Agama, Doa  

Bacaan Setelah Sholat, Mohon Keberkahan dan Ampunan Allah

Doa Masuk Masjid

Bacaan setelah sholat adalah amalan yang biasanya dibacakan setiap kali selesai sholat 5 waktu, yaitu dzikir dan doa setelah sholat. Setelah sholat jangan langsung meninggalkan tempat sholat, berdzikir dan berdoalah terlebih dahulu. Keduanya berisi permohonan ampun dan berkah setiap harinya.

Membaca dzikir dan doa setelah sholat memiliki banyak manfaat, salah satunya dipermudah segala urusannya. Selain itu, membaca bacaan sesudah sholat bisa mendatangkan banyak pahala bagi muslim yang melakukannya. Jadi, alangkah baiknya jika tetap di tempat sholat untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT.

Apa Saja Bacaan Setelah Sholat?

Sholat fardhu 5 waktu adalah sholat wajib yang harus dilaksanakan setiap hari oleh umat Islam. Setelah selesai sholat, ada bacaan yang bisa dibacakan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dan termasuk anjuran Rasulullah SAW kepada umat Islam. Baca ini untuk mengetahui bacaan dzikir dan doa setelah sholat.

Membaca Dzikir Setelah Sholat

Dzikir adalah suatu amalan atau aktivitas yang bisa mendekatkan atau mengingatkan seseorang kepada Allah. Apabila umat Muslim mengamalkannya, maka akan semakin dekat dengan Allah.

Bacaan dzikir setelah sholat tidak terlalu sulit untuk dihafalkan. Jika terbiasa melaksanakannya, Anda akan merasakan ketenangan yang luar biasa. Berikut beberapa dzikir yang biasanya dibaca setelah sholat 5 waktu:

  1. Bacaan dzikir setelah sholat, pertama kali adalah membaca Istighfar sebanyak 3 kali.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa keselamatan

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allaahumma antassalaam wa minkassalaam tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam

Artinya: Sesungguhnya Allah, Engkaulah pemberi keselamatan dan keselamatan hanya datang darimu, diberkatilah engkau, pemilik keagungan dan kemuliaan.

  1. Kemudian lanjut membaca tasbih, tahmid, dan takbir, masing-masing sebanyak 33 kali.
  2. Bacaan dzikir selanjutnya adalah membaca Ayat Kursi (Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 255) dan dilanjutkan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.
  3. Terakhir, membaca doa setelah sholat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Membaca Doa Setelah Sholat

Setelah selesai membaca dzikir setelah sholat, Anda dianjurkan untuk berdoa. Sama dengan dzikir, doa setelah sholat bertujuan untuk senantiasa mengingat, berserah diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut beberapa doa yang biasa dibaca setelah sholat 5 waktu:

Baca Juga:  Keberkahan Doa untuk Kedua Orang Tua dan Lafaznya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. Hamdayyu-waafii ni’amahuuwayukaafi’u maziidah. Yaa rabbanaa lakalhamdu wa lakasy syukruka-maa yambaghiilijalaaliwajhika wa ‘azhiimisul-thaanik.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

Allaahumma shalliwasallim ’ala sayyidinaa muhammadiw wa ‘ala aali sayyidinaa muhammad shalaatan tun jihnaa bihatsa min jamii’il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al hajaat. Wa tuthahhirunaa bihaa min jamits sayyi’aat. Wa atarfa ‘unaabihaa ‘indaka ‘aladdarajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati minjamii’il khairaatifil hayaati wa ba’dal mamaat. Innahu samii’un qariibum mujiibudda’awaat wayaa qaadhiyal hajaat

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu. 

Dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.”

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Baca Juga:  Doa Masuk Masjid Bisa Mendapatkan Berkah Berlimpah

Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wa aakhirah. Wa ‘aafiyatan fil jasadi wa shihhatan fil badani wa ziyaadatan fil’ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qablal maut wa rahmatan ‘indalmaut wa maghfiratan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut wan najaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Artinya: “Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.”

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Allaahumma innaa na ‘uudzubika minal‘ajzi wal kasali wal bukhli wal harami wa ‘adzaabil qabri

Artinya: “Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur.

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا

Allahummaa innaa na’uudzubika min’ilmin laa yanfa’u wa min qalbii laa yakhsya’u wa min nafsin laa tasyaba’u wa min da’watin laa yustajaabu lahaa

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.”

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Rabbanagh firlanaa dzunuubanaa wa liwaalidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu’alli-miinaa wa liman lahuu haqqun ‘alainaa wa liman ahabba wa ahsana ilainaa wa likaaffatil mus limiin ajma’iin

Artinya: “Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam.”

Baca Juga:  3 Doa Berbuka Puasa yang Sahih, Singkat dan Mudah Dihafalkan

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antas samii’ul ’aliim, wa tub’alainaa innaka antat tawwabur rahiim

Artinya: “Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.“

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiduunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Washallallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihiwa shahbihiiwa sallam, wal hamdu lillaahirabbil ‘aalamiin.

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Dzikir dan doa setelah 5 waktu memiliki beberapa keutamaan, seperti dosa yang diampuni, rezeki yang dimurahkan oleh Allah SWT, dipermudah dalam segala urusan, menjadi orang yang berwibawa di kalangannya, dan akan ditenangkan hatinya.

Akhir Kata

Bacaan setelah sholat adalah dzikir dan doa yang menjadi amalan sunnah untuk mendekatkan umat Islam kepada Allah SWT. Bacaan-bacaan tersebut mengandung banyak sekali kebaikan, sebaiknya Anda tidak melewatkannya setiap selesai melaksanakan ibadah sholat 5 waktu setiap hari.

 

 

Sumber Referensi:

https://saintif.com/doa-setelah-sholat/

https://hot.liputan6.com/read/4943311/doa-setelah-sholat-fardhu-sesuai-anjuran-rasulullah-saw-lengkap-manfaatnya

https://www.merdeka.com/trending/bacaan-doa-dan-dzikir-setelah-sholat-fardhu-lengkap-disertai-artinya-kln.html

https://kabar24.bisnis.com/read/20220729/79/1560893/doa-setelah-sholat-lengkap-yang-bisa-kamu-terapkan

https://kumparan.com/berita-terkini/bacaan-doa-setelah-sholat-fardhu-5-waktu-sesuai-anjuran-rasulullah-lengkap-1upPvMhaBdw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *