Agama, Doa  

Doa Sesudah Makan dan Adab Makan dalam Islam

Niat Sholat Ashar

Makan dan minum menjadi kebutuhan pokok manusia dalam beribadah dan beraktivitas. Doa sesudah makan adalah satu bentuk syukur manusia kepada Allah SWT. 

Selain itu, berdoa sesudah makan tujuannya agar makanan yang kita makan mendapatkan keberkahan. Dengan membaca doa setelah makan sesuai sunnah, umat Islam bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.

Allah SWT telah memberikan rezeki kepada hamba-Nya dengan berbagai cara, salah satunya adalah makanan. Inilah sebabnya mengapa sebagai umat Islam dianjurkan untuk membaca doa setelah makan.

Adab Makan Serta Bacaan Doa Sesudah Makan 

Tidak hanya doa sesudah makan, ada juga adab makan dan minum yang wajib dilakukan dalam Islam. Dalam Islam, semua kegiatan memiliki adabnya masing-masing termasuk juga makan dan minum.

  • Membaca Doa Sesudah Makan

Dengan membaca doa setelah makan, umat Islam bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan SWT. 

Seperti yang disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim setelah makan dapat dilakukan dengan mengucapkan Tahmid (Alhamdulillah). Nabi SAW bersabda:

‘Sesungguhnya Allah Ta’ala menyukai hamba-Nya yang mengucapkan Tahmid setelah makan dan minum (HR. Muslim)’.

Sementara itu, umat Islam juga bisa membaca doa sesudah makan. Berikut doa sesudah makan yang wajib dibaca:

  • اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

‘Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin ‘.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberi kita makan dan minum, dan menjadikan kami Muslim.

Inilah berbagai adab makan dan minum Islami yang harus Anda ikuti:

  • Mengonsumsi yang Halal

Sebagai seorang muslim, wajib makan dan minum yang halal. Jadi makanan apa saja yang dianggap halal?

Menurut Halal MUI, apapun yang disembelih atau diolah atas nama Allah SWT wajib dikonsumsi sebagai seorang muslim.

  • Mencuci Tangan

Tangan yang kotor dapat menularkan virus, bakteri, atau lainnya. Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum makan, Anda bisa menyebarkan virus dan bakteri ke makanan yang akan Anda makan.

Baca Juga:  Adab dan Lafaz Doa Keluar Rumah, Muslim Wajib Ingat

Islam telah lama menganjurkan mencuci tangan sebelum makan untuk menghindari kotoran dan bakteri. Menjaga tangan kita bersih mencegah keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri di tangan kita.

  • Membaca Doa Sebelum Makan

Membaca doa sebelum makan merupakan tanda syukur kepada Allah SWT. Dan juga memohon keberkahan dari-Nya agar makanan yang Anda makan dapat mendatangkan keberkahan.

  • Makan dengan Tangan Kanan

Kegiatan Anda sering melakukan hal-hal kotor dengan tangan kiri, seperti membersihkan kotoran. Selain kotor, ada setan yang tinggal di sana. 

Selain sopan santun, menggunakan tangan kanan juga menghindari setan memakan makanan dan menghindari perilaku setan makan dengan tangan kiri.

Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin juga mengatakan: ‘Makan dan minum dengan tangan kiri mengandung unsur kebencian dan tidak bertentangan dengan syariat Islam’.

  • Duduk Saat Makan

Mungkin Anda sering diberi tahu bahwa makan sambil berdiri itu tidak baik hal ini dianggap sebagai bentuk ketidaksopanan. Namun, ada alasan ilmiah mengapa orang dianjurkan untuk duduk sambil makan.

Ternyata, sistem pencernaan manusia tidak bisa berfungsi dengan baik saat berdiri. Baik itu usus, lambung atau ginjal bekerja optimal untuk pencernaan saat seseorang sedang duduk. Ini dapat mencegah orang dari penyakit pencernaan dan rasa kenyang yang berlebihan.

  • Jangan Berbicara Saat Makan

Berbicara sambil makan tidak hanya tidak sopan, tetapi juga dapat menyebabkan Anda muntah,bisa tersedak makanan. Sebaiknya habiskan makanan Anda sebelum berbicara dengan orang lain.

  • Tidak Meniup Makanan 

Terkadang saat kita sedang makan, makanan di depan kita begitu panas sehingga kita meniupnya. Sebenarnya, ini bukan perilaku yang baik karena meniup makanan ini dapat menyebabkan air liur keluar dari mulut dan menyembur. 

  • Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Selanjutnya adab makan islami yaitu berhenti makan sebelum kenyang. Nabi SAW tidak menganjurkan orang untuk makan berlebihan.

Baca Juga:  Doa Setelah Haid dan Cara Mandi yang diajarkan Rasulullah

Akhir Kata

Doa sesudah makan adalah ucapan syukur kepada Allah SWT atas berkah makanan yang telah kita terima dan santap. Ingatlah selalu untuk berdoa sebelum makan agar makanan yang akan disantap menjadi berkah bagi jiwa raga kita.

 

 

Sumber Referensi:

  • https://www.inews.id/lifestyle/muslim/adab-makan-dan-minum/2
  • https://www.orami.co.id/magazine/adab-makan-dan-minum
  • https://berita.99.co/bacaan-doa-sebelum-dan-sesudah-makan/
  • https://www.gramedia.com/literasi/doa-sebelum-makan/
  • https://www.merdeka.com/jateng/doa-sesudah-makan-sesuai-sunnah-lengkap-beserta-arti-dan-adabnya-kln.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *