Agama, Doa  

Tata Cara dan Doa Tahajjud yang Harus Diamalkan

Doa Makan dan Minum,

Doa tahajjud adalah doa yang perlu diamalkan setiap kali selesai melaksanakan sholat sunnah tahajjud. Setiap kali Anda selesai mengerjakan amalan ini, sangat dianjurkan untuk membaca doa karena ada banyak keistimewaan yang bisa didapatkan dengan membaca doa sholat tahajjud.

Sholat tahajjud dianggap sebagai salah satu ibadah sholat sunnah yang paling istimewa. Dalam Al-Qur’an disebutkan orang yang melakukan sholat tahajjud bisa membuatnya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT. Kerjakan sholat tahajjud dengan baik, pahami tata cara sholat yang benar dan amalkan doanya.

Mengenal Sholat Tahajjud dan Doa Tahajjud

Sholat tahajjud adalah sholat sunnah yang bisa didirikan saat sepertiga malam awal, di tengah, ataupun di akhir. Tahajjud menjadi sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena banyak keberkahan di dalamnya. Supaya lebih khusyu ketahui tata cara sholat tahajjud dan doanya dengan baik.

Tata Cara Sholat Tahajjud

Sholat tahajjud adalah salah satu sholat sunnah yang paling utama untuk dilaksanakan karena pahala dan karunia yang didapatkan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan tata cara sholat tahajjud agar keberkahan yang diterima bisa maksimal. Berikut tata cara sholatnya:

  1. Membaca niat sholat tahajjud.
  2. Takbiratul ihram dan membaca doa iftitah.
  3. Dilanjutkan membaca Surah Al-Fatihah dan surah-surah pendek di Al-Quran.
  4. Ruku’ dan membaca doanya.
  5. I’tidal dan membaca doanya.
  6. Sujud dan membaca doanya.
  7. Duduk di antara dua sujua dan membaca doanya.
  8. Sujud kedua dan membaca doanya.
  9. Kemudian, berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua.
  10. Duduk tasyahud akhir dan membaca doanya.
  11. Salam
  12. Membaca doa sholat tahajjud.

Sholat tahajjud adalah sholat sunnah yang dilaksanakan di waktu sepertiga malam. Waktu pelaksanaannya bisa dilakukan mulai dari setelah sholat isya hingga waktu subuh tiba.

Baca Juga:  Benarkah Wanita Tidak Boleh Bekerja?

Untuk jumlah rakaat sholat tahajjud, disebutkan jumlah rakaat dalam sholat tahajud yang sesuai dengan Rasulullah yaitu sepuluh rakaat dan ditambah sholat witir tiga rakaat, berdasarkan hadits riwayat Muslim dari Zaid bin Khalid dan Ibnu Abbas 

Dilihat dari riwayat lain yaitu Bukhari dan Muslim, dari Aisyah Radhiallahu Anha menjelaskan Rasulullah melaksanakan tahajud sebelas rakaat dan sudah dengan witir.

Doa Sholat Tahajjud

Setelah selesai melakukan ibadah sholat tahajjud, Anda dianjurkan untuk membaca doa. Doa sholat tahajjud bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan limpahan rezeki, perlindungan, dan dikabulkannya doa. Berikut adalah doa sholat tahajjud:

للهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawti wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu antal haq.

Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.

Baca Juga:  Doa Sholat Dhuha: Tata Cara Dan Waktu Sholat Dhuha

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya: “Ya Allah, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit dan bumi, serta segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi serta segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar.

Perjumpaan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu adalah benar. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Nabi-nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, kepada-Mu aku berserah diri. kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. 

Ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan maupun yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Akhir Kata

Itulah informasi singkat mengenai tata cara sholat tahajjud dan doanya. Doa tahajjud adalah doa yang dibaca sebagai bentuk permohonan seorang hamba kepada Allah agar dikabulkan doanya. Maka, berdoalah untuk kebaikan dunia dan akhirat karena sholat tahajjud momen yang tepat untuk berdialog dengan Allah.

 

 

Sumber Referensi:

  • https://wakalahmu.com/artikel/dunia-islam/waktu-sholat-tahajud-terbaik-tata-cara-niat-dan-doa-sholat-tahajud
  • https://zakat.or.id/doa-sholat-tahajud/#Tata_Cara_Sholat_Tahajud
  • https://www.gramedia.com/literasi/doa-tahajud/#Doa_Setelah_Shalat_Tahajud
  • https://iqra.republika.co.id/berita/riz7wc366/doa-sholat-tahajud-lengkap-dengan-latin-dan-terjemahan#:~:text=Allaahumma%20laka%20aslamtu%2C%20wa%20bika,maa%20anta%20a’lamu%20bihiminnii.
  • https://www.dream.co.id/stories/doa-sholat-tahajud-latin-lengkap-dengan-terjemahan-dan-cara-mengerjakannya-2011245.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *