Agama, Doa  

Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh Serta Keutamaannya

Niat Puasa Nisfu Syaban

Ibadah qobliyah subuh adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum masuk waktu subuh itu sendiri. Ibadah ini dikatakan istimewa karena terdapat keutamaan yang besar di dalamnya dan akan meninggalkan penyesalan ketika tidak mengerjakannya. Oleh karena itu, niat sholat sunnah sebelum subuh adalah doa yang penting untuk Anda ketahui.

Sholat sunnah sebelum subuh tersebut dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk dilaksanakan oleh kaum muslim. Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam sebuah hadits. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menjelaskan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: 

“Seandainya mereka ketahui keutamaan dari sholat isya dan subuh, kiranya mereka akan mendatanginya bahkan dalam keadaan merangkak.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Pada umumnya, salah satu keistimewaan sholat sunnah sebelum subuh telah diketahui oleh sebagian besar umat muslim. Salah satu keutamaan tersebut seperti yang tercantum dalam sebuah hadits dari Aisyah rhadiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:


رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat di saat fajar (qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia seisinya.” (Hadits riwayat Muslim).

Diketahui bahwa keutamaan sholat sunnah sebelum subuh tersebut ada tiga. Yaitu memiliki kebaikan yang melebihi dunia beserta isinya, sebagai bentuk amalan untuk meneladani Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dan kelak mendapat balasan rumah di surga. Bagi Anda yang belum mengetahui niat sholatnya, simak ulasannya berikut ini.

  • Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh Dua Rakaat

Setelah mengetahui keutamaan dari sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh, tentunya Anda tidak ingin melewatkannya. Namun, sebaiknya Anda hafalkan terlebih dahulu niat dari sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh berikut ini. Niat ini sudah sesuai dengan contoh dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Tanah Bumbu Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag


اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatash subhi rok’ataini qobliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah qobliyah Subuh dua rakaat, menghadap ke arah kiblat karena Allah ta’aala.”

  • Surat Pendek yang Disunnahkan untuk Dibaca saat Mengerjakan Sholat Qobliyah Subuh

Ketika melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh, seorang muslim disunnahkan membaca surat Al Kafirun di rakaat pertama. Sedangkan di rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas. Hal ini sesuai penjelasan dalam Fikih Salat Sunah karya Ali Mustafa Siregar. Lain daripada itu, sebagian ulama menganjurkan membaca surat Al Insyirah dan Al Fil.

Syekh Ali telah mengutip pernyataan dari Imam Al-Ghazali dan telah dituliskan di dalam karyanya, yaitu kitab I’aanah ath Tholibiin. Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa:

“Barang siapa yang membaca surat Al Insyirah dan Al Fil saat sholat sunnah qobliyah subuh dua rakaat, maka ia senantiasa akan terjaga dari kejahatan. Allah Subhanahu Wa Ta’aala akan menutup jalan orang yang jahat untuk menyakiti seseorang tersebut. Hal ini merupakan kebenaran yang dapat diyakini karena sudah teruji.”

Syekh Ali juga menegaskan bahwa paling afdal bagi seorang muslim untuk membaca surat Al Baqarah ayat 136, Al Kafirun dan Al Insyirah di rakaat pertama sholat sunnah sebelum subuh. Untuk rakaat kedua sebaiknya membaca surat Ali Imran ayat 64, surat Al Ikhlas dan surat Al Fil.

Akhir Kata

Mengingat qobliyah subuh tersebut merupakan ibadah yang istimewa, dengan demikian niat sholat sunnah sebelum subuh adalah bacaan yang wajib untuk dihafalkan. Hal ini dikarenakan niat tersebut merupakan syarat sah dari sebuah ibadah yang akan Anda kerjakan. Untuk itu, Anda dapat mengikuti lafaz niat yang telah dicantumkan di atas.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Pulau Morotai Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

 

 

Referensi:

https://www.harianterbit.com/renungan/pr-2744646797/3-keutamaan-dua-rakaat-sebelum-subuh-menyesal-jika-tidak-mengerjakannya?page=2

https://www.harianterbit.com/renungan/pr-2744646797/3-keutamaan-dua-rakaat-sebelum-subuh-menyesal-jika-tidak-mengerjakannya?page=2

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/niat-sholat-sebelum-subuh-atau-qobliyah-subuh-lengkap-bacaan-arab-latin-dan-artinya

https://www.merdeka.com/trending/bacaan-niat-sholat-qobliyah-subuh-lengkap-dengan-tata-cara-dan-doanya.html

https://www.liputan6.com/islami/read/5053618/tata-cara-dan-niat-sholat-qobliyah-subuh-atau-sholat-fajar-keutamaannya-mengalahkan-dunia-dan-isinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *