Agama, Doa  

Sikap Berusaha, Ikhtiar dan Bentuk yang Perlu Diterapkan

Ikhtiar adalah senjata ampuh bagi umat Islam untuk berjuang dan berusaha agar bisa meraih kesuksesan dunia. Berusaha harus dilakukan semaksimal mungkin dengan mengerahkan segala kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Dalam Islam, manusia dalam berusaha tidak dilakukan semena-mena yang hanya mengandalkan usaha sendiri. Semua usaha yang dilakukan harus menempatkan sikap berikhtiar yang diiringi dengan doa. Ada berbagai bentuk sikap yang harus dimiliki agar tujuan hidupnya bisa terpenuhi.

Mengenal tentang Ikhtiar dan Bentuk-bentuknya

Berikhtiar adalah salah satu contoh akhlak terpuji yang diajarkan kepada umat Islam dan memiliki bentuk-bentuk yang perlu untuk dipahami. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai ikhtiar dan bentuk-bentuknya.

Pengertian Berikhtiar

Dalam KBBI, kata ini memiliki arti alat, syarat untuk mencapai sesuatu, bisa juga dimaknai sebagai daya upaya. Secara umum, berikhtiar adalah salah satu sikap muslim yang mengerahkan segala kemampuannya. Hal ini membuat Anda terhindar dari rasa mudah menyerah dan sikap putus asa.

Secara istilah, berasal dari Bahasa Arab ikhtara-yakhtaru yang berarti memilih. Bisa juga diartikan pilihan, kehendak, pendapat, pertimbangan, dan kata lain yang bersifat bebas. Kata ini menunjukan segala perilaku dan perbuatan manusia untuk mencapai sesuatu yang ingin diraihnya.

Dalam islam, berikhtiar adalah suatu usaha yang sungguh-sungguh untuk bisa mewujudkan apa yang diinginkan. Berusaha harus dilakukan tanpa melupakan kehendak Allah SWT. Sikap ini dipandang sebagai usaha sebaik-baiknya dalam menjalani kehidupan.

Berikhtiar bisa diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan dilakukan dengan sungguh-sungguh, hati yang lapang, dan mengerahkan semua tenaga serta keterampilan.

Di dalam Al-Quran yang mengandung perintah untuk selalu berikhtiar, baik yang berhubungan dengan perkara dunia maupun akhirat, terdapat di dalam surah Ar-Ra’d ayat 11, yaitu:

Baca Juga:  Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh Serta Keutamaannya

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Lahụ mu’aqqibātum mim baini yadaihi wa min khalfihī yaḥfaẓụnahụ min amrillāh, innallāha lā yugayyiru mā biqaumin ḥattā yugayyirụ mā bi`anfusihim, wa iżā arādallāhu biqaumin sū`an fa lā maradda lah, wa mā lahum min dụnihī miw wāl

Artinya: “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” 

Bentuk-Bentuk Sikap Ikhtiar

Berikhtiar adalah suatu sikap yang terwujud dalam berbagai bentuk. Perlu untuk diketahui, kata ini terbagi menjadi beberapa bentuk, berikut di antaranya:

  • Tidak Mudah Putus Asa

Manusia memang ditakdirkan untuk selalu berusaha untuk menjalani segala sesuatu di hidup ini. Saat sedang mengusahakan sesuatu, tapi hasilnya tidak sesuai dengan target, maka di momen inilah Anda perlu untuk berikhtiar, pantang menyerah, dan tidak mudah putus asa. Bangkit, terus belajar memperbaiki yang salah.

Sesungguhnya putus asa adalah salah satu sifat yang dibenci oleh Allah SWT. Rasa putus asa selalu identik dengan kekufuran yang besar. Hal ini karena setiap usaha pasti bisa mengalami kegagalan, namun tetap harus bangkit kembali.

  • Sungguh-Sungguh

Bentuk selanjutnya adalah bersungguh-sungguh. Dalam hidup Anda pasti memiliki impian tertentu, maka akan sangat dibutuhkan rasa bersungguh-sungguh yang dalam agar bisa mendapatkan impian tersebut. Dalam berusaha, tidak boleh dilakukan setengah hati, harus dijalani dengan sungguh-sungguh.

  • Bekerja Keras
Baca Juga:  Bacaan Sholat Lengkap Beserta Latinnya

Bekerja keraslah untuk mencapai sebuah impian dan target hidup di masa depan. Kerahkan semua kemampuan yang sudah diberikan oleh Allah SWT untuk meraih impian Anda. 

Sebaiknya hindari sikap malas dan bekerja yang seenaknya saja.Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus berusaha dan berjuang sekuat tenaga.

  • Tanggung Jawab

Tanggun jawab adalah salah satu sikap yang harus dimiliki manusia untuk melakukan tugas dan kewajibannya. Kesadaran manusia akan perbuatan dan tingkah lakunya, baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, dan Allah SWT.

  • Rajib Belajar

Bentuk berikhtiar terakhir adalah rajin belajar terutama Anda yang berstatus pelajar. Memiliki sifat rajin belajar, bisa membuat hidup lebih bermartabat dan membangun peradaban yang bersendikan dengan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan.

Akhir Kata

Ikhtiar adalah segala perbuatan yang dilakukan untuk bisa mencapai sesuatu yang diinginkan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh. Memiliki sikap ini dan mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari adalah tindakan yang terpuji dan berakhlak mulia. Mari, mulai kita terapkan!

 

Sumber Referensi

https://www.bola.com/ragam/read/4992620/pengertian-ikhtiar-beserta-bentuk-bentuknya

https://hot.liputan6.com/read/4899882/ikhtiar-adalah-berusaha-dalam-hidup-ketahui-bentuk-bentuknya

https://www.merdeka.com/trending/ikhtiar-adalah-berusaha-kenali-3-bentuk-beserta-contohnya-kln.html

https://www.idntimes.com/life/education/seo-intern/pengertian-ikhtiar?page=all

https://www.dream.co.id/stories/ikhtiar-adalah-usaha-dengan-sungguh-sungguh-kenali-bentuknya-untuk-diamalkan-sehari-hari-221208n.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *