Agama, Doa  

Bacaan Sholawat dan 10 Keutamaannya

Bacaan sholawat adalah sebentuk ungkapan rasa cinta umat Muslim terhadap Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT yang akan memberikan syafaat pada umatnya di hari akhir kelak.

Ada banyak bacaan sholawat yang bisa Anda amalkan setiap hari. Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasannya sampai selesai.

Bacaan Sholawat dan Keutamaannya

Sholawat nabi merupakan pujian sekaligus doa yang memiliki nilai pahala. Bukan hanya manusia, bahkan malaikat pun diperintahkan oleh Allah untuk bershalawat kepada Nabi.

1. Bacaan Sholawat

Ada berbagai macam sholawat nabi yang bisa Anda bacakan setiap waktu atau setelah selesai mengerjakan sholat. Berikut ini beberapa sholawat nabi:

  • Sholawat Nabi Ma’tsuroh

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Allahumma shalli ‘ala Muhammadin ‘abdika wa nabiyyika wa rasulika nabiyyil ummiyyi wa’alaa alihi washohbihi wasallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu dan utusanMu yang ummi, dan berikanlah rahmat kepada keluarga dan sahabatnya, dan juga limpahkan kesejahteraan atas mereka.”

  • Sholawat Nabi Ghairo Ma’tsuroh

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allaahumma shalli wasallim wa baarik ‘ala sayyidinaa muhmadil faatihi limaa ughliqa walkhaatimi limaa sabaqa wannashiril haqqa bilhaqqi walhaadii ilaa shirotim mustaqiim. Shalallahu ‘alaihi wa’alaa alihi wa ash-haabihi haqqa qadrihi wa miqdaarihil ‘azhiim.

 

Artinya: “Ya Allah, hadiahkanlah limpahan rahmat, kesejahteraan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sebagai pembuka sesuatu yang terkunci dan penutup para utusan  yang telah terdahulu. Dialah penolong kebenaran dengan kebenaran serta pemberi petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah limpahkan sholawat atas Nabi Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya dengan kekuasaan dan ukuran Allah yang Maha Agung.”

  • Sholawat Nabi Pendek
Baca Juga:  Bacaan Sholat 5 Waktu, Lengkap Mulai Dari Niat Sampai Salam

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa alii Ibrahim, innaka hamiidum majiid, wa baarik ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad kama baarakta ‘ala Ibrahim wa ali Ibrahim, innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat atas nabi Muhammad dan keluarganya seperti Engkau melimpahkan sholawat ke atas keluarga Ibrahim dan limpahkanlah keberkahan atas nabi Muhammad dan keluarganya seperti Engkau melimpahkan keberkahan atas keluarga Ibrahim di antara yang lain. Ya Allah, segala puji sesungguhnya hanya milik-Mu, Tuhanku yang Maha Mulia”.

2. Keutamaan Membaca Sholawat

Terdapat banyak keutamaan membaca sholawat, mulai dari meningkatkan derajat dan kebaikan, menambah pahala, memberikan keampunan atas dosa sampai menghapus keburukan. Selain itu, masih banyak lagi keutamaan yang bisa didapat apabila rutin membaca shalawat, diantaranya sebagai berikut:

  • Mendapatkan balasan shalawat dari Allah SWT
  • Mendapatkan sambutan shalawat dari Rasulullah SAW
  • Malaikat turut membaca sholawat
  • Mendapat syafaat dari Rasulullah SAW
  • Meningkatkan derajat
  • Memperoleh pahala
  • Memperoleh ampunan dosa
  • Menjadi penghibur di alam kubur
  • Mengalirkan keberkahan
  • Menghapuskan kefakiran

Akhir Kata

Bacaan sholawat adalah salah satu amalan yang memiliki nilai pahala dan kebaikan yang banyak. Selain itu, rutin bersholawat akan menjadi bukti rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW.

 

 

 

Referensi:

  • https://www.google.com/amp/s/wolipop.detik.com/hijab-update/d-6287650/5-bacaan-sholawat-nabi-pendek-agar-banyak-rezeki/amp
  • https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6378782/bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw-arab-latin–artinya/amp
  • https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/bacaan-sholawat/amp/
  • https://m.merdeka.com/jateng/10-keutamaan-membaca-shalawat-nabi-meningkatkan-derajat-hingga-menghapuskan-dosa-kln.html?page=2
  • https://amp.suara.com/news/2022/01/10/192559/5-keutamaan-membaca-sholawat-nabi-bacalah-rutin-agar-mendapat-banyak-syafaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *