Agama, Doa  

Doa Kamilin Beserta Artinya, Dibaca Setelah Sholat Tarawih

Doa Nabi Yunus

Bacaan kamilin merupakan doa yang diamalkan setiap bulan Ramadan. Hal ini karena doa kamilin adalah amalan yang biasanya dilakukan setelah sholat tarawih. Bagi Anda yang belum mengetahui bacaan kamilin tersebut, maka simaklah pada ulasan ini, lengkap mulai dari bahasa Arab, latin, serta artinya.

Seperti yang Anda ketahui, sholat sunnah tarawih hanya dapat dikerjakan pada saat bulan Ramadan. Sholat tarawih adalah ibadah yang sebaiknya tidak ditinggalkan oleh kaum muslim. Karena, jaminan akan mendapatkan ampunan bagi mereka yang melaksanakan sholat tarawih dengan keimanan serta keikhlasan.

Hal ini sebagaimana telah diterangkan dalam hadits, yaitu:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan tarawih di bulan Ramadan dengan keimanan serta keikhlasan, maka akan diampuni dosanya yang telah lampau.” (Hadits riwayat Bukhari, Muslim, dan lainnya). Hadits ini shahih dan diriwayatkan oleh Bukhari dalam Kitab Iman.

Anjuran Berdoa Kamilin

Jika Anda mengharapkan kesempurnaan iman, maka berdoa kamilin adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Doa ini berisi permohonan agar diberikan kesempurnaan iman oleh Allah Subhanahu Wa Ta’aala. Hal ini telah dijelaskan oleh Badruddin Hasyim Subky dalam karyanya, yaitu Misteri Kedua Belah Tangan dalam Shalat, Zikir dan Doa.

Lafaz Doa Kamilin

Bagi Anda yang ingin mengetahui bacaan yang umumnya dibaca setelah melaksanakan sholat tarawih, maka simaklah doa berikut ini:


اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Baca Juga:  Bacaan Sholat Lengkap Beserta Latinnya

Allahummaj’alna bil Imani kamilin. Wa lil faraidii muaddin. Wa lish-shalati hafidhin. Wa liz-zakati fa’ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu’ridlin. Wa fid dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil qadla’i radlin. Wa lin na’ma’i syakirin. Wa ‘alal bala’I shabirin.

Wa tahta liwa’i Muhammadin Shalallahu ‘Alaihi Wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa alal haudi waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa minan naari naajin. Wa ‘alaa sariirl karaamati qaa’idiin. Wa bi huurun ‘in mutazawwijiin. Wa min sundusin wa istabraqiin wadiibaajin mutalabbisiin.

Wa min tha’aamil jannati aakiliin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaaribiin. Bi akhwaabin wa abaariiqa wa ka’sin min ma’iin. Ma’al ladziina an’amta ‘alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wa husuna ulaa’ika rafiiqan.

Daalikal fadl lu minallaahi wa kafaa billaahi ‘aliiman. Allaahummaj’alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su’adaa’il maqbuuliin. Wa laa taj’alnaa minal asyqiyaa’il marduudiin. Wa Shalallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa ‘Aalaihi Wa Shahbihi Ajma’iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hmdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:

Yaa Allah, jadikan kami umat yang sempurna imannya, yang senantiasa memenuhi setiap kewajiban, yang selalu menjaga sholat, yang berzakat, yang mencari apapun dari sisi-MU, yang berharap ampunan-MU, yang tetap pada petunjuk-MU, yang menjauhi kebatilan, yang zuhud ketika di dunia, yang menyukai akhirat, yang ridha atas qadla-MU.

Yang bersyukur atas nikmat, yang bersabar atas setiap musibah, yang senantiasa ada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, di hari kiamat, yang berkunjung ke telaga (Nabi Muhammad), yang memasuki surga, yang selamat dari siksaan api neraka, yang duduk di atas pembaringan kemuliaan, yang menikahi para bidadari.

Baca Juga:  Doa Setelah Sholat Tahajud, Permohonan Cepat Dikabulkan

Yang menggunakan berbagai sutra, yang menikmati makanan surga, yang meminum susu serta madu murni dengan gelas, cangkir, juga cawan bersama dengan mereka yang Engkau beri nikmat dari kalangan para Nabi, Shiddiqin, Syuhda dan orang-orang yang saleh.

Mereka itulah teman terbaik. Itu adalah keutamaan atau anugerah dari Allah, dan cukuplah Allah Maha Mengetahui. Yaa Allah, jadikan kami pada malam mulia dan berikanlah keberkahan atas ini termasuk orang-orang yang berbahagia serta diterima amalannya, dan janganlah Engkau menjadikan kami tergolong pada orang-orang yang celaka serta ditolak amalannya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-NYA kepada junjungan kami Muhammad, seluruh keluarga, serta sahabat beliau. Atas rahmat-MU, wahai Yang Paling Penyayang dari yang penyayang. Segala puji kepada Allah, Tuhan semesta alam.

Akhir Kata

Doa yang dibaca setelah sholat tarawih sebaiknya Anda hafalkan sebelum memasuki bulan Ramadan. Agar Anda dapat menggunakannya di bulan Ramadan. Namun, bagi Anda yang belum bisa menghafalkan doa ini, maka dapat mengikuti imam atau bilal. Doa kamilin adalah amalan yang biasanya dipimpin oleh imam atau bilal.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/regional/read/4928686/doa-kamilin-arab-latin-dan-artinya-yang-dibaca-setelah-salat-tarawih

https://www.nu.or.id/nasional/ini-lafal-doa-kamilin-sesudah-shalat-tarawih-y4Dna

https://www.suara.com/news/2022/04/20/185000/bacaan-doa-kamilin-doa-setelah-sholat-tarawih-lengkap-dengan-artinya

https://www.merdeka.com/trending/bacaan-doa-kamilin-yang-dilafalkan-usai-salat-tarawih-ketahui-artinya-kln.html

https://www.kompas.tv/article/277844/bacaan-doa-kamilin-usai-salat-tarawih-lengkap-arab-latin-artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *