Agama, Doa  

Doa untuk Pengantin, Supaya Harmonis dan Penuh Berkah

Niat Mandi Idul Fitri

Menikah merupakan ibadah dengan ganjaran pahala yang besar dan menjadi momen yang sakral dan mulia. Hal ini membuat banyak orang berdoa untuk pengantin yang menikah. Doa untuk pengantin adalah salah satu kado indah yang bisa diberikan kepada keluarga, sahabat, teman, dan orang terdekat lainnya.

Doa yang dipanjatkan langsung merupakan permohonan dan harapan supaya pernikahan kedua mempelai penuh harmonis dan selalu diliputi berkah Allah. Bagaimana bacaan doanya? Simak penjelasan berikut ini.

Doa untuk Pengantin, Keutamaan dan Tujuan Menikah

Momen pernikahan adalah salah satu hal yang paling membahagiakan dalam kehidupan manusia. Bahkan kebahagiaan tersebut ikut dirasakan oleh orang-orang yang hadir di momen tersebut. Di tengah kebahagian tersebut kita bisa membacakan doa pengantin agar pernikahannya penuh rahmat. Berikut doa dan informasi lainnya.

Keutamaan Menikah

Menikah adalah suatu ibadah seumur hidup yang bernilai pahala dan harus dilakukan sesuai dengan cara sah yang sesuai dengan syariat. Bagi pasangan yang sudah menikah harus sama-sama membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis tanpa ada kekerasan di dalamnya.

Pernikahan menjadi momen yang sangat membahagiakan yang bisa dirasakan oleh orang-orang sekitar. Ada banyak keutamaan menikah yang harus bisa dipahami menurut agama Islam, seperti menjaga hawa nafsu dan menghindarkan diri dari perbuatan yang dibenci Allah.

Selain itu, menikah bisa membuat hati menjadi lebih tentram karena tujuan hidup lebih terarah. Menikah juga bagian dari sunnah Rasulullah SAW dan upaya untukย  menyempurnakan agama.

Hukum menikah sendiri dalam Islam bisa sunnah, makruh, mubah, bahkan haram tergantung dengan kondisinya. Secara umum, menikah adalah sunnah, orang yang menikah akan mendapatkan pahala dan tidak menikah tidak mendatangkan dosa.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Cilacap Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Menikah menjadi wajib jika Anda telah mampu untuk berumah tangga secara mental, fisik, dan finansial. Pernikahan bisa menjadi mubah karena tujuan Anda menikah hanya untuk memenuhi kebutuhan syahwat.

Bagi seseorang yang tidak ingin menikah karena sakit atau watak, bahkan merasa tidak mampu untuk menafkahi istri, maka menikah baginya makruh. Menikah bisa hukumnya haram jika seseorang tidak bisa bertanggung jawab untuk membangun rumah tangga.

Doa Kepada Pengantin Baru

Bagi pasangan yang menikah, pernikahan momen yang membahagiakan, maka sudah sepatutnya kita memberikan doa yang terbaik untuk keduanya. Doa pengantin perlu dipanjatkan oleh orang-orang yang menyaksikan pernikahan tersebut.

Membaca doa pengantin berarti mendoakan agar rumah tangga kedua mempelaiย  menjadi sakinah, mawaddah, dan warahmah. Berikut doa pengantin yang bisa dibaca saat menghadiri acara pernikahan:

ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽูƒูŽ ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุนูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ูŽุง ูููŠู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู. ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ููƒูู„ู‘ู ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ูƒูู…ูŽุง ูููŠู’ ุตูŽุงุญูุจูู‡ู ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุนูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ูŽุง ูููŠู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู

Baarakallahu laka wa jamaโ€™a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jamaโ€™a bainakuma fi khairin.

Artinya: โ€œBerkah Allah (semoga tercurah kan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurah kan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.โ€

Tidak hanya itu saja, mempelai pengantin juga harus mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena sudah diberikan kesempatan untuk bisa menyempurnakan ibadahnya. Laki-laki yang baru dipertemukan dengan istrinya hendaknya berdoa sambil memegang ubun-ubun istri, berikut doanya:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุง ุฌูŽุจูŽู„ู’ุชูŽู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุฌูŽุจูŽู„ู’ุชูŽู‡ูŽุง

Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Maluku Tenggara Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau tentukan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari keburukan yang Engkau tentukan kepadanya.”

Tujuan Menikah

Orang-orang menikah karena berbagai tujuan, tidak sembarangan menikah hanya untuk mengikuti tren atau keadaan. Berikut beberapa tujuan menikah:

  • Menyempurnakan Agama

Menikah menjadi salah satu cara untuk menyempurnakan agama yang diibaratkan dengan menyempurnakan separuh ibadah. Untuk separuhnya lagi dari ibadah yang lain.

  • Menjalankan Perintah Allah

Menikah adalah salah satu perintah Allah yang akan diberikan kebaikan, manfaat, bahkan surgaNya jika dilakukan dengan sebaik mungkin. Pernikahan menjadi momen bahagia sekaligus perjalanan ibadah yang dilakukan berdua untuk mendapatkan ridha Allah.

  • Menjalankan Sunnah Rasulullah

Seperti sabda Rasulullah dalam sebuah hadits yang menjelaskan bahwa menikah adalah bagian dari sunnah Rasul, berikut haditsnya:

โ€œMenikah adalah sunnah, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat).โ€ (HR. Ibnu Majah no. 1846, dishahihkan Al Albani dalam silsilah Ash Shahihah no. 2383).

  • Mendapatkan Ketenangan

Satu hal yang harus diingat, menikah bukan hanya sekedar untuk melampiaskan syahwat. Menikah bahkan bisa menciptakan ketenangan dalam diri karena limpahan rahmat dan kasih sayang dari Allah.

Akhir Kata

Doa untuk pengantin adalah doa yang dibacakan untuk pengantin saat menghadiri acara pernikahan agar rumah tangga kedua mempelai penuh berkah. Bacakan doa dengan tulus agar pasangan yang menikah bisa mendapatkan banyak kebahagiaan dan keberkahan atas pernikahannya.

 

Sumber Referensi:

https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6453528/doa-untuk-pengantin-baru-agar-dilimpahkan-keberkahan-dari-allah-swt#:~:text=Doa%20untuk%20pengantin%20ini%20dibaca,laki%20setelah%20mengucapkan%20akad%20nikah.&text=Artinya%3A%20%22Ya%20Allah%2C%20sungguh,keburukan%20yang%20Engkau%20tentukan%20kepadanya.%22

https://www.gramedia.com/literasi/doa-untuk-pengantin/#Doa_untuk_Pengantin

https://www.merdeka.com/jabar/bacaan-doa-orang-menikah-latin-dan-artinya-buat-momen-indah-penuh-berkah-kln.html

https://hot.liputan6.com/read/4949272/doa-untuk-pengantin-baru-supaya-harmonis-dan-samawa

https://www.dream.co.id/stories/doa-untuk-pengantin-baru-bahasa-arab-dan-artinya-agar-jadi-keluarga-yang-samawa-2207113.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *