Agama, Doa  

Doa Duduk di Antara Dua Sujud dan Makna di Dalamnya

Doa Duduk di Antara Dua Sujud

Duduk di antara dua sujud adalah salah satu gerakan yang biasanya dilakukan oleh umat muslim saat sholat. Yaitu gerakan yang dilakukan setelah sujud pertama dan sebelum melakukan sujud kedua. Saat melakukan hal ini, ada doa khusus yang wajib dibaca. Untuk itu, doa duduk di antara dua sujud adalah lafaz yang sebaiknya Anda ketahui.

Sebagai seorang muslim, Anda tentu mengetahui bahwa setiap gerakan di dalam sholat memiliki bacaannya masing-masing. Demikian halnya dengan gerakan duduk di antara dua sujud. Semua bacaan pada setiap gerakan tersebut wajib untuk dihafalkan oleh umat muslim itu sendiri.

Mengetahui Gerakan Duduk di Antara Dua Sujud

Duduk iftisary adalah nama lain dari duduk di antara dua sujud yang dalam sebuah hadits telah dijelaskan oleh Abu Dawud bahwa cara melakukan gerakan tersebut yaitu dengan tumpuan kaki.

Dari Rifaโ€™ah bin Rafi, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

โ€Apabila bersujud, sujudlah dengan cara meletakkan seluruh anggota sujud. Jika bangkit dari duduk, maka duduklah bertumpu pada kaki kiri.โ€ (Hadits riwayat Abu Dawud).

Cara Melakukan Gerakan Duduk di Antara Dua Sujud

Salah satu rukun di dalam sholat adalah duduk di antara dua sujud. Sehingga hal ini wajib untuk dilakukan. Cara duduk sesuai contoh dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam yaitu membentangkan kaki kiri, lalu duduk di atas telapak kaki sebelah kiri tersebut dan menghadapkan serta menegakkan telapak kaki kanan ke arah kiblat.

Doa Duduk di Antara Dua Sujud

Adapun lafaz duduk di antara dua sujud yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut:

ุฑุจ ุงุบู’ููุฑู„ูŠ ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูู‰ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠ ูˆูŽุงุฑู’ููŽุนู’ู†ููŠ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูู‰ ูˆูŽุงู‡ู’ุฏูู†ูู‰ ูˆูŽุนูŽุงููู†ูู‰ ูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ูู‘ู‰

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.
Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berikanlah rezeki dan petunjuk bagiku.

Baca Juga:  Doa Makan dan Minum, Adab, Serta Keutamaannya

Diketahui dari riwayat At Tirmidzi ada doa dalam versi lainnya untuk duduk di antara dua sujud. Abdullah bin Abbas radhiallahu โ€˜anhu berkata,

ย ุฃู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุจูŠูŽู‘ ุตู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนู„ูŽูŠู‡ู ูˆุณู„ูŽู‘ู…ูŽ ูƒุงู†ูŽ ูŠู‚ูˆู„ู ุจูŠู†ูŽ ุงู„ุณูŽู‘ุฌุฏูŽุชูŽูŠู†ู : ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู…ูŽู‘ ุงุบููุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญูŽู…ู†ูŠ ูˆุงุฌุจูุฑู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏูู†ูŠ ูˆุงุฑุฒูู‚ู†ูŠ

Artinya: โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam biasanya saat duduk di antara dua sujud, beliau membaca: Allohummaghfirli, warahmnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii (Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, berikanlah aku petunjuk, dan berikanlah rezeki).” (Hadits riwayat At Tirmidzi no.284 yang terdapat di dalam Shahih At Tirmidzi dan telah dishahihkan oleh Al Albani).

8 Makna yang Terkandung pada Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud

Saat melafazkan bacaan duduk di antara dua sujud tersebut, artinya seorang hamba telah memohon banyak kebaikan dari Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala. Karena, diketahui ada 8 makna yang terkandung pada doa tersebut. Dengan mengetahui makna-makna ini, seorang muslim akan merasa bersyukur. 8 Makna tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memohon ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan
  • Memohon kasih sayang dari Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala
  • Memohon agar Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala menutup segala keburukan ataupun kekukarangan di dalam diri seorang hamba
  • Memohon agar ditinggikan derajat oleh Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala
  • Memohon untuk senantiasa dibukakan pintu rezeki
  • Memohon agar Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala senantiasa memberikan petunjuk serta membimbing untuk mendapatkan kebahagiaanย ย 
  • Memohon kesehatan fisik
  • Memohon agar Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala menghapus catatan kesalahan

Akhir Kata

Doa duduk di antara dua sujud adalah bacaan yang memiliki banyak makna di dalamnya. Dapat dikatakan doa ini mengandung banyak kebaikan. Dengan melafazkan doa tersebut, diharapkan seorang muslim mendapatkan berbagai kebaikan dari Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala.

Baca Juga:  Cara Wudhu: Ketahui Urutan, Niat, dan Syarat yang Tepat

 

 

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-5563510/doa-duduk-di-antara-dua-sujud-arab-latin-dan-maknanya

https://mediaindonesia.com/nusantara/518890/ini-bacaan-duduk-di-antara-dua-sujud-beserta-artinya

https://mediaindonesia.com/nusantara/518890/ini-bacaan-duduk-di-antara-dua-sujud-beserta-artinya

https://hot.liputan6.com/read/4950711/bacaan-duduk-di-antara-dua-sujud-yang-benar-beserta-artinya

https://kumparan.com/berita-update/bacaan-doa-duduk-di-antara-dua-sujud-dan-artinya-1xgoYysgD7u

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *