Agama, Doa  

Cara Wudhu: Ketahui Urutan, Niat, dan Syarat yang Tepat

Doa Tolak Bala

Wudhu merupakan syarat yang paling utama bagi seseorang sebelum melakukan sholat atau ibadah wajib dan sunnah lainnya. Cara wudhu adalah perihal penting untuk diketahui agar sesuai dan Allah SWT menerima ibadah.

Berwudhu juga salah satu cara untuk menghilangkan hadas kecil dan biasanya dilakukan sebelum ibadah. Ini dilakukan karena perlu suci dan bersih selama Anda beribadah. Jika wudhu tidak sah, maka hal itu memengaruhi ibadah. Oleh karena itu, umat Islam harus benar-benar memperhatikan cara wudhu.

Tata Cara Wudhu yang Benar dengan Niat dan Doa

Sebagai umat Islam, wajib melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari. Diharuskan berwudhu sebelum melakukan ibadah tujuannya agar bisa beribadah dalam keadaan bersih.ย 

Urutan Cara Wudhu

Tidak hanya asal membasuh, berwudhu memiliki urutan tersendiri. Lalu ada cara wudhu yang benar yakni:

  • Membaca Niat Wudhu

Niat diartikan sebagai keikhlasan untuk berwudhu sendiri sesuai dengan perintah Allah SWT. Ini juga ajaran Nabi SAW.

  • Membasuh Kedua Telapak Tangan

Langkah pertama adalah mencuci tangan dan di sela jari-jari Anda, dimulai dengan tangan kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.

  • Berkumur-Kumur

Berkumurlah sampai sisa kotoran hilang dari gigi Anda. Lakukan pencucian ini tiga kali kemudian buang ke sebelah kiri.

  • Membasuh Hidung

Cuci bagian dalam hidung Anda secara menyeluruh. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang ada di dalamnya dan lakukan tiga kali.

  • Membasuh Wajah

Cuci seluruh wajah Anda dengan gerakan memutar dari tengah ke belahan tempat rambut tumbuh. Lakukan sebanyak tiga kali.

  • Membasuh Kedua Tanganย 

Cuci tangan tiga kali dari jari ke siku, kanan dan kiri sebanyak tiga kali. Basuh dengan gerakan memutar hingga seluruh tangan terkena air, dimulai dari tangan kanan.

  • Membasuh Kepala
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Musi Banyuasin Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Mencuci bukan berarti membasuh rambut. Tetapi membasuhnya dengan sedikit air dari kening sampai ke bagian kepala yang basah dan lakukan ini tiga kali.

  • Membasuh Kedua Telinga

Cara membasuh memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga sedangkan ibu jari membasuh daun telinga sebanyak tiga kali. Saat membersihkan, lakukan dengan gerakan melingkar, mulai dari bagian dalam telinga ke arah luar.

  • Membasuh Kedua Kaki

Basahi kaki Anda dari telapak kaki hingga mata kaki. Pastikan semua area kaki terkena air dan lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali.

Doa Wudhu

Dalam Islam, hukum membaca doa wudhu adalah sunnah. Maka Anda mendapatkan pahala jika Anda melakukannya dan tidak berdosa jika Anda meninggalkannya.

Anda harus mengetahui bacaan doa yang diperlukan saat melakukan wudhu. Dari bacaan niat berwudhu hingga bacaan doa setelah berwudhu selesai.

  • Doa Sebelum Wudhu

Doa sebelum berwudhu harus dibaca pada saat gerakan mencuci muka saat wudhu.ย 

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ูˆูุถููˆู’ุกูŽ ู„ูุฑูŽูู’ุนู ุงู„ู’ุญูŽุฏูŽุซู ุงู’ู„ุงูŽุตู’ุบูŽุฑู ููŽุฑู’ุถู‹ุงูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜Nawaitul wudua lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’alaaโ€™.

Artinya: Saya niat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardu karena Allah taala.

  • Doa Setelah Wudhu

Adapun doa setelah berwudhu yaitu:

ุงุดู’ู‡ูŽุฏู ุงูŽู†ู’ ู„ุงู‘ูŽุงูู„ูŽู‡ูŽ ุงูู„ุงู‘ูŽุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุงูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุงุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูู‡ู. ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูู‰ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู‘ูŽุงุจููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูู‰ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุทูŽู‡ูู‘ุฑููŠู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ููŠู’ ู…ูู†ู’ ุนูุจูŽุงุฏููƒูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ

โ€˜Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiinaโ€™.

Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Dia tidak memiliki pasangan, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Tuhan! Jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan sucikanlah aku dan jadikanlah aku hamba-hambamu yang saleh.ย 

Baca Juga:  Suka Mengamalkan Doa Nurbuat? Simak Kejanggalannya

Syarat Wudhu

Delapan syarat yang harus dipenuhi sebelum mengambil air wudhu. Berikut rinciannya:ย 

  • Islam.
  • Tidak dalam keadaan haid/berhadas besar lainnya.ย 
  • Wudhu dengan air suci dan menyucikan: Air hujan, air laut, air sumur, air sungai, air salju, air embun dan air sumur.ย 
  • Tidak ada penghalang terhadap air yang masuk ke bagian tubuh seperti kutek atau cat.ย 
  • Mengetahui kewajiban wudhu: membaca niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan, mengusap kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki dan bersih.ย 
  • Mengetahui sunnah wudhu: siwak, basmalah, berkumur, mencuci lubang hidung, membersihkan seluruh rambut, mendahulukan sisi kanan, membersihkan telinga luar dan dalam, mencuci jari tangan dan kaki serta sela-selanya.ย 
  • Tamyiz dapat membuat perbedaan antara pekerjaan yang baik dan yang buruk.

Akhir Kata

Cara wudhu adalah langkah-langkah yang disarankan dalam berwudhu. Selain itu informasi mengenai niat dan doa wudhu beserta syarat wudhu juga kesatuan yang patut diketahui umat muslim.

 

 

Sumber Referensi:

https://www.tokopedia.com/blog/tata-cara-dan-urutan-wudhu-slm/?utm_source=google&utm_medium=organic

https://www.merdeka.com/jatim/tata-cara-berwudhu-yang-benar-untuk-wanita-jangan-sampai-salah-kln.html

https://www.orami.co.id/magazine/tata-cara-dan-doa-wudhu

https://www.liputan6.com/islami/read/5143153/tata-cara-wudhu-lengkap-lafat-niat-rukun-dan-doa-setelah-wudhu

https://www.idntimes.com/life/inspiration/putri-aisya-1/tata-cara-niat-dan-doa-wudhu-yang-benar?page=all

https://www.bola.com/ragam/read/4572515/tata-cara-wudhu-yang-benar-sesuai-sunnah-lengkap-beserta-bacaan-doanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *