Agama, Doa  

Bacaan Dzikir Bahasa Arab dan Latin: Arti serta Keutamaannya

Doa Bercermin

Bacaan dzikir adalah pujian kepada Allah yang diulang-ulang. Dzikir merupakan salah satu bentuk ibadah umat Islam untuk mengingat Allah SWT dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Nabi Muhammad Saw sebagai teladan bagi umat Islam, mereka selalu mengamalkan dzikir setiap hari. Semua umat Islam pasti mengetahui dan sering mengamalkan dzikir.

Ini karena dzikir menawarkan banyak kebaikan yang sangat baik bagi seorang Muslim. Dzikir seorang muslim selalu ditunjukkan kebaikan dan pahala.

Keutamaan Serta Bacaan Dzikir Lengkap

Bacaan dzikir pendek setiap hari adalah ranah ibadah bagi umat Islam, makin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Anda juga dapat mempraktikkan bacaan ini dalam situasi apa pun dan di mana pun.

Bacaan Dzikir Pendek

Pengucapan dzikir juga berbeda dan jika Anda ingin berlatih dzikir sederhana, Anda bisa berlatih bacaan dzikir pendek. Meskipun pun dzikir yang pendek ini terbilang cukup singkat, namun memiliki keutamaan-keutamaan yang baik di dalamnya.

Berikut adalah berbagai bacaan dzikir sebagai pengingat yang dapat Anda lafalkan setiap hari:

  • Istighfar

Istighfar adalah salah satu doa memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan. Dengan mengucapkan kalimat Istighfar artinya kita merendahkan diri di hadapan Allah SWT dan beriman kepada hari pembalasan.

  • أَسْتَغْفِرُ الله ‘Astaghfirullah’.

Artinya: Saya memohon ampunan Allah.

  • أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوبُ إِلَيْه ‘Astaghfirullahal’adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih’.

Artinya: Saya mohon ampunan kepada Allah yang tiada tuhan selain-Nya. Yang hidup dan berdiri sendiri. Dan aku bertobat di hadapan-Nya.

  • Tasbih

Membaca tasbih merupakan kalimat thoyyibah, yang merupakan salah satu bentuk dzikir. Membaca dzikir tasbih berarti mengakui bahwa diri Anda adalah orang yang belum terbebas dari dosa.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Padang Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Membaca Tasbih adalah bagian dari dzikir kepada Allah SWT, semata-mata untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dalam Islam dikatakan bahwa membaca doa adalah amalan para penghuni Surga dan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

  • ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪْ ‘Subhanallah’.

Artinya: Maha Suci Allah. 

  • Tahmid

Salah satunya adalah ketika Anda menerima nikmat dari Allah SWT. Manfaatnya juga berbeda seperti mencari nafkah, kesehatan, kebahagiaan dan lain-lain. 

Pembacaan Tahmid digunakan untuk menunjukkan bahwa kita bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT.

  • اَلْحَمْدُ لِلَّهِ ‘Alhamdulillah’.

Artinya: Segala puji hanya milik Allah

  • Takbir

Takbir memiliki makna yang terkandung di dalamnya mulia dan mendalam. Dalam shalat, takbir disebut sebagai rukun-rukun shalat.

  • ٱللَّٰهُ أَكْبَرُ ‘Allahu Akbar’. 

Artinya: Allah Maha Besar.

  • Tahlil

Kalimat Tahlil Laa Ilaaha Illa-laah merupakan bagian dari kalimat syahadat. Ayat ini mengandung zikir dan memiliki nilai terbesar dan terpenting menurut hukum Islam.

  • لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ‘Laa ilaaha illallah’.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah.

Keutamaan Bacaan Dzikir

Banyak keutamaan yang bisa diraih melalui Dzikir dan mengingat Allah SWT.

  • Mendapat Perlindungan Allah

Orang yang selalu mengagungkan kebesaran Allah  selalu dilindungi dari kejahatan. Mengingat Allah juga bisa membuka pintu keselamatan di dunia dan juga akhirat.

  • Tercukupi Segala Kebutuhan

Jika seseorang selalu berdzikir, maka Allah SWT akan memenuhi semua kebutuhannya baik dalam bentuk maupun tempat yang terkadang tidak disadari. Tidak hanya itu, tetapi Anda juga akan mendapatkan banyak hadiah untuk melakukannya.

  • Dijanjikan Surga

Sebagai salah satu  amalan yang diridhai Allah SWT, berdzikir memiliki manfaat yang luar biasa. Barangsiapa membaca dzikir setiap hari, Allah menjanjikan surga.

  • Amalan yang Disukai Rasulullah
Baca Juga:  Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Dzikir adalah amalan yang disenangi Nabi, Rasulullah tidak melewatkan dzikir setiap hari. Oleh karena itu, dzikir merupakan salah satu sunah Nabi yang dianjurkan umat Islam.

  • Memberi Ketenangan

Dzikir dapat membuat umat Islam merasakan kedamaian di hati mereka. Ketika dekat dengan Allah SWT hati selalu tenang dan damai.

Akhir Kata

Bacaan dzikir adalah satu aktivitas dalam mengingat Allah. Selain memberikan nikmat hidup, dzikir juga patut di amalkan untuk mensyukuri nikmat yang telah didapat.

 

 

Sumber Referensi:

https://hot.liputan6.com/read/4835321/macam-macam-dzikir-dan-keutamaannya-bagi-umat-islam

https://www.bola.com/ragam/read/4951512/macam-macam-zikir-yang-bisa-diamalkan-ketahui-keutamaannya

https://www.orami.co.id/magazine/macam-macam-zikir

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6376968/bacaan-istighfar-dan-hukumnya-dalam-islam

https://www.gramedia.com/best-seller/bacaan-istighfar/

https://www.gramedia.com/literasi/bacaan-tahmid-takbir-tahlil-dan-keutamaannya/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *