Agama, Doa  

Niat Sholat Maghrib, Perintah, Waktu, dan Muslim Wajib Tahu!

Bacaan Surat Yasin Ayat 81-83 Beserta Artinya

Mendirikan sholat adalah salah satu rukun Islam. Artinya, setiap muslim yang telah baligh wajib mendirikan sholat lima waktu, termasuk sholat Maghrib. Niat sholat Maghrib adalah bagian utama yang dikerjakan agar sholat Maghrib menjadi sah.

Meskipun niat adalah hal pertama dan utama, mendirikan sholat Maghrib tidak melulu soal niat. Artikel ini merangkum informasi mengenai perintah, waktu, dan niat melaksanakan sholat Maghrib dari berbagai sumber.

1. Perintah Sholat Maghrib

Salah satu surah dalam Al-Quran yang berisi perintah untuk mendirikan sholat adalah surah Al-Isra’ ayat 78. Dirikanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh! Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat). 

Ayat tersebut menyebutkan bahwa waktu sholat dimulai dari waktu tergelincirnya matahari (duluukissyams) hingga waktu gelapnya malam (ghasyaqillail) serta pada waktu yang bersamaan dengan terbitnya fajar (qur’aanalfajr).

Frasa “gelapnya malam” dalam ayat tersebut menunjukkan waktu pelaksanaan sholat Maghrib dan Isya. Pengetahuan tentang batas waktu pelaksanaan sholat ini menjadi penting agar waktu sholat Maghrib tidak berselisih dengan sholat Isya.

2. Waktu Pelaksanaan Sholat Maghrib

Sholat fardu (wajib) dilaksanakan menurut waktunya masing-masing. Maghrib memiliki arti waktu dan arah tempat tenggelamnya matahari. Karenanya, para ulama menyepakati awal waktu sholat Maghrib adalah ketika matahari telah tenggelam.

Sementara itu, ada perbedaan pendapat mengenai akhir waktu sholat Maghrib. Namun, pendapat yang mengatakan bahwa akhir waktu maghrib adalah ketika telah hilang sinar merah ketika matahari tenggelam diyakini lebih tepat.

Pendapat ini mendasarkan pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. “Waktu sholat maghrib adalah selama belum hilang sinar merah ketika matahari tenggelam.” (HR. Muslim No. 612).

Baca Juga:  Niat Wudhu Beserta Syarat Sah dan Tata Caranya

Umat Islam diperintahkan untuk menyegerakan pelaksanaan sholat Maghrib. Keutamaan untuk menyegerakannya disebutkan pada hadis Nabi dari sahabat ‘Uqbah bin ‘Amir ra,

“Umatku akan senantiasa dalam kebaikan (atau fitrah) selama mereka tidak mengakhirkan waktu sholat Maghrib hingga munculnya bintang (di langit)” (HR. Abu Dawud No. 414).

Dengan memahami waktu pelaksanaan sholat Maghrib, niat Anda tidak salah waktu. Hal penting lain yang perlu dipahami adalah lafaz niat sholat Maghrib. Dengan demikian, Anda tidak salah niat.

3. Lafaz Niat Sholat Maghrib

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda sudah siap melaksanakan sholat adalah berdiri tegak menghadap kiblat dan berniat mengerjakan shalat. Niat sholat harus sesuai dengan sholat akan dikerjakan. 

Niat adalah rukun sholat, artinya sholat menjadi tidak sah jika salah niat. Perlu diingat, sholat menjadi batal jika Anda mengubah niat.

Niat sholat ada di dalam hati sehingga Anda bisa mengucapkannya atau tidak. Namun, saat berdiri menghadap kiblat, pastikan Anda benar-benar berniat melaksanakannya. 

Niat sholat yang dikerjakan sendirian berbeda dengan salat yang dikerjakan secara berjamaah sebagai makmum. Agar semakin mantap, Anda bisa menghafalkan dan memahami niat sholat Maghrib berikut ini.  

1. Niat Sholat Maghrib yang Dikerjakan Sendirian

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

“Ushallii fardhal-maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal-qiblati adaa-an lillaahi ta’aalaa.“ (“Aku berniat sholat fardu Maghrib, tiga rakaat, menghadap kiblat, karena Allah ta’ala.”)

2. Niat Sholat Maghrib yang Dikerjakan Sendirian

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushallii fardhal-maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal-qiblati adaa-an ma’muuman lillaahi ta’aalaa.” (“Aku berniat sholat fardu Maghrib, tiga rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum karena Allah ta’ala.”)

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Bojonegoro Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Akhir Kata

Niat sholat Maghrib adalah hal yang menentukan sah atau tidaknya sholat Maghrib. Semoga informasi di atas menambah pemahaman tentang hal tersebut.

 

 

 

Referensi

  • https://kemenag.go.id/read/salat-lima-waktu-dalam-al-qur-an-y5jk8
  • https://www.republika.co.id/berita/r6v9vy430/bacaan-niat-sholat-maghrib-untuk-imam-dan-makmum-arab-latin-dan-terjemahannya
  • https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/1PANDUAN16/panduan_sholat.pdf
  • https://muslim.or.id/6258-waktu-waktu-shalat.html#Shalat_Maghrib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *