Agama, Doa  

Doa Masuk WC Beserta Artinya, Inilah Adab dan Wajib Tahu!

Doa Bercermin

Membaca doa masuk WC adalah suatu amalan wajib yang harus dilakukan setiap hari oleh umat Islam. Manfaat Anda membaca doa ini adalah untuk melindungi dari tatapan setan saat membuka aurat di dalam kamar mandi.

Dalam Islam, semua hal sudah diatur sedemikian rupa untuk menghindarkan diri dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Begitu juga masuk kamar mandi, tidak hanya membaca doa, ada adab-adab yang wajib dilakukan selamat di kamar mandi. Apa saja? Simak berikut ini.

Adab dan Doa Masuk WC

Kamar mandi dan WC adalah tempat yang kotor dan disukai oleh jin dan setan. Maka, amalkan doa masuk kamar mandi dan jalankan semua adab-adab di kamar mandi supaya terhindar dari berbagai gangguan setan. Berikut doa dan adab-adabnya:

Doa Masuk Kamar Mandi dan WC

Jin dan setan suka bermukin di tempat yang kotor, seperti WC dan kamar mandi. Makanya, dianjurkan untuk membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi. Berikut bacaan doa masuk kamar mandi sesuai dengan hadis riwayat Bukhari No. 142 dan Muslim No. 375.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.”

Doa ini dibaca saat hendak masuk kamar mandi, saat masih di luar kamar mandi. Doanya sangat mudah untuk dihafalkan. Namun, ada baiknya doa masuk kamar mandi ini diawali dengan membaca basmallah. Tujuan untuk menutup aurat manusia dari pandangan jin dan makhluk halus lainnya.

Doa masuk kamar mandi ini tidak hanya dibaca saat hendak masuk kamar mandi saja. Dianjurkan untuk dibaca saat berada di ruang terbuka, apabila suatu saat membuang air di alam terbuka di situasi tertentu.

Baca Juga:  Susunan Bacaan Tahlil dan Doa Tahlil Beserta Artinya

Adab Masuk WC

Selain membaca doa masuk kamar mandi dan wc, ada beberapa adab masuk kamar mandi dan wc yang harus dijalani. Adab-adab ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut beberapa adab di kamar mandi yang dicontohkan oleh Rasulullah:

  • Membaca Doa

Sama dengan kegiatan lainnya, saat hendak masuk kamar mandi juga harus membaca doa. Baca doa sebelum masuk atau di depan pintu kamar mandi. Apapun kegiatan yang dilakukan di kamar mandi, Anda tetap harus membaca doa terlebih dahulu.

  • Masuk dengan Kaki Kiri

Kalau masuk rumah dan masjid dianjurkan untuk menggunakan kaki kanan, maka saat masuk kamar mandi sangat dianjurkan untuk menggunakan kaki kiri. Kenapa masuk dengan kaki kiri? Kamar mandi disebutkan sebagai tempat yang kotor dan masuk dalam keadaan kotor, jadi kaki kiri yang melambangkan kotornya.

  • Tidak Menghadap atau Membelakangi Kiblat

Ketika Anda membuang hajat di kamar mandi, sebaiknya tidak dalam posisi menghadap atau membelakangi kiblat. Hal ini dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian mendatangi jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan tetapi hadaplah ke arah timur atau barat.”

Bagi orang Indonesia, kiblat menghadap ke arah barat. Maka buatlah agar wc menghadap ke arah utara atau selatan.

  • Jangan Berlama-lama

Jangan berlama-lama saat di dalam kamar mandi karena menjadi tempat setan sehingga setan suka untuk menggoda manusia untuk berlama-lama. Sesuai sabda Rasulullah SAW, dari Zaid bin Arqam ra, yaitu:

“Sesungguhnya kamar mandi ini dihadiri setan.” (HR. Ahmad 19807, Abu Dau 6, dishahihkan oleh Syuaib al-Anauth)

  • Menggunakan Tangan Kiri Saat Istinja’

Setelah membuang air (istinja’), bersihkan kemaluan menggunakan tangan kiri karena tangan kanan digunakan untuk makan dan aktivitas lain. Lakukan istinja’ dengan benar dan sempurna menggunakan air. Dari Abu Qotadah, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Doa Makan dan Minum, Adab, Serta Keutamaannya

“Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja’ dengan tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 153 dan Muslim no. 267).

  • Jangan Bernyanyi atau Berbicara Keras

Adab lain di kamar mandi adalah tidak bernyanyi dan berbicara keras saat berada di dalam kamar mandi. Hal ini karena jin dan setan sangat suka dengan orang yang bernyanyi di kamar mandi.

  • Keluar dengan Kaki Kiri dan Berdoa

Jika Anda sudah selesai menggunakan kamar mandi, keluarlah dengan mendahulukan kaki kanan. Saat melangkah keluar jangan lupa sekalian membaca doa keluar mandi.

Akhir Kata

Jadi, doa masuk WC adalah suatu doa yang wajib untuk dibaca saat hendak masuk kamar mandi dan WC. Maka, mulailah untuk membiasakan baca doa masuk dan keluar kamar mandi setiap saat agar terhindar gangguan jin dan setan.

 

 

Sumber Referensi:

https://islam.nu.or.id/doa/doa-masuk-wc-atau-toilet-serta-faedahnya-hxjp7#:~:text=All%C4%81humma%20inn%C4%AB%20a’%C5%AB%C5%BCu%20bika%20minal%20khubu%E1%B9%A3i%20wal%20khab%C4%81’i%E1%B9%A3i.&text=Artinya%3A%20%E2%80%9CYa%20Allah%2C%20aku,kamar%20kecil%2Fwc%2Ftoilet.

https://www.pinhome.id/blog/doa-masuk-kamar-mandi/

https://moondoggiesmusic.com/adab-manfaat-dan-doa-masuk-kamar-mandi-lengkap/#gsc.tab=0

https://theinsidemag.com/doa-masuk-kamar-mandi/

https://www.dream.co.id/stories/doa-keluar-kamar-mandi-dan-artinya-serta-etika-saat-di-kamar-mandi-sesuai-ajaran-rasulullah-2204040.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *