Agama  

Bacaan Doa Wudhu Lengkap Dengan Gambar

Pengertian wudhu jika dilihat dari bahasa berasal dari kata wadha’ah yang memiliki arti kebersihan dan baik. Secara istilah pengertian wudhu adalah salah satu cara yang digunakan oleh orang islam untuk menyucikan anggota tubuh dengan air.

wudhu

Pengertian wudhu jika dilihat dari bahasa berasal dari kata wadha’ah yang memiliki arti kebersihan dan baik. Secara istilah pengertian wudhu adalah salah satu cara yang digunakan oleh orang islam untuk menyucikan anggota tubuh dengan air.

Pada artikel ini, akan membahas tentang Doa Wudhu lengkap dengan artinya berserta urutan dan video wudhu. Silakan disimak.

1. Membaca Niat

Wudhu

“Nawaitul Wudhuu-a liraf’il hadatsil ashghori fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu karena Allah.”

2. Membasuh Kedua Telapak Tangan

wudhu

“Allohummahfadz Yadayya Min Ma’asyika Kulliha”

Artinya: “Ya Allah peliharalah kedua tanganku dari semua perbuatan maksiat pada-Mu”

3. Bersiwak

wudhu

Doa Wudhu Lengkap dengan Gambar dan Video – “Allahumma bayyidh bihi asnani, wa syudda bihi litsati, wa tsabbit bihi lahati, wa barik li fīhi, ya arhamar rahimin.”

Artinya: “Ya Allah, putihkanlah gigiku, kuatkan gusiku, teguhkan rongga kerongkonganku (faring) melalui pembersih gigi (siwak/gosok gigi). Berkahilah diriku melaluinya, wahai Zat yang maha pengasih.”




4. Berkumur

wudhu

“Allaahumma a’inni ‘Ala Dzikrika wa Syukrika wahusni ‘Ibadatika”

Artinya: “Ya Allah bantulah aku untuk selalu berdzikir kepadamu dan selalu memperbaiki ibadah kepadamu”

5. Membasuh Lubang Hidung

wudhu

“Allaahumma Arihni Roihatal Jannati wa anta annii rodliin”

Artinya: “Ya Allah berikan aku penciuman wewangian syurga dan keadaan Engkau terhadap diriku yang selalu meridhoi”

6. Membasuh Jari

wudhu

Disunahkan untuk membasuh selah-selah jari

7. Membasuh Muka

wudhu

“Allaahumma bayyidl wajhi yauma tabyadldlu wujuuhun wa taswaddu wujûh”

Artinya: “Ya Allah, putihkanlah wajahku di hari ketika wajah-wajah memutih dan menghitam.”

8. Membasuh Kedua Tangan

wudhu

Saat membasuh tangan kanan, disunnahkan membaca:

“Allaahumma a’thinî kitaabi biyamîni, wa haasibnî hisaaban yaasîran.”

Baca Juga:  Doa Tahiyat Akhir Lengkap: Arab, Latin, Dan Artinya

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kananku, dan hisablah aku dengan hisab yang ringan.”

Saat membasuh tangan kiri, disunnahkan membaca:

“Allaahumma laa tu’thini bi syimaali, wa laa min waraa`i dzahri.”

Artinya: “Ya Allah, jangan Kau berikan kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kiriku, dan jangan pula diberikan dari balik punggungku.”

9. Membasuh Kepala

“Allaahumma harrim sya’ri wa basyari ‘ala an-naari wa adzilni tahta ‘arsyika yauma laa dzilla illa dzilluka.”

Artinya: “Ya Allah, halangi rambut dan kulitku dari sentuhan api neraka, dan naungi aku dengan naungan singgasana-Mu, pada hari ketika tak ada naungan selain naungan dari-Mu.”

10. Membasuh Leher

Membasuh leher ketika wudhu tentu bukan ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah, kecuali jika yang dimaksud adalah bagian tengkuk.

11. Membasuh Kedua Telinga

“Allaahumma ij’alni minalladziina yastami’ûnal qaula fayattabi’uuna ahsanahu.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang-orang yang mampu mendengar ucapan dan mampu mengikuti apa yang baik dari ucapan tersebut.”

12. Mencuci Kedua Kaki

Saat membasuh kaki kanan, disunnahkan membaca:

Doa Wudhu Lengkap dengan Gambar dan Video – “Allaahumma ij’alhu sa’yan masykuuran wa dzamban maghfuuran wa ‘amalan mutaqabbalan. Allaahumma tsabbit qadami ‘ala shiraathi yauma tazila fîhi al-aqdaam.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah (segenap langkahku) sebagai usaha yang disyukuri, sebagai penyebab terampuninya dosa dan sebagai amal yang diterima. Ya Allah, mantapkanlah telapak kakiku saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki yang tergelincir.”

cara berwudhu yang benar untuk wanita, do’a wudhu, gambar tata cara wudhu, gambar tatacara wudhu, doa wudhu lengkap pdf, gambar cara wudhu yg benar, bacaan wudhu lengkap, urutan wudhu yang benar, sebutkan tata cara wudhu yang benar,doa wudhu lengkap pdf, gambar cara wudhu yg benar, cara berwudhu yang benar untuk wanita, do’a wudhu, gambar tata cara wudhu, gambar tatacara wudhu, doa wudhu lengkap nu, doa wudhu lengkap dengan gambar bahasa arab, doa-doa wudhu lengkap dan artinya, doa wudhu lengkap latun, doa wudhu dan artinya bahasa sunda, cara berwudhu yang benar untuk wanita, do’a wudhu, gambar tata cara wudhu, gambar tatacara wudhu, doa wudhu lengkap pdf, gambar cara wudhu yg benar, bacaan wudhu lengkap, urutan wudhu yang benar, sebutkan tata cara wudhu yang benar,doa wudhu lengkap pdf, gambar cara wudhu yg benar, cara berwudhu yang benar untuk wanita, do’a wudhu, gambar tata cara wudhu, gambar tatacara wudhu, doa wudhu lengkap nu, doa wudhu lengkap dengan gambar bahasa arab, doa-doa wudhu lengkap dan artinya, doa wudhu lengkap latun, doa wudhu dan artinya bahasa sunda

Saat membasuh kaki kiri, disunnahkan membaca:

Baca Juga:  Bacaan Sholat 5 Waktu, Lengkap Mulai Dari Niat Sampai Salam

“Allaahumma innî a’uudzu bika an tanzila qadamî ‘anish-shiraathi yauma tanzilu fîhi aqdaamul munaafiqiin.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu, dari tergelincir saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki orang munafik yang tergelincir.”

13. Membaca Doa Setelah Wudhu

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j’alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya: “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat, dan jadikanlah saya orang yang suci, dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Demikianlah Doa Wudhu Lengkap dengan Gambar dan Video. Adapun untuk vidio doa wudhu bisa dilihat di sini. Semoga bermanfaat.

Kunjungi Indo Desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *