Agama, Doa  

Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Sholat memang menjadi salah satu ibadah utama bagi umat Islam. Namun, tidak berhenti di situ saja, bacaan tasbih adalah amalan yang penting bagi kita untuk melakukannya setelah menunaikan ibadah wajib lima waktu tersebut.

Kalimat tasbih ini memiliki makna menyucikan serta mengakui kemuliaan Allah. Dengan demikian, kita sebagai manusia adalah hambanya yang tunduk dan patuh. Tasbih tersebut juga berfungsi sebagai zikir untuk selalu mengingat Allah serta kebesaran-Nya.

Umumnya, umat Islam membaca kalimat tasbih serangkai dengan tahmid dan takbir. Rangkaian kalimat indah ini menjadi bacaan zikir yang biasa terlantun saat selesai shalat lima waktu, dalam bilangan tertentu.

Bacaan Tasbih Dan Keutamaan Dalam Melakukannya

Mengingat begitu besarnya makna bacaan tersebut, maka sebaiknya setiap umat Islam mengamalkannya dengan sepenuh hati. Kendati demikian, perlu terlebih dahulu memahaminya, yaitu sebagai berikut.

1. Lafadz Tasbih, Tahmid Dan Takbir

Sebagai suatu bacaan zikir, tasbih merupakan pujian bagi Allah. Berikut ini lafadz tasbih, tahmid, dan takbir, serta maknanya.

  • Tasbih:

سبحان الله

Subhanallah

Artinya: Maha Suci Allah

  • Tahmid

الحمد لله

Alhamdulillah

Artinya: Segala puji bagi Allah

  • Takbir

الله أكبر

Allahu Akbar

Artinya: Allah Maha Besar

Apabila merangkainya jadi satu, maka kalimatnya akan menjadi:

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪْ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠﻪْ ﻭَﻵ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪْ ﻭَﺍﻟﻠﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ,

Pelafalannya: Subhanallah walhamdulillah walaa ilaha ilallah Allahu akbar

Adapun arti dari kalimat ini adalah “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

Sungguh suatu kalimat yang mengagungkan nama-Nya.

2. Keutamaan Membaca Kalimat Tasbih

Sekadar melakukan zikir tersebut saja insyaallah sudah mendapatkan pahala. Namun akan lebih baik lagi jika kita memahami makna dan keutamaannya juga. Adapun keutamaan kalimat tasbih, tahmid, dan takbir adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Bacaan Sholat 5 Waktu, Lengkap Mulai Dari Niat Sampai Salam

a. Disukai Allah

Allah menyukai kalimat tasbih, tahmid dan takbir tersebut. Oleh sebab itulah, mengucapkannya sebagai zikir setelah sholat lima waktu merupakan hal yang sangat baik.

Adapun pengucapannya bisa dengan melantunkan “subhanallah” 33 kali. Lanjutkan dengan “Alhamdulillah” 33 kali. Kemudian “Allahu akbar” 33 kali. 

Bisa juga dengan mengucapkan ketiganya secara serangkaian sebanyak 33 kali.

b. Membuat Hati Tenteram

Keutamaan berikutnya dari kalimat tersebut adalah bisa membuat hati umat Islam yang mengamalkannya menjadi lebih tenteram. Pasalnya, zikir adalah ibadah mengingat Allah. Sementara itu, umat yang senantiasa berzikir akan merasakan ketenteraman.

c. Mendapatkan Ampunan Atas Segala Kesalahan

Selanjutnya, membaca kalimat thayyibah tersebut adalah salah satu cara memohon ampunan atas segala dosa. Pasalnya, salah satu keutamaan dari mengamalkannya adalah mendapatkan ampunan atas kesalahan di masa lalu.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah dari periwayat Al-Bukhari, yaitu:

“Barangsiapa membaca ‘Maha Suci Allah dan aku memujinya’ dalam sehari seratus kali, maka kesalahannya akan dihapuskan, sekalipun seperti buih air laut.” 

d. Bagai Mendapatkan Seribu Kebaikan

Keutamaan lain dalam melafalkan tasbih, tahmid, dan takbir adalah mendapatkan catatan seribu kebaikan atau terhapuskan seribu keburukan darinya. Tentu sangat saying jika mengabaikan hal ini, bukan?

e. Memperberat Timbangan Kebaikan

Rasulullah pernah bersabda yang diriwayatkan Al-Bukhari, yang artinya:

“Dua kalimat yang ringan di lidah, berat pahalanya di timbangan (hari kiamat), dan disukai oleh Tuhan yang maha pengasih adalah: ‘Subhanallaah wabi-hamdih, Subhanallaahil’azhiim’.”

Akhir Kata

Mengingat kalimat tasbih adalah salah satu zikir yang utama, maka sangat penting bagi kita sebagai umat untuk memahami dan kemudian mengamalkannya. Selanjutnya, berharap segala kebaikan dan keutamaan darinya akan menenteramkan hati.

Baca Juga:  Bacaan Setelah Sholat, Mohon Keberkahan dan Ampunan Allah

Demikianlah bacaan tasbih, tahmid dan takbir, serta keutamaannya. Semoga kita selalu mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam mengamalkannya setiap hari, serta mendapatkan pahala dari kalimat tersebut.

 

 

 

Referensi:

  1. https://muslim-okezone-com.cdn.ampproject.org/v/s/muslim.okezone.com/amp/2022/10/25/618/2694094/mengenal-bacaan-tasbih-yang-wajib-diketahui-dan-keutamaannya?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_ct=1672522979833&amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16725229757728&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fmuslim.okezone.com%2Fread%2F2022%2F10%2F25%2F618%2F2694094%2Fmengenal-bacaan-tasbih-yang-wajib-diketahui-dan-keutamaannya
  2. https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-704012238/lafal-bacaan-doa-tasbih-tahmid-dan-takbir-dalam-dzikir-komplit-setelah-sholat-lima-waktu-serta-keutamaan?_gl=1%2A5q266i%2A_ga%2Ab2tvdmVSaGFDNG81UHJtUEtVRkIyZDFtaDVFLXdVbE1IQ2k4NFRsVjFfby1kM1RJbENta2g2WEV0SDBVN3VmcA..
  3. https://news.detik.com/berita/d-5265918/bacaan-tasbih-takbir-tahmid-keutamaan-dan-manfaatnya
  4. https://muslim.or.id/22052-mengucapkan-tasbih-tahmid-takbir-setelah-shalat-wajib.html
  5. https://m-kumparan-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/bacaan-tasbih-tahmid-dan-takbir-pada-dzikir-setelah-sholat-dan-keutamaannya-1vgZFhYTyLR?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16725236044077&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Fberita-hari-ini%2Fbacaan-tasbih-tahmid-dan-takbir-pada-dzikir-setelah-sholat-dan-keutamaannya-1vgZFhYTyLR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *