah kubur akan memberikan pahala kepada orang yang meninggal di dalam kubur.

Baca Juga:  Cara Wudhu: Ketahui Urutan, Niat, dan Syarat yang Tepat

4. Membaca Kalimat Tahlil

Setelah itu, Anda membaca kalimat tahlil buat menaruh sedekah pahala pada orang yang sudah meninggal. Hal ini sinkron menggunakan anjuran Rasulullah SAW yang berbunyi:

‘Sesungguhnya dalam setiap kalimat tasbih merupakan sedekah, setiap kalimat takbir merupakan sedekah, setiap kalimat tahmid merupakan sedekah, setiap kalimat tahlil merupakan sedekah (HR. Muslim)’.

5. Doa Ziarah Kubur

Usai membaca dzikir dan surat Al-Qur’an, akhiri ziarah ke makam dengan doa. Berikut bacaan doa ziarah kubur.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

‘Allahummaghfirlahu war hamhu wa’aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’madholahu, waghsilhu bil maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi’,

‘Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi’.

Artinya: Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkan dia dari rasa bersalah seperti baju putih dari kotoran. 

Beri dia rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Bawa dia ke surga, lindungi dia dari kubur dan hukuman neraka. Buatkan tempat untuknya di kuburan dan beri dia cahaya.

6. Adab Ziarah Kubur Sesuai Sunah

Jika anda mengetahui tata cara berdoa saat berziarah ke makam, ada baiknya juga untuk memahami adab-adabnya. Menurut para ulama, hukum ziarah kubur adalah sunah. Muslim harus mengikuti kebiasaan tertentu ketika mengunjungi kuburan.

Baca Juga:  Doa Makan dan Minum, Adab, Serta Keutamaannya

Menurut sunah adab ziarah kubur adalah sebagai berikut: 

  • Salam ketika memasuki kuburan. 
  • Pakaian yang baik dan sopan. 
  • Tidak duduk di kuburan. 
  • Tidak memakai sandal di kuburan. 
  • Menangis boleh saja asal jangan berlebihan.
  • Sangat dianjurkan untuk tidak berbicara yang tidak baik ketika di kuburan. 

Akhir Kata

Doa ziarah kubur Ini adalah yang harus kita baca ketika kita mengunjungi makam orang yang kita cintai. Dibuat sebagai pengingat bagi yang masih hidup agar terus bertakwa kepada Allah SWT.

 

Sumber Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221207145839-569-884123/urutan-dan-bacaan-doa-ziarah-kubur-lengkap-latin-serta-artinya

https://www.merdeka.com/trending/urutan-doa-ziarah-kubur-lengkap-dengan-latin-amp-artinya-beserta-adab-adabnya-kln.html

https://www.suara.com/news/2022/09/13/115919/bacaan-doa-ziarah-kubur-singkat-lengkap-dengan-tata-caranya

https://www.popbela.com/career/inspiration/niken-ari/bacaan-doa-ziarah-kubur-singkat?page=all

https://mediaindonesia.com/humaniora/472331/simak-ini-doa-doa-singkat-yang-bisa-dibaca-saat-ziarah-kubur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *