Agama, Doa  

Niat Puasa Nisfu Syaban, Amalan Puasa Sunnah Di Bulan Syaban

Niat Puasa Nisfu Syaban

Bulan Syaban menjadi salah satu bulan istimewa yang dinantikan umat Islam, ada banyak amalan yang bisa dilakukan salah satunya berpuasa. Maka, niat puasa nisfu syaban adalah bacaan yang banyak dicari saat ingin menjalankan ibadah puasa sunnah syaban.ย 

Bagi Anda yang ingin melaksanakan puasa syaban harus diawali dengan niat dan dianjurkan untuk membacanya setelah makan sahur atau malam hari. Lalu, bagaimana bacaan niat puasa syaban? Ketahui pada penjelasan berikut ini.

Niat Puasa Nisfu Syaban dan Informasi Lainnya

Puasa nisfu syaban adalah salah satu amalan yang dilakukan untuk mendapatkan keutamaan Bulan Syaban. Berikut adalah penjelasan mengenai puasa syaban, bacaan niatnya, amalan, dan keutamaannya.

Puasa Syaban dan Niatnya

Puasa syaban adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan umat Islam di Bulan Syaban. Nisfu syaban merupakan suatu peringatan tanggal 15 di bulan kedelapan pada kalender Islam. Malam ini dianggap sebagai malam yang penuh berkah, pengampuan, dan pembebasan.

Ibadah puasa sunnah syaban disebutkan memiliki kedudukan yang setara dengan puasa di bulan-bulan terhormat lainnya. Hal ini dijelaskan dalam Nihayatuz Zain oleh Syeikh Nawawi Al Bantani, yaitu:

โ€œBulan paling utama adalah Ramadan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Zulhijah, kemudian Zul Qa’dah, lalu Sya’ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama.

Puasa nisfu syaban bisa dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 di Bulan Syaban. Seperti puasa lainnya, puasa ini dilakukan mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Pada malam sebelumnya, Anda dianjurkan untuk membaca niat puasa syaban. Berikut ini niatnya:

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ุณูู†ูŽู‘ุฉู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Baca Juga:  Niat Mandi Setelah Haid dan Tata Cara Sesuai Tuntunan Islam

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta’ala.

Niat puasa ini sebaiknya dibaca pada malam hari atau makan sahur. Namun, jika Anda lupa boleh diniatkan pada pagi atau siang hari dengan syarat belum makan dan minum. Begini bacaan niatnya:

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ุณูู†ู‘ูŽุฉู ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Nawaitu shouma haadzal yaumiโ€™an adaaโ€™i sunnati Syaโ€™bana lillaahi taโ€™aalaa.

Artinya: โ€œAku berniat puasa sunah syaโ€™ban hari ini karena Allah SWT.โ€

Amalan Puasa Syaban

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan selama melaksanakan puasa sunnah syaban atau saat nisfu syaban. Sebaiknya Anda berbagai kebaikan dan amalan baik selama Bulan Syaban untuk mendapatkan keberkahan. Berikut beberapa amalan yang bisa dikerjakan:

  • Memperbanyak Doa

Pada Bulan Syaban umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa. Selain untuk memohon pengampuan, saat berdoa Anda bisa meminta keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

  • Memperbanyak Dzikir

Amalan lain yang bisa dilakukan selama Bulan Syaban adalah memperbanyak dzikir, dzikir di malam nisfu syaban akan memperbanyak pahala Anda. Hal dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi, yang berbunyi:

Seyogianya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

  • Istighfar

Selain memperbanyak doa dan dzikir, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak istighfar pada malam nisfu syaban. Istighfar dikatakan bisa menjadi pembuka ampunan atas segala dosa yang sudah dilakukan. Apalagi di bulan ini, dosa-dosa akan diampuni, kesedihan dihilangkan, dan kesulitan dimudahkan.

Keutamaan Puasa Syaban

Bulan Syaban adalah bulan di antar Rajab dan Ramadhan yang istimewa untuk melaksanakan ibadah sunnah. Siapa yang mengerjakan ibadah puasa syaban, Allah akan menurunkan pengampunan. Selain itu, Allah juga akan mengabulkan permohonan hamba-Nya yang sholeh di malam nisfu syaban.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Wakatobi Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Manfaatkan bulan penuh rahmat ini dengan baik, seperti memohon ampunan, perlindungan Allah dari ketetapan baik dan buruk, hingga mendulang pahala. Pada bulan ini Allah juga membuka pintu maaf yang luas bagi hamba-Nya yang ingin bertaubat.

Perbanyak amalan-amalan sunnah lainnya, sebagai salah satu cara untuk membersihkan hati dan mempersiapkan diri sebelum datangnya Bulan Ramadhan. Saat Bulan Ramadhan datang, Anda bisa menyambut dengan hati yang bersih dan suci sehingga ibadahnya bisa lebih maksimal dan lancar.

Akhir Kata

Niat puasa nisfu syaban adalah bacaan yang dilafadzkan saat ingin melaksanakan puasa syaban. Selain berpuasa, perbanyak amalan sunnah lain untuk mendapatkan keberkahan. Puasa nisfu syaban semata-mata sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT maupun tuntunan Rasulullah SAW. Jangan lupa diamalkan.

 

Sumber Referensi:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5965536/niat-puasa-nisfu-syaban-2022-kapan-waktu-pelaksanaannya

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/niat-puasa-nisfu-sya-ban/#Tata_Cara_Melakukan_Puasa_Nisfu_Sya_ban

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/niat-puasa-nisfu-syaban/all

https://www.merdeka.com/jateng/niat-puasa-nisfu-dan-keutamaannya-dalam-islam-umat-muslim-wajib-tahu-kln.html

https://www.dream.co.id/stories/lafal-niat-puasa-nisfu-syaban-2022-dan-ketentuan-puasa-yang-diharamkan-220316r.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *