Agama, Doa  

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Niat Sholat Fardhu Lengkap

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Niat Sholat Fardhu Lengkap

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang termasuk memuji Allah SWT dan Rasulullah SAW. Jangan lupa bahwa doa setelah melakukan sholat wajib setiap hari juga termasuk meminta pengampunan dan berkah.

Mengamalkan doa sesudah sholat harus setiap hari merupakan penyerahan diri pada Allah SWT. Sholat merupakan alternatif buat berkomunikasi menggunakan Allah SWT, apalagi berdoa menggunakan penuh hormat dan pengabdian, maka doa kita akan didengar.

Setelah melakukan sholat fardhu, dianjurkan juga untuk membaca doa setelah sholat fardhu. Seperti halnya dzikir, tujuan membaca doa setelah sholat fardhu untuk selalu mengingat, berserah diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bacaann Niat dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Setiap hari umat Islam wajib melaksanakan sholat 5 waktu yang terdiri dari sholat Subuh, dzuhur, Ashar, Maghrib dan sholat Isya. Setiap waktu shalat memiliki rakaat berbeda dan beberapa bacaan khusus yang membedakannya.

Niat Sholat 5 Waktu

Berikut adalah waktu sholat dan bacaan niat yang harus dipahami:

  • Sholat Subuh

Sholat Subuh merupakan sholat lima waktu yang dilakukan paling awal, yaitu dari fajar hingga matahari terbit. Sholat Subuh jumlah rakaatnya paling sedikit yaitu hanya 2 rakaat. Perbedaan sholat Subuh dengan sholat wajib lainnya adalah terdapat doa qunut, namun hukumnya adalah sunnah.

Berikut bacaan niat sholat subuh:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى ‘Usholli fardha shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala’.

Artinya: Saya niat sholat subuh dua rakaat menghadap kiblat tepat waktu karena Allah ta’ala.

  • Sholat Zuhur

Sholat zuhur dilakukan pada siang hari saat matahari berada di tengah langit sehingga bayangan benda sepanjang benda. Zuhur berarti tengah hari atau siang hari, sholat zuhur terdiri dari empat rakaat dengan dua tahiyat.

Baca Juga:  Doa Ziarah Kubur: Tata Cara dan Adabnya

Berikut bacaan niat sholat zuhur:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى ‘Usholli fardha dzuhri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala’.

Artinya: Saya niat sholat fardhu dzuhur empat rakaat, menghadap kiblat pada waktu yang tepat, karena Allah ta’ala.

  • Sholat Ashar

Waktu sholat ashar dimulai saat bayangan benda sedikit menyilang benda hingga matahari terbenam. Jumlah rakaat juga sama dengan shalat zuhur yaitu rakaat dan 2 tahiyat.

Berikut bacaan niat sholat ashar:

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى ‘Usholli fardha ‘ashri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala’.

Artinya: Saya sholat fardu asar empat rakaat menghadap kiblat pada waktu yang tepat, karena Allah ta’ala.

  • Sholat Magrib

Magrib adalah sholat wajib 5 waktu yang berjumlah sebanyak 3 rakaat dengan 2 tahiyat. Sholat Maghrib dilakukan setelah matahari terbenam hingga tidak ada lagi cahaya merah di langit.

Berikut bacaan niat sholat magrib:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى ‘Usholli fardha maghribi tsalaatsa raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala’.

Artinya: Saya sholat fardu maghrib, sholat tiga rakaat, ke kiblat pada waktu yang tepat, karena Allah ta’ala

  • Sholat Isya

Shalat Isya dilaksanakan sejak menghilangnya cahaya langit merah hingga terbitnya fajar. Sholat Isya terdiri dari total empat rakaat dan dengan dua tahiyat.

Berikut bacaan niat sholat isya:

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى ‘Usholli fardha ‘isyaa`i arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala’

Artinya: Saya shalat Fardu Isya, empat rakaat, menghadap kiblat pada waktu yang tepat, karena Allah ta’ala.

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu adalah waktu yang tepat untuk menanyakan apa yang diinginkan. Tentunya dengan keadaan yang suci dan hati yang ikhlas dan ikhlas, jika Allah menghendaki Allah SWT akan mengabulkan. 

Baca Juga:  Bacaan Sholat Lengkap Beserta Latinnya

Berikut adalah doa yang bisa diamalkan:

  • بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

‘Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdu Lillaahi Rabbil ‘Aalamiin. Hamday Yu-Waafii Ni’amahuu Wa Yukaafi’u Maziidah. Yaa Rabbanaa Lakalhamdu Wa Lakasy Syukru Ka-Maa Yambaghiilijalaaliwajhika Wa ‘Azhiimisul-Thaanik’.

Artinya: Dengan nama-Mu Ya Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam Pujian itu sebanding dengan nikmatnya dan dijamin akan bertambah. Ya Tuhan kami, pujian dan syukur sesuai dengan  keagungan karakter dan kekuatan-Mu.

  • اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

‘Allaahumma Innaa Na’uudzu Bika Minal ‘Ajzi Wal Kasali Wal Bukhli Wal Harami Wa ‘Adzaabil Qabri’

Artinya: Ya Tuhan! Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, kesengsaraan, kepikunan dan siksa kubur.

  • اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا

‘Allaahummainnaa Na’uudzu Bika Min ‘Ilmin Laa Yanfa’ Wamin Qalbin Laa Yakhsya’ W Amin Nafsin Laa Tasyba’ Wamin Da’watin Laa Yustajaabu Lahaa’.

Artinya: Ya Tuhan! Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak dapat dipuaskan, dan dari doa-doa yang tidak terkabul.

  • رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

‘Rabbanagh Firlanaa Dzunuubanaa Wa Liwaa-Lidiinaa Walimasyaayikhinaa Wa Limu’alli-Mienaa Wa Liman Lahuu H Aqqun’ Alain Aa Wa Lim An Ahabba Wa Ahsana Ilainaa Wa Likaaffatil Mus Limun A Ajma’iin’.

Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami, orang tua kami, orang tua (sesepuh) kami, guru kami, mereka yang berhak atas kami, mereka yang mencintai kami dan berbuat baik kepada kami, dan semua saudara Muslim.

Baca Juga:  Niat Wudhu Beserta Syarat Sah dan Tata Caranya

Akhir Kata

Membaca dan memahami doa setelah sholat fardhu adalah teladan yang baik bagi seorang muslim. Dan harus diamalkan dalam kehidupan agar kehidupan seorang muslim penuh rahmat dan menjadi muslim yang beradab dan berilmu.

 

 

Sumber Referensi:

https://saintif.com/doa-setelah-sholat/

https://www.orami.co.id/magazine/tata-cara-salat

https://www.gramedia.com/literasi/bacaan-doa-setelah-sholat/#Bacaan_Doa_Setelah_Sholat

https://www.merdeka.com/trending/bacaan-doa-dan-dzikir-setelah-sholat-fardhu-lengkap-disertai-artinya-kln.html

https://www.merdeka.com/jateng/bacaan-sholat-fardhu-lengkap-dengan-gerakannya-perlu-diketahui-kln.html

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/arti-bacaan-sholat-fardhu-lengkap-berikut-tata-cara-dan-terjemahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *