Agama, Doa  

Doa Sholat Dhuha: Pengertian, Manfaat dan Bacaan

Doa Sahur

Sholat merupakan ibadah penting dalam agama Islam. Saking pentingnya hingga ibadah sholat menjadi hal pertama yang kelak akan dihisab di Padang Mahsyar. Jika ibadah sholat kita benar selama di dunia, maka kita sudah bisa dipastikan jika nasib kita akan aman di akhirat dan kita bisa menjadi penghuni surga.

Sebaliknya mereka yang sholatnya acak-acakan bahkan tidak pernah melaksanakannya akan sangat menyesal hari itu karena kemungkinan kita harus lebih dulu terkena siksa neraka.

Apa Itu Sholat Dhuha?

Sholat dhuha adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada pagi hari dimulai sejak matahari naik hingga menjelang tengah hari. Niat sholat dhuha dibaca sebelum melakukan takbiratul ihram

Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha

Sholat dhuha memang bukan ibadah wajib dalam memanjatkan doa, meski begitu, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menganjurkan kita untuk melaksanakannya. Sebenarnya ada beberapa alasan penting mengapa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat dhuha.

1. Mengganti sedekah untuk seluruh tubuh

2. Diampuni dosa-dosanya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala

3. Diberi kecukupan rezeki

4. Dibuatkan istana di surga

5. Masuk dalam golongan awwabin

6. Mendapatkan pahala haji dan umrah

7. Menjadi orang yang beruntung

Bacaan Doa Sholat Dhuha

Setelah salam, bukan berarti ibadahnya sholat dhuha-nya selesai, ya! Biar ibadah sholat dhuha-nya jadi lebih afdol, seusai sholat dhuha, kita diwajibkan membaca doa sholat dhuha, dengan lafal berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Baca Juga:  Doa Belajar dalam Bahasa Arab dan Latin, serta Arti

Latin:

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal ‘ishmatta ‘ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu’assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita ‘ibaadakash shalihiin.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Akhir Kata/Kesimpulan

Sholat dhuha memang ibadah sunnah, namun melihat keutamaannya yang istimewa, rugi rasanya jika kita melewatkan ibadah sholat dhuha begitu saja. Ditambah lagi, ibadah sholat satu ini juga memiliki jumlah raka’at yang tidak terlalu banyak sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya.

Referensi:

https://www.beritautama.co.id/serbaserbi/pr-5124961482/ini-bacaan-doa-dhuha-lengkap-latin-dan-terjemahan-membuka-pintu-rezeki#:~:text=Allaahumma%20in%20kaana%20rizqii%20fissamaa,aatinii%20maa%20aataita%20’ibaadakash%20shalihiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *