Agama, Doa  

Doa Sesudah Belajar agar Diberi Kemudahan Menyerap Ilmu

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Niat Sholat Fardhu Lengkap

Memulai dan mengakhiri belajar dengan doa sangat dianjurkan agar diberi kemudahan untuk menyerap ilmu. Maka, doa sesudah belajar adalah bacaan doa yang harus diketahui dan dilafalkan setelah selesai belajar. Tidak hanya berdoa setelah belajar saja, saat hendak belajar pun harus diiringi dengan doa.

Kegiatan belajar dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan perubahan yang baik, terutama siswa. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang untuk mengasah kemampuan, keterampilan, dan lainnya menjadi bernilai positifย  yang bisa membantu menemukan dan menciptakan beragam keperluan yang bermanfaat.

Doa Sesudah Belajar dan Informasi Lainnya

Belajar adalah aktivitas yang banyak dilakukan, terutama para siswa untuk mencapai suatu ilmu dan pengetahuan tertentu. Supaya ilmu dan pengetahuan yang dipelajari mendapatkan keberkahan, jangan lupa untuk selalu berdoa, baik sebelum maupun sesudah belajar. Berikut ini informasi mengenai bacaan doanya.

Keutamaan Belajar

Belajar adalah suatu kegiatan yang penting untuk manusia karena ilmu sangat penting untuk menjalani kehidupan. Dalam Islam sendiri, menempatkan belajar sebagai kegiatan yang wajib dan penting untuk dilaksanakan oleh setiap umatnya.

Setiap umat Islam wajib untuk menimba ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu agama. Dengan ilmu kita akan memiliki bekal untuk menjalani hidup ini. Keutamaan belajar menjadi sangat penting dan wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan.

Selain membuat pintar, cerdas, belajar dianggap sebagai salah satu ibadah yang memiliki nilai pahala. Rasulullah SAW bersabda mengenai betapa pentingnya belajar yaitu:

โ€œBarang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.โ€ (HR Tirmidzi).

Meskipun begitu, belajar juga bukan kegiatan yang mudah untuk sebagian orang. Membutuhkan pikiran yang jernih dan lancar untuk bisa memahami pelajaran dan menyerap ilmu dengan baik. Supaya tidak kesulitan, bacalah doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa dihafalkan dengan mudah.

Baca Juga:  Doa Kamilin Beserta Artinya, Dibaca Setelah Sholat Tarawih

Doa Setelah Belajar

Tidak hanya doa setelah belajar yang harus dihafalkan dengan baik, Anda juga harus menghafal doa sebelum belajar agar bisa menyerap ilmu dengan baik. Berikut doa belajar yang bisa Anda baca untuk belajar:


ุฑูŽุถูุชู ุจูุงุงู„ู„ู‡ู ุฑูŽุจูŽุง ูˆูŽุจูุงู„ู’ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฏููŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุจูู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ู†ูŽุจููŠูŽุง ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ุงูŽ ุฑูŽุจูู‘ ุฒูุฏู’ ู†ููŠู’ ุนูู„ู’ู…ู‹ู€ุงูˆูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูู€ูŠู’ ููŽู‡ู’ู…ู‹ู€ุง

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: โ€œKami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.โ€

Biasanya, kita seringย  sekali lupa membaca doa setelah selesai belajar, kebanyakan hanya melafadzkan alhamdulillahirobbilalamin setelah selesai belajar. Namun, ada doa tersendiri yang bisa dibaca sesudah belajar. Ada 3 doa yang bisa dipilih dan terapkan setiap selesai belajar. Berikut doanya:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู‚ูŽู‘ ุญูŽู‚ู‹ู‘ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุชูู‘ู€ุจูŽุงุนูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ุจูŽุงุทูู„ุงู‹ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูŽู‡ู

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.”

ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุงู†ู’ููŽุนู’ู†ูŽุง ุจูู…ูŽุงุนูŽู„ูŽู…ู’ุชูŽู†ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูŽู†ู’ููŽุนูู†ูŽุง ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุญูŽุงู„ู

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfaโ€™una wa zidna ‘lman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.”

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ูู‘ู‰ ุงูุณู’ุชูŽูˆู’ุฏูุนููƒูŽ ู…ูŽุงุนูŽู„ู‘ูŽู…ู’ุชูŽู†ููŠู’ู‡ู ููŽุงุฑู’ุฏูุฏู’ู‡ู ุงูู„ูŽู‰ู‘ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุญูŽุงุฌูŽุชูู‰ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู†ู’ุณูŽู†ููŠู’ู‡ู ูŠูŽุงุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ

Allaahumma innii istaudi’uka maa โ€˜allamtaniihi fardud-hu ilayya โ€˜inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal โ€˜alamiin

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepadaMu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Bengkulu Utara Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Adab Belajar dalam Islam

Untuk bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat sekaligus pahala dari Allah SWT, maka harus memperhatikan adab mencari ilmu. Berikut beberapa adab belajar dalam Islam yang harus dipatuhi:

  • Niatkan belajar untuk mencari ridha Allah SWT

Saat Anda ingin belajar, harus dimulai dengan niat dari dalam hati secara ikhlas. Supaya nanti ilmu yang diperoleh dari proses belajar bisa bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

  • Baca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Apabila sudah meniatkan hati untuk belajar dengan baik dan ikhlas, mulai proses belajar dengan membaca doa. Selain itu, akhiri juga proses belajar dengan membaca doa selesai belajar yang dihafalkan.

  • Konsentrasi

Pada saat sedang belajar, satu hal yang harus dilakukan adalah konsentrasi agar lebih mudah memahami pelajaran. Konsentrasi dan belajar dengan sungguh-sungguh agar hasilnya juga baik. Jangan main-main saat belajar.

  • Fokus

Jika sedang belajar, Anda harus fokus pada apa yang sedang dipelajari, jangan main-main. Fokuskan pikiran, jangan biarkan oleng. Apabila Anda merasa lelah, maka harus istirahat.

Akhir Kata

Doa sesudah belajar adalah hal penting yang harus diamalkan dengan baik saat selesai belajar, terutama untuk seorang siswa. Jangan lupa untuk mengamalkan doa ini, supaya ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat, bisa diamalkan, dan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

 

Sumber Referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/doa-sebelum-dan-sesudah-belajar/#Hukum_Belajar_dalam_Islam

https://www.pinhome.id/blog/doa-sebelum-dan-sesudah-belajar/#Keutamaan_BelajarMenurut_Islam

https://www.merdeka.com/trending/bacaan-doa-sesudah-belajar-beserta-sebelum-menuntut-ilmu-umat-islam-wajib-tahu-kln.html

https://www.bola.com/ragam/read/4666144/bacaan-doa-sebelum-dan-sesudah-belajar-yang-perlu-diketahui-umat-muslim

https://kabar24.bisnis.com/read/20220811/79/1565909/doa-sesudah-belajar-dan-artinya-yang-perlu-dipahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *