Agama, Doa  

Bacaan Doa Hajat, Insya Allah Permohonan Cepat Terkabul

Bacaan Sujud Sahwi

Doa hajat adalah doa yang dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat hajat supaya permohonan cepat terkabul. Sholat hajat sendiri merupakan sholat yang dilaksanakan saat seseorang memiliki suatu keinginan atau hajat baik yang tidak bertentangan dengan syariat islam.

Untuk bisa mencapai keinginan atau hajat, Anda dianjurkan untuk berusaha dan diiringi dengan doa. Berdoa kepada Allah SWT menjadi salah satu ikhtiar agar hajat bisa dikabulkan. Bagi Anda yang ingin tahu doa sholat hajat, simak penjelasan berikut ini.

Doa Hajat, Dzikir, dan Keutamaan Sholat Hajat

Dalam kehidupan, manusia tidak pernah lepas dari namanya kesusahanya. Namun, Anda tidak boleh berputus asa, hibur diri dengan melaksanakan sholat 2 rakaat dan berdoa untuk memohon pertolongan dan ampunan kepada Allah. Berikut informasi doa tentang hajat atau keinginan.

Dzikir Sholat Hajat

Setelah selesai sholat hajat, sebaiknya tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Sangat dianjurkan untuk memuji Allah SWT dan membaca shalawat untuk Rasulullah SAW. Berdzikir dan berdoalah terlebih dahulu, ada dzikir khusus yang dipanjatkan untuk memuji dan memohon ampunan Allah SWT.

Saat Allah memaafkan dosa-dosa hambaNya, maka segala hajat Anda akan berpeluang besar dikabulkan. Berikut urutan dzikir sholat hajat yang bisa Anda baca:

  1. Membaca shalawat nabi sebanyak 100 kali.
  2. Kemudian dilanjutkan membaca istighfar sebanyak 100 kali.
  3. Lanjutnya dengan membaca tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil sebanyak 100 kali.
  4. Selanjutnya membaca Surah Al-Ikhlas, Al-falaq, dan An-nas sebanyak 11 kali.
  5. Membaca ayat kursi sebanyak 11 kali.
  6. Lalu membaca hauqolah 100 kali.
  7. Baca kalimat hasbunallaahu wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nashir  sebanyak 11 kali.

Doa Sholat Hajat

Selain membaca dzikir setelah sholat hajat, lanjutkan dengan membaca doa sholat hajat.  Baca doa dengan khusyuk, berikut bacaan doa sholat hajat yang sesuai dengan anjuran:

Baca Juga:  Doa Sesudah Belajar agar Diberi Kemudahan Menyerap Ilmu

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaaha illallaahul hakiimul kariim, subhaanallaahi rabbil ‘arsyil ‘azhim, alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, as-aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa-ima maghfiratika wal ghaniimata min kulli birrin wassalaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban, illaa ghafartahu, walaa hamman illaa farrajtahu walaa haajatan illaa hiya laka ridlan illaa qadlaitahaa yaa arhamarraahimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha lembut dan Maha Mulia. Maha suci Allah, Tuhan penjaga ‘arasy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta. KepadaMu-lah aku memohon bimbingan sesuatu amalan yang sesuai rahmatMu, ketetapan ampunanMu, kesempatan memperoleh sebanyak kebaikan, dan, dan memperoleh perlindungan dari tiap-tiap dosa. 

Janganlah Engkau biarkan satu dosa tersisa pada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.”

Manfaat Sholat Hajat

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan melaksanakan sholat hajat dengan rutin dan sungguh-sungguh. Sholat hajat bisa menjadi obat yang membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Tidak hanya itu saja, berikut beberapa manfaat dari sholat hajat:

  1. Dikabulkan keinginan, manfaat yang paling utama adalah dikabulkannya segala keinginan atau hajat bagi Anda yang bersungguh-sungguh.
  2. Meraih pahala dari Allah SWT, mengerjakan sholat sunnah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah, jika dikerjakan akan mendapatkan pahala. Namun, jika tidak dikerjakan tidak akan berdosa.
  3. Hati terasa lebih tenang, saat hati tenang maka pikiran dan tindakan akan selalu positif. Hati yang tenang menjadi membuat semua masalah dan hajat bisa diselesaikan dengan baik.
  4. Ditinggikan dan diampuni dosa, bagi Anda yang menjalankan sholat hajat dengan sungguh-sungguh akan ditinggikan derajat dan diampuni dosa-dosanya.
  5. Dicintai Allah SWT karena Allah mencintai hambaNya yang selalu rajin dan istiqomah menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya.
  6. Menjadi lebih giat, Anda yang rajin sholat hajat akan termotivasi untuk menjadi lebih giat dalam berusaha atau berikhtiar di dunia.
  7. Dijauhkan dari kesulitan, seseorang yang mengalami kesulitan dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat. Allah SWT akan memberikan pertolongan kepada hambaNya yang senantiasa berdoa.
Baca Juga:  Doa untuk Pengantin, Supaya Harmonis dan Penuh Berkah

Akhir Kata

Doa hajat adalah salah satu amalan setelah sholat hajat yang harus diketahui untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT. Anda bisa melaksanakan sholat hajat kapan saja, kecuali pada waktu yang memang dilarang untuk melaksanakan sholat, namun waktu paling baik adalah malam hari. 

 

Sumber Referensi:

https://www.merdeka.com/jabar/doa-sholat-hajat-dan-dzikir-berikut-arti-dan-keutamaannya-kln.html

https://www.dream.co.id/stories/doa-setelah-sholat-hajat-disertai-bacaan-dzikirnya-220609k.html

https://www.suara.com/news/2022/09/21/115157/doa-sholat-hajat-dan-artinya-lengkap-dengan-bacaan-niat

https://www.liputan6.com/islami/read/5056175/bacaan-niat-dan-tata-cara-sholat-hajat-beserta-doanya-insya-allah-makbul

https://www.viva.co.id/edukasi/1458216-manfaat-sholat-hajat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *