Agama, Doa  

Bacaan Surat Yasin Ayat 81-83 Beserta Artinya

Bacaan Surat Yasin Ayat 81-83 Beserta Artinya

Bacaan surat yasin adalah surat ke 36 dalam al-Quran dan berjumlah 83 ayat. Di dalam beberapa hadis, surah yang turun di Mekah atau disebut surah Makiyah ini memiliki kedudukan sebagai kalbunya al-Quran.

Membaca dan mengetahui makna dari suatu ayat di dalam al-Quran, termasuk surat yasin bisa menjadi jalan untuk menambah keimanan. Bagi Anda yang sedang mencari bacaan surat yasin ayat 81-83 beserta arti dan kandungannya, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Bacaan Surat Yasin Ayat 81-83 dan Kandungannya

Di dalam ayat 81-83 surat yasin menjelaskan tentang kekuasaan Allah dalam menjadikan sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya. Berikut surat yasin ayat 81-83 dan kandungan ayatnya.

1. Surat Yasin Ayat 81-83

Berikut ini bacaan dari surat yasin ayat 81 sampai ayat 83:

  • Ayat 81

 أَوَلَيْسَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِقَادِرٍ عَلَىٰ أَنْ يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ ۚ بَلَىٰ وَهُوَ الْخَلَّاقُ الْعَلِيمُ

Awalaisal ladzi khalaqas samaawaati wal ardha biqoodirin ‘ala ayyakhluqa mitslahum, balaa wa huwal khallaqul ‘aliim.

“Dan bukankah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, kemudian mampu menjadikan kembali yang serupa akan hal itu (jasad mereka yang sudah hancur itu)? Benar, dan Dialah Maha Pencipta, lagi Maha Mengetahui.”

  • Ayat 82

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Innamaa amruhuu idzaa arodasyai-an ayyaquula lahu kun fayakuun.

Artinya: “Sesungguhnya, urusan-Nya jika Dia menghendaki sesuatu hal, maka dia cukup berkata kepadanya, “jadilah!”, maka jadilah sesuatu itu.”

  • Ayat 83

فَسُبۡحَٰنَ ٱلَّذِى بِيَدِهِۦ مَلَكُوتُ كُلِّ شَىۡءٍ وَإِلَيۡهِ تُرۡجَعُونَ

Fasubhaanalladzi biyadihii malakutu kulli syai-iw wailaihi turja’un.

Artinya: “Maka, Maha Suci Allah yang di tangan-Nya lah kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya lah kamu kelak dikembalikan.”

Baca Juga:  Enam Pilihan Bacaan Rukuk yang Diajarkan Rasulullah

2. Kandungan Surat Yasin Ayat 81-83

Di dalam surat Yasin Ayat 81-83 ini, Allah mengemukakan pertanyaan kepada orang-orang yang tidak percaya dengan adanya hari kebangkitan. Jika mereka percaya bahwa Allah kuasa menjadikan langit dan bumi, mengapa Allah tiada kuasa pula menciptakan sesuatu yang serupa dengan itu. 

Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir, Allah berfirman mengabarkan dan mengingatkan mengenai kekuasaan-Nya yang agung dalam menjadikan tujuh lapis langit dan yang terkandung di dalamnya berupa bintang-bintang yang beredar dan tetap. Serta menjadikan tujuh lapis bumi dan apa yang terkandung di dalamnya berupa gunung-gunung, batu-batuan, lautan, hutan dan juga isinya.

Sesungguhnya untuk menciptakan segala sesuatu sangat mudah bagi Allah. Jika Ia menghendaki untuk menjadikan sesuatu, Ia hanya berkata padanya, ‘jadilah’ maka dengan serta merta jadilah sesuatu yang dikehendaki-Nya itu.

Itulah Allah yang Maha Kuasa, Maha Suci Allah yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala yang ada di alam ini. Dialah yang menciptakan, mengatur dan memeliharanya, dan hanya kepada-Nya kamu kembali.

Apabila manusia mau memperhatikan alam semesta ini dengan menggunakan akal sehatnya, maka akan muncul keyakinan di dalam hati akan kekuasaan Allah.

Jika pada akhir ayat surat yasin ini, Allah menjelaskan tentang keesaan dan kekuasaan-Nya pada hari kiamat, pada permulaan surat ini Allah menegaskan akan bukti kekuasaan-Nya di alam raya.

Akhir Kata

Bacaan surat yasin adalah amalan yang sangat baik dirutinkan setiap malam Jumat, agar memperoleh pahala di sisi Allah. Rutin membaca surat yasin juga akan menambah keimanan kita akan kekuasaan Allah SWT. Demikian penjabaran isi kandungan dari surat yasin ayat 81-83.

 

 

Referensi:

https://surat-yasin.com/surat-yasin-2-ayat-terakhir-ayat-82-83/

https://www.google.com/amp/s/sumbar.inews.id/amp/berita/bacaan-surat-yasin-arab-latin-beserta-artinya-keutamaan-lengkap-dengan-doanya

https://pecihitam.org/surah-yasin-ayat-81-83-terjemahan-dan-tafsir-al-quran/

Baca Juga:  Bacaan Sujud Sahwi, Artinya Dan Waktu Melaksanakannya

https://tafsirweb.com/8039-surat-yasin-ayat-83.html

https://tafsirweb.com/8038-surat-yasin-ayat-82.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *