Agama, Doa  

Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Lengkap dengan Doanya

Niat Sholat Idul Fitri

Salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan adalah sholat tahajud. Beberapa dari keutamaan sholat tahajud antara lain mampu mencegah Anda berbuat dosa serta badan menjadi lebih sehat karena terhindar dari berbagai penyakit. Untuk itu, niat sholat tahajud adalah doa yang wajib Anda ketahui terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwa sholat tahajud ini merupakan ibadah yang dilakukan setelah tidur malam. Berdasarkan arti namanya, tahajud diambil dari kata hujud artinya tidur. Sedangkan menurut Al-Baqa’i yang diambil dari tafsir Al-Misbah oleh M. Quraish Shihab, tahajud dapat diartikan meninggalkan tidur untuk menunaikan sholat.

Ibadah ini juga dikenal dengan nama lainnya, yaitu sholat lail yang dapat diartikan sebagai sholat malam. Di mana ibadah dilakukan pada waktu yang biasanya digunakan untuk tidur. Jumlah rakaatnya sendiri dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan, mulai dari dua hingga dua belas rakaat.

Mengenal Sholat Tahajud

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwa sholat tahajud dilakukan pada waktu yang biasanya digunakan untuk tidur. Waktu tersebut adalah sepertiga malam hingga menjelang subuh. Yaitu mulai pukul 01.00 dini hari hingga sebelum subuh. Dengan melaksanakan tahajud maka Anda dapat memanjatkan doa ataupun keinginan khusus.

1. Keutamaan Sholat Tahajud

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan pada surat Al-Isra ayat 79 tentang keutamaan sholat tahajud, yaitu:

 وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Wa minal-laili fa tahajjad bihī nāfilatal laka, ‘asā ay yab‘aṡaka rabbuka maqāmam maḥmūdān.

Artinya:

Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah doa ketika itu.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Niat Puasa Qadha Ramadan, Perintah dan Bacaan Lengkap

2. Niat Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud sama dengan ibadah sholat lainnya. Setelah membaca Al-Fatihah, Anda dapat melanjutkan dengan bacaan surat pendek. Pemilihan surat pendek telah dijelaskan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan At-Tirmidzi berikut ini:

Dari Aisyah Rhadiyallahu Anha, ia berkata, “Apabila bangun pada malam hari, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam memulainya dengan mengerjakan sholat yang ringan, yaitu bacaan surat yang pendek.”

Adapun lafaz niat tahajud sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat sholat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

3. Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah melaksanakan sholat tahajud, selanjutnya Anda dapat berdoa. Salah satu doa seperti yang dikutip dari buku Dahsyatnya Tahajud, Subuh & Dhuha: Keberkahan Bangun Pagi karya Adnan Tarsyah seperti berikut ini:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

“Allahumma lakalhamdu anta nuurussamaawaati wal’ardhi wa manfihina wa lakalhamdu anta, qayyimussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu anta rabbussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna. Wal lakalhamdu laka mulkussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu anta malikussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu antalhaqq wa wa’dukalhaqq, wa qaulukal haqq, waliqaaukal haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun haqq, wassaa’atu haqq. Allahumma laka aslamtu wa’alaika tawakkaltu wa bika aamantu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu fagfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, antalmuqaddamu wa antalmu’akhkharu laa ilaaha illa anta anta ilaahii laa ilaaha illa anta.

Baca Juga:  Niat Sholat Dhuha, Ibadah Sunnah Pembuka Pintu Rezeki

Artinya:

“Ya Allah, Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta isinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau mengurus langit dan bumi beserta isinya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah Tuhan yang menguasai langit dan bumi beserta isinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit, bumi, beserta isinya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar janji-Mu benar firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga benar (ada), neraka benar (ada), terutusnya para nabi adalah benar. Terutusnya Muhammad benar dari-Mu, peristiwa kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku berpasrah, kepada-Mu aku tawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali bertaubat, dengan pertolongan-Mu aku berdebat dengan orang-orang kafir, kepada-Mu dan dengan ajaran-mu aku menjatuhkan hukum.

Ampunilah dosaku yang telah lalu dan akan datang. Engkau yang mendahulukan dan mengakhirkan. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.”

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang niat tahajud beserta cara melaksanakan dan doanya. Namun, hal penting lainnya yang wajib Anda ingat selain niat sholat tahajud adalah melaksanakan witir setelahnya. Sholat witir merupakan penutup ibadah malam dengan jumlah rakaat yang ganjil, yaitu satu atau tiga.

 

Referensi:

  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6243384/niat-sholat-tahajud-2-rakaat-dan-bacaan-doanya-lengkap
  • https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221214163114-569-887382/niat-sholat-tahajud-2-rakaat-dan-bacaan-doanya
  • https://www.merdeka.com/trending/tata-cara-sholat-tahajud-yang-mustajab-lengkap-dengan-niat-amp-bacaan-suratnya-kln.html
  • https://www.orami.co.id/magazine/tata-cara-salat-tahajud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *