Agama, Doa  

Niat Sholat Dzuhur, Ini Keutamaan dan Muslim Wajib Tahu!

Doa Tolak Bala

Seorang wajib memasang niat setiap kali hendak mengerjakan sholat lima waktu, termasuk sholat dzuhur. Dengan kata lain, niat sholat Dzuhur adalah bagian utama yang harus dikerjakan agar sholat Dzuhur menjadi lebih khusyuk dan sah.

Selain niat di awal sholat, mengetahui keutamaan sholat juga bisa membangkitkan semangat dan kekhusyukan sholat. Artikel ini merangkum informasi mengenai waktu, niat dan keutamaan melaksanakan sholat Dzuhur dari berbagai sumber.

1. Waktu Pelaksanaan Sholat Dzuhur

Sholat lima waktu dikerjakan sesuai waktunya masing-masing. Semua ulama sepakat bahwa sholat Dzuhur dikerjakan pada siang hari. Beberapa hadis yang menerangkan waktu sholat Dzuhur adalah:

  • Hadis dari Abdullah bin ‘Amru 

“Waktu sholat Dzuhur adalah jika matahari telah condong dan bayangan seseorang seperti panjangnya selama belum tiba waktu sholat Asar.” (H.R. Muslim).

  • Hadis dari Anas ibn Malik

“Jika kami shalat di belakang Rasulullah SAW pada shalat Zhuhur saat udara panas, kami sujud beralaskan pakaian kami untuk menghindari panasnya pasir.” (H.R. Bukhari: 509).

Dengan mengetahui waktu pelaksanaan sholat Dzuhur, Anda tidak salah waktu saat mengerjakannya. Selain waktu, hal lain yang perlu dipahami adalah lafaz niat yang harus dibaca dan dipasang dalam hati.

2. Lafaz Niat Sholat Dzuhur

Berdiri tegak menghadap kiblat dan berniat mengerjakan shalat adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda melaksanakan sholat. Niat merupakan rukun sholat sehingga sholat menjadi tidak sah jika salah atau tidak diawali dengan niat. 

Niat sholat letaknya di dalam hati. Anda bisa memilih untuk mengucapkannya atau memasangnya dalam hati saja. Yang perlu dicatat, sholat batal jika Anda mengubat niat, meskipun hal tersebut tidak diucapkan. 

Niat sholat yang diucapkan saat sholat sendirian berbeda dengan saat sholat sebagai makmum. Agar semakin khusyuk, Anda bisa menghafalkan dan memahami niat sholat Dzuhur berikut ini.  

Baca Juga:  Doa Niat Puasa Ketika Berbuka, Wajib, dan Sunnah

1. Niat mengerjakan sholat Dzuhur sendirian adalah:

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

“Ushallii fardhadz-Dzuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal-qiblati adaa-an lillaahi ta’aalaa.“ (“Aku berniat sholat fardu Dzuhur, empat rakaat, menghadap kiblat, karena Allah ta’ala.”)

2. Niat mengerjakan sholat Dzuhur sebagai makmum adalah:

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushallii fardhadz-Dzuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal-qiblati adaa-an ma’muuman lillaahi ta’aalaa.” (“Aku berniat sholat fardu Dzuhur, empat rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum karena Allah ta’ala.”)

Kekhusyukan mengerjakan sebuah amalan akan bertambah ketika seseorang mengetahui keutamaannya. Setelah mengetahui niat sholat Dzuhur, Anda bisa menyimak keutamaan sholat Dzuhur.

3. Keutamaan Sholat Dzuhur

Sholat Dzuhur adalah salah satu dari sholat lima waktu. Dalam sebuah hadis sahih riwayat Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW bersabda:bahwa orang yang menjaga sholat lima waktu akan mendapatkan cahaya dan keselamatan di hari kiamat. 

Manfaat sholat Dzuhur juga diungkap oleh Dr. Zaidul Akbar, salah seorang ulama dan pakar kesehatan terkenal. 

Menurutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegelisahan dan keresahan yang dialami penderita penyakit jantung meningkat pada waktu setelah dzuhur. Shalat Dzuhur bisa menjadi media bagi metabolisme tubuh.

Jika Anda ingin memiliki jantung yang tenang dan sehat, dirikan shalat Dzuhur tepat waktu. Menurut Zaidul Akbar, tidur singkat setelah sholat Dzuhur, kurang lebih 15-30 menit juga dapat dilakukan. 

Selain manfaat kesehatan di atas, sholat Dzuhur dapat menjadi cara untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah setengah hari beraktivitas. Anda dapat memanfaatkannya untuk memohon petunjuk dari Allah dengan lebih khusyuk.

Akhir Kata

Keutamaan dan niat sholat Dzuhur adalah hal penting yang perlu diketahui agar sholat Anda lebih khusyuk dan diterima. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga:  Cara Bersuci bagi Wanita yang Sedang Istihadhah Berdasarkan Hadist Nabi

 

 

Referensi

  • https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/1PANDUAN16/panduan_sholat.pdf
  • https://bondowoso.jatimnetwork.com/khazanah/pr-1824262035/8-keutamaan-shalat-dzuhur-salah-satunya-merupakan-hal-yang-pertama-akan-dihisab-di-akhirat?page=3
  • https://bondowoso.jatimnetwork.com/khazanah/pr-1824262035/8-keutamaan-shalat-dzuhur-salah-satunya-merupakan-hal-yang-pertama-akan-dihisab-di-akhirat?page=3
  • https://www.republika.co.id/berita/r6v9aq430/bacaan-niat-sholat-dzuhur-untuk-imam-dan-makmum-arab-latin-dan-artinya
  • https://bondowoso.jatimnetwork.com/khazanah/pr-1824262035/8-keutamaan-shalat-dzuhur-salah-satunya-merupakan-hal-yang-pertama-akan-dihisab-di-akhirat?page=3
  • https://www.islampos.com/keutamaan-shalat-dzuhur-244945/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *