Agama, Doa  

Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap dengan Adabnya

Doa Masuk Masjid

Berdasarkan hadits di bawah ini, kamar mandi ataupun WC adalah tempat para iblis untuk mengganggu ataupun menggoda manusia. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk mengetahui serta menghafalkan doa masuk kamar mandi. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui doa keluar kamar mandi.

Hadits adalah penjelasan tentang pernyataan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Beliau telah menyebutkan bahwa kamar mandi dan WC adalah tempat di mana iblis bersarang di dalamnya. Salah satu hadits menerangkan bahwa iblis memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberikan tempat tinggal sebagaimana anak adam.

Berkatalah iblis, “Ya Allah, Adam beserta para keturunannya telah Engkau beri tempat tinggal di muka bumi, maka berikan juga aku tempat tinggal.”

Dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dikatakan bahwa, “Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi ataupun jamban),” (Hadits riwayat Bukhari).

Pentingnya Mengamalkan Doa Masuk Kamar Mandi

Sebagaimana diketahui bahwa kamar mandir merupakan tempat iblis, maka penting untuk mendaraskan doa sebelum memasukinya. Berikut adalah doa yang perlu untuk diamalkan.

Doa Masuk Kamar Mandi atau WC Beserta Tata Cara Melakukannya

Doa ketika masuk kamar mandi barikut adalah bacaan yang wajib diketahui oleh setiap muslim di manapun:

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits.

Artinya: Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-MU dari godaan setan laki-laki maupun setan perempuan.

Adapun cara berdoa yang baik adalah membacanya ketika Anda belum masuk ke dalam kamar mandi ataupun WC. Yaitu dibaca saat Anda tepat di depan pintu kamar mandi ataupun WC. Selain itu, dianjurkan bagi Anda untuk melangkah masuk ke dalam kamar mandi ataupun WC menggunakan kaki kiri.

Baca Juga:  Doa Nabi Yunus: Mencari Ridho Allah Dunia Akhirat

Doa Keluar Kamar Mandi atau WC

Setelah keluar dari kamar mandi, sebaiknya Anda membaca doa yang berikut ini: 

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِى

Ghufranaka alhamdulillahilladzi azhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-MU, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan telah menyejahterakan.”

Doa keluar kamar mandi tersebut sebaiknya Anda lafazkan setelah keluar dari kamar mandi ataupun WC. Sedangkan melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu sangat dianjurkan bagi Anda.

Adab Masuk Kamar Mandi ataupun WC

Selain doa ketika masuk dan keluar kamar mandi, sebaiknya Anda juga mengetahui adabnya. Dengan demikian, maka akan Anda telah menyempurnakan sebuah amalan walaupun untuk perkara yang kecil. Adapun adab seorang muslim ketika masuk kamar mandi ataupun WC adalah sebagai berikut:

  • Sebagaimana telah disebutkan di atas, ketika masuk kamar mandi ataupun WC sebaiknya mendahulukan kaki sebelah kiri, sedangkan saat keluar maka berlaku sebaliknya, yaitu melangkah dengan kaki kanan.

Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam lebih menyukai mendahulukan yang kanan saat memakai sandal, menyisir rambut, bersuci, serta berbagai perkara baik lainnya.” (Hadits riwayat Bukhari Muslim).

  • Sebaiknya tidak membawa benda yang bertuliskan asma Allah Subhanahu Wa Ta’ala ataupun nabi dan rasul-Nya.
  • Tidak melakukan istinja menggunakan tangan kanan.
  • Tidak bersuara ketika berada di dalam kamar mandi, misalnya saja bernyanyi dan lain sebagainya. Hal ini sebagaimana pernyataan Ibnu Umar radhiyallahu anhu:

“Seseorang melewati Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam ketika beliau sedang buang air kecil. Orang tersebut kemudian mengucapkan salam, namun beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tidak membalasnya,” Hal ini merupakan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim.

  • Tidak menghadap kiblat ketika buang air. Hal ini juga telah dijelaskan dalam sebuah hadits, yaitu: “Ketika kalian mendatangi jamban, maka janganlah menghadap kiblat ataupun membelakanginya. Menghadaplah ke timur atau barat. (Hadits riwayat Bukhori dan Muslim).
Baca Juga:  Bacaan Sholat Lengkap Beserta Latinnya

Akhir Kata

Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya untuk menjaga adab di dalam setiap perkara. Hal ini berlaku juga ketika Anda hendak ke kamar mandi ataupun WC. Doa masuk kamar mandi adalah bacaan yang sebaiknya dilafazkan sebelum memasuki tempat tersebut.

 

 

Referensi:

https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-6167565/doa-masuk-dan-keluar-kamar-mandi-serta-artinya-wajib-kamu-tahu

https://www.liputan6.com/islami/read/5093459/doa-masuk-dan-keluar-kamar-mandi-wc-lengkap-arab-latin-dan-artinya

https://kupang.tribunnews.com/2022/12/05/doa-harian-islam-bacaan-doa-masuk-kamar-mandi-dan-doa-keluar-kamar-mandi

https://www.merdeka.com/jabar/doa-masuk-dan-keluar-wc-berikut-lafadz-dan-artinya-kln.html

https://banjarmasin.tribunnews.com/2022/10/24/hal-yang-dilakukan-ketika-masuk-wc-buya-yahya-uraikan-adabnya-sesuai-aturan-islam?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *