Agama, Doa  

Bacaan Sujud Tilawah, Niat, dan Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Sujud Sahwi

Bacaan sujud tilawah adalah jenis bacaan sujud yang dilakukan karena adanya bacaan al-Quran yang merupakan ayat sajadah. Ayat sajadah dapat ditandai dengan berupa simbol seperti kubah dan ada juga yang bertuliskan bacaan kecil as-sajadah.

Adapun melakukan sujud tilawah bisa ketika dalam keadaan sholat maupun di luar sholat. Untuk mengetahui bacaan sujud tilawah beserta cara melakukannya, silahkan simak penjelasannya sampai selesai.

Bacaan Sujud Tilawah, Niat dan Cara Pelaksanaannya

Umat Islam melakukan sujud tilawah sebagai bentuk merendahkan diri kepada Allah SWT. Berikut ini bacaan saat sujud tilawah beserta niat dan tata cara pelaksanaannya.

1. Niat Sujud Tilawah

Nawaitu sujuda talawati sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Berniat aku melaksanakan sujud tilawah sunnah hanya karena Allah taala.”

2. Bacaan Sujud Tilawah

Terdapat bacaan sunnah yang dibaca ketika sujud tilawah, diantaranya sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Nawawi di dalam kitab Raudhatut Thalibin:

Sajaada wajhiya lilladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam’ahu wa basharahu bihaulihi wa quwwatihi.

Artinya: “Bersujud wajahku dihadapan Tuhan yang telah menjadikannya dan membentuknya dan telah membuka pendengaran serta penglihatannya dengan kekuatan dan kemampuanNya.”

Allahummaktub li biha ‘indaka ajraa waj’alha li ‘indaka dzukhran wa dla’ ‘anni biha wizran wa qablaha minni kama qabiltaha min ‘abdika dawuda ‘alaihissalam.”

Artinya: “Ya Allah, hadiahkanlah pahala bagiku di sisiMu dengan sujud ini, dan jadikanlah pula sujud ini sebagai tabunganku di sisiMu, dan hapuskanlah setiap dosaku melalui sujud ini. Dan terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hambaMu Nabi Daud.”

3. Cara Melakukan Sujud Tilawah

Sujud tilawah dapat dilakukan saat di dalam sholat maupun diluar sholat, berikut cara melakukan sujud tilawah di dalam sholat:

  • Ketika membaca ayat-ayat sajadah, disunnahkan untuk melafalkan niat melakukan sujud untuk tilawah.
  • Melafalkan takbir, kemudian melakukan sujud sekali dan membaca doa sujud tilawah.
  • Setelah itu, berdiri kembali dan melanjutkan bacaan ayat tersebut untuk melanjutkan sholat hingga salam.
  • Jika di dalam sholat berjamaah, sujud tilawah dilakukan secara berjamaah dengan mengikut imam. Namun, jika imam tidak melakukannya maka makmum juga tidak perlu bersujud.
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Bengkalis Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Sedangkan cara melakukan sujud tilawah di luar sholat diantaranya yaitu:

  • Saat mendengar atau membaca bacaan sajadah dan Anda ingin melakukan sujud tilawah, maka berniat sujud tilawah.
  • Setelah itu membaca takbir seperti takbiratul ihram di dalam sholat dan sujud sekali dengan membaca doa sujud tilawah.

4. Hikmah Sujud Tilawah

Terdapat beberapa hikmah melakukan sujud tilawah, diantaranya sebagai berikut:

  • Orang yang mengerjakan sujud tilawah akan terhindar dari godaan yang menuju kedurhakaan, karena dengan sujud tilawah akan dijauhi oleh setan.
  • Orang yang mengerjakan sujud tilawah akan mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT. Namun, melakukan sujud tilawah diikuti juga dengan ketakwaan.
  • Melakukan sujud tilawah merupakan bentuk kepatuhan dan kerendahan hati seorang hamba kepada Allah.
  • Melakukan sujud ini dapat mengingatkan manusia bahwa mereka merupakan tempat salah dan lupa, agar terhindar dari perilaku sombong, angkuh, takabur dan akhlak buruk lainnya.
  • Melakukan sujud tilawah dapat menyadarkan manusia bahwa Allah adalah dzat yang Maha Segalanya.
  • Melakukan sujud tilawah juga merupakan bentuk syukur atas segala hal yang telah Allah berikan.

Akhir Kata

Bacaan sujud tilawah adalah bacaan yang bisa Anda baca saat mendengar atau membaca ayat sajadah, baik saat dalam sholat maupun di luar sholat. Sujud tilawah sunnah dikerjakan, sebagai bentuk kepatuhan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

 

Referensi: 

https://www.google.com/amp/s/www.inews.id/amp/lifestyle/muslim/bacaan-sujud-tilawah-lengkap-dengan-tata-cara-rukun-dan-dalilnya

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/detikpedia/d-5873768/6-hikmah-sujud-tilawah-bagi-umat-islam-siswa-juga-perlu-paham/amp

https://www.bola.com/ragam/read/5010498/bacaan-doa-sujud-tilawah-beserta-cara-melakukannya

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/bacaan-sujud-tilawah-dan-tata-cara-pelaksanaannya-1umeigeGb9V

https://m.liputan6.com/hot/read/4944782/bacaan-sujud-tilawah-sesuai-syariat-islam-beserta-tata-cara-dan-hukumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *