Agama, Doa  

Niat Sholat Istikharah Serta Tata Cara dan Doa-nya

Niat Mandi Idul Fitri

Sholat istikharah adalah sholat yang dilakukan untuk memperoleh petunjuk dari Allah SWT atas suatu pilihan guna menghilangkan keraguan dan tidak ada rasa kecewa di kemudian hari. Orang yang melakukan sholat istikharah biasanya memiliki beberapa pilihan yang harus segera diputuskan. 

Agar tidak salah pilih, maka memohon petunjuk dari Allah melalui sholat sunnah ini. Nah, bagi Anda yang juga bimbang atas suatu pilihan, bisa menyimak panduan sholat sunnah istikharah disini.

Sholat Istikharah

Sholat istikharah merupakan salah satu ikhtiar seseorang dalam menentukan suatu pilihan yang akan berpengaruh di dalam hidupnya, misalnya memilih tempat kerja, memilih jodoh dan lainnya. Untuk melaksanakan sholat sunnah ini tentu ada tata caranya, yaitu sebagai berikut.

1. Niat Sholat Istikharah

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum melaksanakan sholat sunnah istikharah, yaitu niatnya. Berikut niat sholat sunnah istikharah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal istikhaarati rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat mengerjakan sholat sunnah istikharah sebanyak dua rakaat karena Allah taala.”

2. Tata Cara Pelaksanaan Sholat Sunnah Istikharah

Cara melaksanakan sholat sunnah istikharah sama seperti sholat lainnya. Hanya berbeda pada bacaan niat serta tambahan doa dalam sholat sunnah tersebut. Sholat sunnah ini terdiri dari dua rakaat dan satu salam, berikut tata caranya:

  • Membaca niat shalat sunnah istikharah
  • Takbiratul ihram
  • Membaca surah al-Fatihah
  • Membaca surah didalam al-Quran (dianjurkan membaca surah al-Kafirun pada rakaat pertama dan al-Ikhlas pada rakaat kedua)
  • Ruku
  • I’tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri untuk rakaat kedua dan lakukan seperti pada rakaat pertama
  • Tahiyat akhir
  • Salam

3. Doa Sholat Sunnah Istikharah

Setelah salam, lanjut dengan melakukan zikir dan doa. Berikut doa sholat sunnah istikharah:

Baca Juga:  Niat Sholat Dzuhur, Ini Keutamaan dan Muslim Wajib Tahu!

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ …. خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Allahumma inni astakhiiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka biqudrotika, wa asaluka mimfadhlikal ‘azhimi, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru, wata’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allamul ghuyuub.

Allahumma ingkunta ta’lamu haadzal amro… (sebut permasalahannya) khoirullii fii diini wama’aasyii wa ‘aqibati amrii faqdurhulii wayassirhulii, tsumma baariklii fiih, wa ingkunta ta’lamu anna haadzal amro syarrulli fii diinii wama’asyii, wa’aqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu, waqdurlil khairo haitsu kaana tsumma ardhinii bih.

 Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon sebuah pilihan terbaik kepadaMu berdasarkan ilmu pengetahuanMu dan aku memohon kekuasaanMu (untuk menyelesaikan permasalahanku) dengan Kemaha kuasaanMu. Aku meminta kepadaMu atas sesuatu dari anugerahMu yang Maha Agung. Sesungguhnya Engkau yang Maha Kuasa sedangkan aku tiada kuasa, Engkau mengetahui sedangkan aku tiada mengetahuinya dan Engkau adalah Maha mengetahui hal yang ghaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa persoalan ini (sebutkan permasalahannya) lebih baik dalam agamaku dan akibatnya terhadap diriku, maka sukseskan untukku, mudahkan jalannya kemudian berkahilah. 

Namun, jika Engkau mengetahui bahwa permasalahan ini lebih berbahaya untukku dalam agama, perekonomian serta akibatnya terhadap diriku, perekonomian serta akibatnya terhadapku, maka singkirkan persoalan tersebut dan jauhkan aku daripadanya. Takdirkan kebaikan untuk diriku dimanapun kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Baca Juga:  Doa Sholat Dhuha: Pengertian, Manfaat dan Bacaan

Akhir Kata

Sholat istikharah adalah salah satu jalan atas kebimbangan yang tengah dihadapi oleh seorang hamba dalam memutuskan suatu persoalan. Anda pun bisa mengerjakan ibadah sunnah ini untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang mengganjal di dalam hati.

 

 

 

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/news/2021/08/25/220204/shalat-istikharah-yang-benar-tata-cara-niat-doa-waktu-terbaik-dan-hukumnya

https://suarapemerintah.id/2022/10/cara-sholat-istikharah-doa-niat-dan-cara-melaksanakan-istikharah/

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/detikpedia/d-6118616/sholat-istikharah-pengertian-tata-cara-dan-waktu-terbaiknya/amp

https://m.merdeka.com/trending/doa-setelah-sholat-istikharah-lengkap-beserta-cara-minta-petunjuk-yang-benar-kln.html?page=2

https://www.tvonenews.com/religi/88495-doa-sholat-istikharah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *