Agama, Doa  

Doa Sahur, Disunnahkan Rasulullah dan Keutamaan Makan Sahur

Doa Sahur

Doa sahur adalah bacaan yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca ketika sedang melaksanakan sahur untuk menjalankan ibadah puasa. Sahur sendiri sebaiknya dilaksanakan, karena memiliki banyak keutamaan.

Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba, sebaiknya Anda mengetahui doa sahur, agar nantinya tidak bingung lagi saat akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Nah, untuk mengetahui doa ketika sahur, simak penjelasannya sampai selesai.

Doa Sahur dan Keutamaannya

Melaksanakan sahur saat hendak berpuasa adalah sunnah, karena di dalam sahur terdapat keberkahan bagi yang melaksanakannya dan Allah beserta malaikat akan mendoakan. Berikut ini doa ketika sahur serta keutamaan melaksanakan sahur.

1. Doa Sahur

Berikut ini adalah doa makan sahur yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anda bisa membacanya saat melaksanakan sahur:

ย ูŠูŽุฑู’ุญูŽู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู…ูุชูŽุณูŽุญู‘ูุฑููŠู’ู†ูŽ

Yarhamullahul mutasahhiriin.

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmatNya bagi mereka yang melaksanakan sahur.”

Adapun anjuran bersahur disebutkan di dalam sebuah hadits riwayat Ath-Thabrani, yaitu sebagai berikut:

ูˆุฑูˆูŠ ุนู† ุงู„ุณุงุฆุจ ุจู† ูŠุฒูŠุฏ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ู†ูุนู’ู…ู’ ุงู„ุณู‘ูŽุญููˆู’ุฑู ุงู„ุชูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุฑู’ุญูŽู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู…ูุชูŽุณูŽุญู‘ูุฑููŠู’ู†ูŽ

Artinya: “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid ra, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Lalu Rasulullah berdoa, “Semoga Allah menurunkan rahmatNya bagi mereka yang melaksanakan bersahur.” (HR. Ath-Thabrani).

Dengan membaca doa setelah makan sahur, Anda dapat memohon keberkahan dari Allah atas hidangan sahur yang Anda santap. Dengan keberkahan tersebut, makanan yang dimakan akan memberikan manfaat untuk ibadah puasa yang akan dijalankan.

2. Keutamaan Bersahur

Mungkin bagi sebagian orang, bangun untuk makan sahur tidak begitu penting, asalkan sudah berniat akan berpuasa pada malam harinya. Namun, ternyata sahur memiliki hikmah dan keutamaan, diantaranya sebagai berikut:ย 

  • Sahur bisa menambah energi dan stamina untuk orang yang akan melaksanakan ibadah puasa. Bila melewatkan sahur, tubuh bisa terasa lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Sahur merupakan bentuk kasih sayang Islam terhadap umatnya. Islam mewajibkan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, namun juga disertai juga berbagai anjuran yang bermanfaat dan mendatangkan keberkahan, termasuk anjuran melaksanakan sahur. Agar orang yang menjalankan kewajiban tersebut tetap sehat dan bertenaga.
  • Waktu sahur bisa menjadi kesempatan untuk melaksanakan ibadah lainnya. Misalnya, ketika bangun sahur dan menyantap hidangan, dianjurkan untuk melakukan amalan ibadah lain seperti shalat malam, zikir hingga membaca al-Quran.
  • Setiap makanan yang disantap ketika sahur, tidak akan dihisab saat di akhirat kelak. Karena salah satu keberkahan dari makan sahur adalah bebas dari beban hisab oleh Allah di kemudian hari.
  • Makan sahur menjadi suatu keistimewaan bagi umat Nabi Muhammad, karena puasa juga dilakukan oleh umat Yahudi dan Nasrani. Namun, hanya umat Islam yang dianjurkan sahur sebelum melaksanakan puasa.
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Kayong Utara Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Itulah beberapa keutamaan makan sahur saat akan menjalankan ibadah puasa. Anjuran makan sahur sendiri mengandung banyak keberkahan yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi umat Islam untuk mengetahui lafal doa setelah makan sahur beserta artinya. Dengan begitu, Anda bisa menerapkannya setiap kali melaksanakan kegiatan sahur.

Akhir Kata

Doa sahur adalah bacaan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad ketika seorang Muslim hendak melakukan sahur. Sebaiknya Anda tidak lupa membaca doa tersebut, agar aktivitas sahur Anda memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

 

 

Referensi:

https://m.merdeka.com/jateng/doa-sesudah-sahur-dan-artinya-perlu-diketahui-kln.html

https://m.liputan6.com/islami/read/3960232/doa-sahur-puasa-ramadan-beserta-artinya-dan-waktu-membacanya

https://www.google.com/amp/s/health.grid.id/amp/353220172/doa-yang-dibacakan-di-saat-sahur-agar-ibadah-puasa-sah-dan-lancar

https://www.google.com/amp/s/www.nu.or.id/amp/nasional/ini-doa-saat-sahur-lengkap-beserta-artinya-Yvwcw

https://m.dream.co.id/stories/bacaan-doa-makan-sahur-fadhilah-dan-amalan-amalan-yang-sebaiknya-dilakukan-saat-sahur-220421h.html

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *