Agama, Doa  

Sholat Witir dan Doa Witir, Sholat Sunnah Penutup Malam

Susunan Bacaan Tahlil dan Doa Tahlil Beserta Artinya

Doa witir adalah bacaan yang dibaca setelah salam selesai melaksanakan sholat witir. Setelah selesai melaksanakan sholat witir, jangan langsung meninggalkan tempat sholat, Anda dianjurkan untuk membaca doa karena banyak keistimewaan yang bisa didapatkan dengan membaca doa sholat witir.

Sholat witir dilakukan sebagai penutup sholat di hari itu, jika Anda sudah tidak melaksanakan sholat sunnah lagi, maka dianjurkan untuk menutup rangkaian ibadah hari itu dengan sholat witir. Sholat yang dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil dan paling sedikit 1 rakaat.

Mengenal Sholat Witir dan Doa Witir

Sholat witir adalah sholat sunnah yang dilakukan sebagai penutup ibadah lainnya. Berikut adalah pengertian dari sholat witir, cara mengerjakannya, dan juga doa yang dibaca setelah sholat witir.

Pengertian Sholat Witir

Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dengan jumlah rakaat ganjil. Paling sedikit dikerjakan dengan satu rakaat dan paling banyak 11 rakaat. Jumlah rakaat 11 inilah yang dikerjakan oleh Rasulullah, sebagaimana dinyatakan oleh Aisyah ra yang artinya:

“Tidaklah pernah Rasulullah SAW, melebihi sholat malam (witir) melebihi dari sebelas rakaat.”

Hukum melaksanakan sholat witir adalah sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan oleh umat Islam. Waktu pengerjaan dimulai dari setelah sholat isya hingga menjelang sholat subuh. Pada Bulan Ramadhan, sholat ini dikerjakan setelah sholat tarawih.

Siapa saja umat Islam yang melaksanakan sholat sunnah witir, Allah SWT menjanjikan pahala yang besar. Keutamaan sholat ini disebutkan juga lebih baik daripada unta merah yang memiliki tinggi.

Keutamaan sholat witir yang perlu diketahui adalah diijabahnya segala doa, semakin dicintai oleh Allah SWT, menyempurnakan sholat malam, suatu ibadah yang disaksikan oleh para malaikat, sebagai tambahan sholat, dan amalan yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga:  Doa Sesudah Sholat dan Keutamaan di Dalamnya

Cara Mengerjakan  Sholat Witir

Sholat sunnah witir biasanya dikerjakan sebanyak 1 rakaat atau lebih, boleh dikerjakan dengan dua rakaat satu salam dan yang terakhir satu rakaat satu salam. Misalnya, Anda mengerjakan sholat witir 7 rakaat, cara mengerjakannya adalah dua rakaat satu salam 3 kali dan terakhir ditambah dengan satu rakaat satu salam.

Jika ingin mengerjakan sholat witir 3 rakaat, maka boleh juga dikerjakan dengan satu salam tanpa tasyahud awal. Sholat witir yang dilaksanakan sesudah tanggal 15 Ramadhan, disunahkan untuk membaca doa qunut pada rakaat terakhir sesudah i’tidal.

Doa Sholat Witir

Setelah selesai melakukan ibadah sholat sunnah witir, Anda sangat dianjurkan untuk membaca doa sholat witir. Berikut adalah bacaan doanya:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman,

Wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya: “Ya Allah, ya Tuhan kami, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu (mohon diberi) iman yang tetap, dan kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, dan kami memohon kepada-Mu diberi ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu ditetapkan keyakinan yang benar.

Baca Juga:  Doa Penutup Majelis dengan Segudang Keutamaan yang Diperoleh

Dan kami memohon kepada-Mu (dapat melaksanakan) amal yang shaleh, dan kami memohon kepada-Mu tetap dalam agama yang lurus, dan kami memohon kepada-Mu diberikan kebaikan yang banyak, dan kami memohon kepada-Mu memperoleh ampunan dan kesehatan.

Dan kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, dan kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu kecukupan dari semua manusia.

Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Ya Allah, ya Allah, ya Allah Dzat yang Maha Pengasih dan Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, yaitu Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua. Dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Akhir Kata

Itulah informasi singkat mengenai sholat witir, cara mengerjakan, dan doanya. Doa witir adalah doa yang dibaca sebagai bentuk permohonan kepada Allah supaya selalu diberikan keberkahan. Mari, tutup hari ini dengan melaksanakan ibadah sholat witir.

 

 

Sumber Referensi:

  • https://www.liputan6.com/islami/read/4530478/doa-setelah-mengerjakan-salat-witir-arab-latin-dan-artinya
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6050845/doa-setelah-salat-witir-lengkap-dengan-arab-latin-dan-terjemahannya
  • https://www.merdeka.com/jateng/bacaan-doa-witir-lengkap-beserta-arti-dan-tata-cara-pelaksanaannya-kln.html
  • https://plus.kapanlagi.com/bacaan-setelah-sholat-witir-beserta-susunan-wirid-dan-doa-lengkap-f1e3c8.html
  • https://www.dream.co.id/stories/tata-cara-sholat-witir-1-rakaat-keutamaan-lafal-niat-dan-doa-220128z.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *